Senin, 15 April 2024

Review Ellyas Pical the Series: Kisah Petinju Juara Dunia dari Indonesia

 Siapa suka olahraga tinju? Kalo dulu sih daku kadang-kadang nonton pertandingan tinju di TV. Nahh salah satu petinju yang terkenal (tahun 80-an) adalah Ellyas Pical, seorang juara dunia pertama dari Indonesia.



Beneran lho, dari pengakuan beberapa orang, dulu saat Elly (panggilan akrab Ellyas Pical) bertanding dan disiarkan di TV, semua warga Indonesia antusias nonton live. Sampai-sampai jalanan sepi. Kata Om Indro Warkop itu karena zaman dulu hiburan jarang dan stasiun TV baru ada 1, jadi pertandingan tinju Bung Elly sangat ditunggu.

 

Judul: Ellyas Pical

Sutradara: Herwin Novianto

Jumlah episode: 6

Pemain: Denny Sumargo (Densu) sebagai Ellyas Pical, Christine Hakim sebagai Mamanya Ellyas, Della sebagai Rina (istri Ellyas Pical), Donny Alamsyah sebagai Nico, Yayu Unru (alm) sebagai Rio Tambunan, Darius sebagai Boy Bolang

Tahun: 2024

Rumah produksi: Falcon Pictures

Bisa Ditonton di: Amazon Prime Video

 

Masa Kecil Elly



Ellyas Pical dibesarkan di Saparua, Indonesia bagian timur. Dengan didikan mamanya yang keras (dipukul dengan rotan saat nakal), Elly tetap jadi anak penurut dan rajin bantu jualan es. Namun Elly tidak menurut saat sang mama melarangnya untuk latihan tinju, karena dia tidak mau disamakan dengan ayam jago aduan.

Merantau ke Jakarta

Akhirnya Elly tetap nekat latihan tinju bersama sang om. Dia berhasil jadi juara tinju junior di Saparua. Bagi Elly, tinju adalah passion-nya. Namun kelemahannya dia kurang lancar membaca.



Walau punya kelemahan, Elly tetap nekat merantau ke Jakarta dan berlatih di sasana milik Rio Tambunan (ayahnya zin sekaligus penyanyi Denada Tambunan). 



Elly jadi juara tinju amatir lalu dilatih untuk jadi petinju profesional, di bawah arahan Simson Tambunan (adiknya Pak Rio).

Jadi Juara Dunia

Karena sudah menang berkali-kali (sampai tanding ke Korea) dan masuk koran, seorang promotor terkenal bernama Boy Bolang tertarik dengan profil Elly. Akhirnya Elly latihan lagi agar bisa merebut gelar juara tinju dunia dari Ju Do Chun, seorang petinju dari Korea.



Kemenangan Elly membuatnya kaya dan terkenal mendadak. Dia menjadi selebritis dan diajak untuk syuting iklan, pemotretan, dll. Namun Elly tetap rendah hati dan malah bagi-bagi uang ke tetangganya saat pulang kampung.

Perubahan Lifestyle

Sayangnya Elly mencicipi kehidupan anak muda dan hampir kena star syndrome. Apalagi dia suka dugem bersama Lita (cewek yang dikenal di toko baju) dan tidak pernah latihan tinju lagi. 



Pak Rio dkk pun mendatangkan mamanya Elly dari Saparua agar bisa memotivasinya kembali.

Menuju Kemenangan

Setelah mamanya datang, Elly semangat latihan tinju lagi. Kali ini dia benar-benar fokus dan untuk menang. Walau tanding tinju kelihatan hanya sebentar, ternyata latihannya bisa berbulan-bulan dan berat bangeet.

Kisah Cinta Elly dan Rina



Di series ini juga diperlihatkan kisah cinta Elly. Dia kenal dengan Rina di sebuah gereja. Sang mama awalnya agak minder karena Rina adalah mahasiswa kedokteran gigi dan anak seorang pejabat. Namun Elly tetap berjuang demi cintanya.

Kehilangan Nico

Di episode 5 dan 6 mulai mewek karena diperlihatkan Elly yang stress berat setelah mengalami kekalahan kedua. Apalagi ada dugaan dia dimanipulasi oleh pihak tertentu. Sahabatnya, Nico, memotivasi tetapi gagal, bahkan sang mama pulang ke Saparua karena kecewa.



Akhirnya Nico mengajak taruhan. Jika Nico menang saat bertanding lagi (dulu Nico juga petinju) maka Elly harus mau masuk ring. Namun ketika Nico kalah maka mereka akan tetap bersahabat sampai tua.

