Minggu, 14 Januari 2024

4 Penyebab Speech Delay, yuk Diatasi agar Anak Lancar Bicara

  

 

Memiliki anak lalu memantau tiap milestonenya adalah sebuah kebahagiaan. Namun bagaimana jika ia terlambat bicara? Tentu kita langsung cari apa saja penyebab speech delay agar bisa diatasi dan dia bisa lekas ngomong.

Saladin duluu pernah speech delay karena di usia 2 tahun dia belum bisa bicara. Kalau ngomong hanya sepatah-sepatah seperti: Ma, emoh, dll. Padahal seharusnya di usia segitu ia sudah lancar bicara.



Alhamdulillah dengan segala usaha akhirnya Saladin bisa ngomong di usia yang nyaris 4 tahun. Klean pengen tahu gimana caranya lalu mengatasi penyebab speech delay? Ini daku share ya:

Bingung Bahasa

Jadi dulu tuh daku masih serumah ama mama. Beliau punya ART (yg kupanggil dengan sebutan emak). Kadang emak ikut bantu gendong Saladin pas daku sibuk masak atau melakukan kegiatan lain.

Sayangnya emak bicara dalam bahasa Jawa. Sedangkan daku ngajak ngomong dalam bahasa Inggris. Mbahnya bicara dalam bahasa Indonesia.



Saladin pun mengalami bingung bahasa. Nahh ternyata untuk atasi speech delay harus konsisten dengan 1 bahasa dulu (untuk mother language). Baru diajari bahasa asing dan bahasa daerah.

Self Judge

Karena tak mau meraba-raba sendiri akhirnya daku konsultasi ke psikolog anak. Beliau menyarankan untuk terapi wicara. Alhamdulillah gurunya sabar banget dan terapinya itu sambil bermain. Kayak masuk playgroup tapi privat.



Jangan self judge ya misalnya dengan menuduh bahwa ibunya kurang ngajak ngomong atau bilang jika telinga anak bermasalah. Lebih baik diperiksakan ke dokter, apa benar kuping anak error? Atau bawa langsung aja ke psikolog anak.

Mengapa telinga? Karena anak akan belajar bicara melalui pendengaran. Jika kupingnya error atau tersumbat maka otomatis pendengarannya kurang dan ia kurang lancar juga belajar ngomong.

Terlalu Banyak Nonton Gadget

Salah satu nasehat dari pak psikolog adalah jangan nyalakan gadget apapun. Misalnya HP, laptop, TV. Karena ternyata penyebab speech delay si Saladin adalah kebanyakan nonton video.



Kurang Stimulasi

Pernah lihat anak main sendiri sementara ibunya sibuk bergosip? Jangan ditiru ya karena bisa jadi anak dicuekin dan kurang mendapatkan stimulasi. Jadi kalau terapi wicara tuh sebenarnya salah satu cara untuk menstimulasi anak agar cepat bisa berbicara.

Meski sudah terapi wicara tetap distimulasi di rumah ya. Anak ditatap matanya lalu diajak bicara, dibacakan dongeng, dll. Nanti lama-lama dia akan meniru lalu ngomong deh.

Nahh gimana, udah tahu apa saja penyebab speech delay? Yuk semangat dan telaten untuk stimulasi serta off gadget apapun. Nanti anak akan bisa berceloteh dengan indahnya dan meramaikan rumah.

 

 

 

12 komentar:

  1. Menurutku, point Kurang Stimulasi ini paling penting seh yang diperhatikan, karena itu kunci untuk bisa paham kemampuan anak sampai mana.

    BalasHapus
  2. umur menuju 2 tahun tuh emang deg-degan banget bun. Anakku 1 tahun lebih dikit, sekarang lagi banyak banget aku kasih stimulasi. Sering diajak jalan sama ngobrol ngobrol kalo pas ada waktu.

    Bener banget, gaboleh terlalu banyak bahasa yang dipelajari anak. Lebih baik pakai bahasa indonesia aja dulu. Bahasa lain seperti arab, inggris dll itu bisa menyusul belakangan.

    BalasHapus
  3. Ketika keponakan ku hampir menginjak usia 2 tahun, jujur aku pun berusaha ngajakin dia ngobrol terus karena takut juga kalau ngalamin speech delay.. Intinya emang harus dilakukan persiapan, pencegahan dan memahami apa saja yang menyebabkan terjadinya speech delay, makasih yaa informatif banget tulisan nya mbak.

    BalasHapus
  4. Oh ternyata gadget besar juga dampak nya terhadap perkembangan anak ya mba... Untung cepat terdeteksi shg bisa mendapat terapi tepat waktu.. Terima kasih sharing pengalamannya mba..jadi nambah wawasan tentang hal ini..

    BalasHapus
  5. Ponakan aku bisa dikatakan speech delay juga, mbak
    Karena dari kecil udah bersinggungan dengan gadget
    Tapi keluarga selalu kasih stimulus, jadi walau dia speech delay dia paham saat diminta perintah sesuatu
    Alhamdulillah kalau sekarang kosakatanya jauh lebih banyak dari sebelumnya
    Meski begitu, dia super aktif banget banget

    BalasHapus
  6. Tetanggaku ada tuh mamanya termasuk banyak bicara tapi anaknya speech delay. Karena mungkin kurang stimulasi itu tadi, ibunya lebih banyak bicara dengan orang lain daripada dengan anaknya sendiri..

    BalasHapus
  7. ya Allah adek naik ke atas lemari, dia happy sayanya yang degdegan ya, yang pernah saya dapat memang untuk usia sampai berapa tahun itu harus diajarin satu bahasa dulu, kalau mau fokus di mother language ya berarti Bahasa Indonesia yang geenral nanti setelah usia berapa tahun baru dikenalin pakai bahasa lain, baca ini nambah lagi ilmu parenting saya, terima kasih bun sharing, selalu ada yang unik dari Saladin, selalu nunggu ceritanya

    BalasHapus
  8. Memang peran stimulasi dan komunikasi oleh orang tua dalam kurun waktu perkembangan anak 2 tahun emang penting banget buat mencegah speech delay. Karena ya anak akan meniru apa yang ia dengar, jadi kalau kurang sekali komunikasi, anak akan terbatas kosakatanya.

    BalasHapus
  9. Ilmu banget mbak, pernah liat anak-anak orang tuanya cerita bahwa anaknya pun mengalami speech delay. Salah satunya gadget ya harus dibatasi banget berarti ya mbak.

    BalasHapus
  10. jangan self diagnosis untuk apapun. kita wajib memang untuk introspeksi diri, tapi kalau jadi cm nyalahin diri ya ga bakal ketemu solusinya. bener banget yang dibilang bunda, kita perlu ke profesional untk cek lebih lanjut. semangat membersamai anak yaa bundaa

    BalasHapus
  11. Bener mbak, jangan self diagnosis. Kita gapernah tau hal tsb. karena kita bukan ahli kesehatan bidang tersebut, yang penting kita tetep introspeksi diri mungkin ada cara yang salah dalam pengasuhan kita kah. Sehat-sehat ya Saladin dan bunda

    BalasHapus
  12. Punya anak mamang pembeajaran seumur hidup yaa..
    Setiap milestonenya, adaaa aja yang bikin degdegan. Tapi ya itu, perkuat dengan doa dan ilmu pengasuhan dengan banyak membaca yang baik-baik, agar gak ovt dan berakhir dengan semakin drop dengan judgement orang lain.

    BalasHapus