Pelatih Elly kaget karena Nico sudah lama sekali tidak latihan (karena belakangan jadi asisten / ajudan Elly). Namun Nico tetap nekat dan bertanding. Akhirnya Nico masuk ring tinju, bertarung, lalu kalah…dan meninggal dunia karena kerusakan otak, hiks hiks. Di situlah Elly sadar bahwa ia harus bertanding lagi demi almarhum sahabatnya.

Mengapa Harus Densu?

Banyak yang kaget mengapa pemeran Bung Elly adalah Bang Densu? Katanya postur tubuh dan wajahnya kurang mirip (Densu jauh lebih tinggi). Ehh mereka lupa kali ye kalau Densu (Sebelum masuk dunia entertainment) adalah seorang atlet basket, jadi dia sudah punya basic olahraga yang bagus.

                                 Ellyas Pical yang asli bersama Densu
 

Sutradara Ellyas Pical the Series juga bilang kalau dia memilih Densu karena seorang atlet, dan tinju di serial ini tinju beneran lho. Saat ada petinju yang pingsan ya dia pingsan beneran, bukan hanya akting. Kalau aktor biasa tapi bukan atlet bisa jadi enggak kuat ya untuk latihan fisik.

Densu juga cerita kalau dia melakukan persiapan selama beberapa bulan sebelum proses syuting, untuk menurunkan berat badan dan memanaskan fisiknya. Latihannya juga ama coach tinju dari Elly (yang asli). Dan latihannya sangat-sangat berat, jauh lebih berat daripada tanding basket. Terus, tubuhnya juga dicat sehingga terlihat berwarna hitam.

Kesanku Setelah Nonton Serial Ellyas Pical

DARIUS GANTENG BANGET OMG! Benar-benar cocok memerankan Boy Bolang yang terkenal sebagai promotor flamboyan. Di Ellyas Pical the series, Darius tampil sangat charming.



Akting dari pemain lain juga sangat pas, mulai dari Christine Hakim sampai Donny Alamsyah. Gak ada kesalahan casting pemain dan semua mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Serial ini bikin daku berhasil gagal move on dari tontonan sebelumnya (Gadis Kretek).

Read: Review Buku Gadis Kretek

Setting and Wardrobe yang Keren



Series ini ber-setting tahun 70-an akhir dan 80-an dan saluut ama timnya karena berhasil menghadirkan nuansa jadul. Mulai dari lagu Koes Plus, Rhoma Irama, dll. Rumah Elly, perabotan, juga terlihat lawas. Sedangkan wardrobenya juga pas, apalagi dandanan Rina yang cantik dan benar-benar menggambarkan sosok anak pejabat dari Indonesia Timur (memakai perhiasan mutiara, dll).

Pelajaran Hidup dari Ellyas Pical

                             Ellyas Pical muda (yang asli)

Hidup HARUS BERJUANG dan jangan cepat menyerah. Disiplin adalah kunci kesuksesan dan menjadi modal untuk menghadapi rutinitas hidup. Jangan ada keraguan di dalam hati saat memulai sesuatu. Aah, klean wajib nonton Ellyas Pical the Series!

62 komentar:

  1. Iya nih dulu ramai kalau ada tinju Elly. Tapi saya lupa apakah pernah nonton atau tidak di TV. Malah yang teringat nonton tinju Tyson. Sampai-sampai kami dipulangkan dari sekolah (SD). Karena ingin nonton ๐Ÿ˜….

    Penasaran mau nonton flmnya nih

    BalasHapus
  2. Tiap hari minggu ni sukak ada acara tinju di rcti. Tapi aku malah sebal karena jadinya kartun hari minggunya jadi gak tayang๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  3. Jadi membuka kenangan masa lalu nih.. Iya benar, dulu kalau Ellyas Pical tanding saya pun ikut nonton ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  4. Udah lama penasaran tapi belum sempet nonton. Darius bagus ya, di sini? Ya, ampun ada Donny Alamsyah!

    BalasHapus
  5. Saya dari awal tidak heran kenapa Densu yang meranin Ellyas Pical. Saya termasuk yang setuju karena melihat backgroun Densu. Meski postur dan wajah tidak terlalu mirip, tapi lihat poster, hasil make up ya lumayan bikin mirip kok.

    BalasHapus
  6. Jadi ingat masa saya SD. Emang kalau ada pertandingan Ellyas Pical ini kampung sangat sepi. Semua nonton bergerombol di rumah juragan yang punya tv walau hitam putih.
    Ah ternyata saya udah setua itu ya. Jadi saksi berjayanya petinju Indonesia ini

    BalasHapus
  7. Salah satu tema series yang gak kaleng-kaleng menurutku karena mengangkat tokoh dalam dunia olahraga. Wajar kalau yang dipilih si Densu karena dia memang atlet. Cuma, karena Densu sering buat iklan kocak, mukanya jadi kocak pas lihatnya hehehe

    BalasHapus
  8. Dulu aku sebel sama tinju. Kalau udah acaranya tinju, aku nggak bisa nonton acara favoritku.

    Tapi, setuju deh soal pembelajaran hidupnya. Hidup tuh harus berjuang. Dan kita tidak boleh gampang menyerah.

    BalasHapus
  9. Salut sama Falcon Pictures, ga cuma reboot konten lama, tapi juga berani angkat kisah legenda yang inspiratif menjadi film berkualitas. Apalagi ini lineupnya bukan kaleng-kaleng ya.

    Densu aman sih buat diangkat jadi pemeran utama. Dari segi bodi udah atletis, terus teknik tinju juga udah nguasai. Tinggal perkara kemiripan sama Elly asli mah, tinggal tektokan sama tata rias, ehehehe.

    Minal Aidin Wal Faidzin ya Bu, Mohon Maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  10. Menurutku Densu seh pas ya walau poster tubuhnya tidak sama tapi balik lagi seperti bilang kalau dasarnya itu butuh yg memang terbiasa dengan soalnya sport. #atlet.

    Terus kebayang pada zamannya itu, aku masih kecil gimana orang2 dengan antusiasnya nungguin pertandingan Tinju.

    Tayangnya hanya di Amazon Prime Video ya?

    BalasHapus
  11. WAh bang Densu main layar lebar juga. Pasti bakal seru sih ini, dan legenda tinju juga udah punya nama besar banget Ellyas Pical ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruu banget Mas dan jadinya pengen latihan tinju juga.

      Hapus
  12. Ellyas Pical ini emg legendaris bgt sih. Masyarakat Indonesia hrs nonton tuh krn perjuangannya luar biasa utk bs mendunia. Justru film2 biografi spt ini yg hrs diperkenalkan ke bnyk lapisan masyarakat, bahkan sekolah2 utk lbh mengenalkan olahraga tinju. Terutama buat tontonan yg suka tawuran tuh. Drpd nonjok org ga jls, ini bs dpt hadiah dan apresiasi serta mengharumkan nama bangsa. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh iya Kak, mending latihan tinju, olahraga dan sehatt.

      Hapus
  13. beberapa waktu yang lalu juga sempet liat wawancara densu yabg sedang promosi series nya ini dan ternyata dari situ baru tau juga tklo ellyas pical gak bisa baca sehingga sering banget dimafaatin pihak2 tdk bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan pribadi..berasa sedih sekali mereka jadi memakan harta dari kerja keras orang lain :(

    BalasHapus
  14. Daku belum nonton ini.
    Pernah liat cuplikannya, dan walau gak mirip dengan elias pical asli dengan densu tetapi dari segi akting bisa lah yah

    BalasHapus
  15. Aku pernah nonton tinju pas masih bocil sih, karena ikut-ikutan aja. Namun dari dulu emang suka sama olahraga dan film dokumenter ini pastinya bikin aku si pecinta olahraga penasaran dong jadi pengen nonton kisah nya Ellyas Pical. Amazing ya ada Darius juga ๐Ÿ˜ Dia sih selalu ganteng dimana pun berada hehehe. Kebetulan lagi butuh motivasi nih jadi cocok lah aku nonton filmnya.

    BalasHapus
  16. Lihat nama Christine Hakim rasanya serial tentang biografi petinju Ellyas Pical ini memang bukan serial biasa yaa.

    BalasHapus
  17. Wah, kisah legenda tinju ya
    Aku dulu suka nonton tinju
    Jadi penasaran dengan series ini

    BalasHapus
  18. Ini kesukaan Kakekku banget sih kalo soal tinju, tapi aku pun kalo diajakin nonton ini juga mau wkwkw jadi tahu kan minimal tinju kek apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dinikmati saja Mbak, aktor dan aktrisnya bagus2 kok.

      Hapus
  19. Jaman kecil mama saya sering cerita tentang Ellyas Pical. Tapi kala itu saya gak ngeh siapa itu Ellyas Pical. Pantas saja dulu banyak orang yang hobby nonton tinju, rupanya kita punya pejuang tinju yang mampu jadi juara dunia.

    BalasHapus
  20. Mbaaak jujurly pas kecil saya suka nonton tinju tapi bukan zamannya Ellyas Pical. Karena tahun Ellyas pical jadi seorang juara dunia pertama dari Indonesia saya beluman lahir ke dunia ehehe. Itu salut sama mamaknya dan sahabatnya aih sampe Elly balik semangat lagi buat tinjuu

    BalasHapus
  21. Jadi ingat filmnya mike Tyson gak sih? Btw aku baru tau loh kalau ada petinju Indonesia yang go internasional. Makasih mbak udah kasih tau. Huhuhu

    BalasHapus
  22. menurutku Densu meranin karakter Ellyas Pical udah cukup baik kok, meski basicnya dia pebasket, tapi disini akting dia jadi seorang petinju profesional patut diapresiasi

    BalasHapus
  23. saya sendiri kurang suka tinju, tapi ayah mertua (almarhum) sangat suka. jadi kalau ngomongin tinju auto inget almarhum. tentang Ellyas Pical saya ingat nih. bagus ya film indonesia yang mengangkat biografi atlet seperti Ellyas Pical. semoga kedepannya bisa mengangkat biografi atlet lain selain susi susanti

    BalasHapus
  24. Seru banget nih ada film lokal pertama yang mengangkat biografi atlet lokal bernama Ellyas Pical. Beliau ini terkenal banget sebagai atlet tinju kebanggaan Indonesia.

    BalasHapus
  25. kok kayaknya menariiikk.
    ini perlu ditonton anak2 muda jaman now nih
    biar ngerti arti perdjoeangan seorang atlet tinju yhaaa

    BalasHapus
  26. ternyata kehidupa para atlet zaman dulu juga nggak mudah, apalagi untuk para senior. Siapa sangka kalau Ellyas sudah berjuang dari masih muda dan berangkat dari Saparua
    asalkan ada niat, tekat kuat dan usaha, cita cita kita pasti terwujud ya

    BalasHapus
  27. Series yang diangkat dari kisah legenda tinju Indonesia
    Jajaran pemainnya punya kualitas akting yang nggak diragukan lagi ya mbak
    Series yang wajib ditonton

    BalasHapus
  28. Ingat waktu SD Elly Pical nih idola banget dan selalu ditunggu penampilannya..kaget pas tahu Densu yang peranin karena berbeda banget penampilannya tapi ternyata berhasil ya..keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyas tim make upnya kerenn bisa bikin Densu berubah wajahnya

      Hapus
  29. Pantesan ya saya gak kenal sama Ellyas Pical ini dan baru tahu kalau ada Putra Indonesia yang jadi juara tinju dunia. Karena itu tahun 80an ya dan saat itu saya memang belum lahir, hehe. Btw baca ulasan di atas jadi tertarik juga nonton serialnya, apalagi yang main juga ada Densu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu Bung Elly tanding saya juga baru lahir, Kak.

      Hapus
  30. Aku suka juga drama yang mengangkat tema sosok inspiratif dan legendaris. Dan salah satunya petinju yang begitu banyak membawa nama harum bangsa di kancah dunia olahraga dunia.

    Setuju kalo pemerannya Densu.
    Karena Densu tinggi dan sama-sama asal Indonesia Timur. Agaknya gak sulit untuk memberikan kebiasaan, logat dan culture budayanya.

    BalasHapus
  31. Jadi, istrinya Bang Ellyas Pical siapakah?
    Hihihi, aku penasaran sama pendampingnya yang diceritakan di atas. Apakah jadi sama sang dokter gigi?

    BalasHapus
  32. Legendaris banget ya Ellyas Pical ini, dulu saya kecil kayaknya di rumah sering banget liat acara tinjunya gara-gara banyak bapak-bapak suka nonton bareng tinjunya

    BalasHapus
  33. Densu alisnya tebal banget malah ingat sinchan, mungkin efek karakter yang udah biasa kita lihat berbeda, jadi serasa beda orang ya ckck

    BalasHapus
  34. Wah series Ellyas Pical ya. Aku sempet nonton deh tinju beliau. Waktu kecil. Dulu suka banget sama beliau. Nonton di TVRI bareng keluarga. Jagoan banget memang dia. Jadi kepengen nonton seriesnya. Kepengen tahu kehidupan personal dia. Tahunya cuma sisi atlet tinjunya aja.

    BalasHapus
  35. Pas kecil sering liat bapak nonton tinju di Minggu siang. Saya enggak kenal siapa yang tanding, tapi bapak kelihatan suka dan sempat teriak sekaligus ngotot juga kalau nonton. Sekarang udah enggak ada ya acaranya.

    BalasHapus