Selasa, 02 April 2024

5 Penyebab Sakit Gusi, yuk Atasi agar Tidak Kena Sakit Jantung dan Diabetes

 

 

Siapa nih yang pernah mengalami gusi bengkak bahkan berdarah? Sakit banget pastinya dan teman-teman pasti mencari apa saja penyebab sakit gusi. Kalau gusinya sakit bisa pusing, enggak enak makan. Kesenggol dikit aja perih banget.


Seperti kata pepatah ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’ yuk kita hidup sehat sehingga gusi dan gigi lebih sehat. Caranya dengan banyak minum air putih, makan sayur dan buah-buahan, serta rajin gosok gigi. Selain itu kita juga wajib mencegah beberapa penyebab sakit gusi seperti di bawah ini:


1. Rongga Mulut Kurang Bersih

Hayo, sebelum tidur sudah gosok gigi? Atau setelah makan ya minum aja lalu berangkat ke kantor. Padahal sebelum tidur dan setelah makan sebaiknya kita bersihkan gigi ya. Gosok gigi tidak sampai 10 menit, kan?




Ketika rongga mulut kurang bersih maka ada dampak negatifnya. Selain gigi jadi mudah berlubang, gusi juga bisa sakit. Penyebabnya karena lidah dan gigi yang kurang bersih bisa menyebabkan munculnya bakteri. Akibatnya gusi terasa sakit dan bengkak.


2. Kurang Konsumsi Vitamin C

Penyebab sakit gusi yang berikutnya adalah kurang konsumsi vitamin C. apalagi kalau teman-teman kurang suka makan buah yang mengandung vitamin C. jadi sekarang makan jeruk ya, biar sehat dan tidak sakit gusi.


3. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Siapa suka ngemil jajanan manis lalu minum yang manis-manis? Memang enak ya, apalagi kalau minumannya dingin. Tapi kebanyakan konsumsi gula juga tidak baik, apalagi kalau lupa gosok gigi. Gusi dan gigi bisa sakit dan jadinya susah tidur.


4. Mengkonsumsi Minuman dan Makanan yang Terlalu Panas

Pernah bingung mengapa kalau habis minum teh panas atau makan mie rebus panas-panas jadi sariawan dan gusi nyut-nyutan? Ternyata mengkonsumsi yang panas-panas merupakan kebiasaan yang kurang baik. Kalau tiap hari seperti ini bisa menyebabkan sariawan dan sakit gusi.


5. Merokok

Sudah jelas kalau merokok itu tidak baik bagi kesehatan dan jadi salah satu penyebab sakit gusi. Stop merokok sekarang juga. Daripada tubuh tidak sehat dan menyebabkan berbagai penyakit seperti sakit gigi dan gusi.


Hubungan Antara Sakit Gusi dan Sakit Jantung


Setelah tahu apa saja penyebab sakit gusi, maka sekarang saatnya untuk lebih menjaga kebersihan gigi dan gusi. Rongga mulut harus dijaga dan gusi jangan sampai sakit. Kalau gusi sakit bisa menyebabkan penyakit  sistemik seperti  diabetes atau sakit jantung lho!




Riset kesehatan menunjukkan ada hubungan antara kesehatan gusi dengan vitalitas tubuh secara keseluruhan. Penyakit yang terjadi di gusi bisa menyebabkan berbagai penyakit yang lebih serius, seperti penyakit jantung dan diabetes.


Saat ada peradangan, yang ditemukan pada gingivitis (tahap awal penyakit gusi) dan ateroskelosis (proses penyempitan pembuluh arteri). Proses peradangan yang terjadi pada penyakit gusi akan turut memicu terjadinya sumbatan pembuluh darah. Jika ada sumbatan maka berbahaya karena dapat mempengaruhi kinerja jantung.


Kalau ada yang sakit gusi, terutama yang disebabkan oleh bakteri (akibat penumpukan plak) kelihatan biasa-biasa saja. Namun, lama-lama tubuh dapat bereaksi berlebihan pada bakteri dan menyebabkan peradangan. Proses peradangan dalam jangka panjang inilah yang diduga menyebabkan gangguan pada pembuluh darah jantung.


Alasan kedua yang mendasari kemungkinan adanya hubungan antara sakit gusi dengan sakit jantung adalah kemiripan jenis bakteri. Bakteri yang ditemukan pada penyakit gusi juga ditemukan pada pembuluh darah yang mengalami penyumbatan.


Sakit Gusi dan Diabetes


Lalu, apa hubungan antara sakit gusi dengan diabetes? Diabetes dan kesehatan gusi sebenarnya saling berkaitan. Jika kesehatan gusi, gigi, dan rongga mulut buruk, kadar gula darah akan meningkat. Sebaliknya, kadar gula darah yang tinggi juga akan menurunkan kesehatan gusi. Karena kebanyakan asupan gula yang tidak baik untuk gigi dan gusi manusia.




Oleh karena itu kita tidak boleh meremehkan sakit gusi ya. Harus segera diatasi. Kalau tidak bisa merembet ke penyakit yang serius seperti sakit jantung dan diabetes.

 

Saat gigi dan gusimu sakit jangan khawatir ya. Ada Cooling5 Plus yang bisa mengatasinya.

Cooling5 Plus adalah obat semprot yang bisa mengatasi sakit gigi dan gusi. Kalau gusimu bengkak, semprot saja dengan Cooling5 Plus. Sangat praktis karena tinggal semprot lalu gusi yang sakit akan cepat sembuh.



 

Dalam satu botol Cooling5 Plus isinya 15 mililiter. Cooling5 Plus mengandung Benzocaine 3 mg dan Phenol 5 mg. Khasiat dari kedua zat ini adalah meredakan nyeri di gigi dan gusi serta membasmi bakteri penyebab masalah mulut. 


Ini nih rekomendasi obat sakit gusi yang ampuh, termasuk Cooling5 Plus, klik ya. Nah kalau kamu merasa nyeri karena tumbuh gigi geraham bungsu, juga bisa diatasi dengan semprotan Cooling5 Plus. Anak-anak di atas usia 6 tahun juga boleh kok disemprot Cooling5 Plus jika sedang sakit gigi, radang gusi atau sakit gusi karena tumbuh gigi dewasa. Kamu bisa dapatkan Cooling5 Plus di apotik-apotik terdekat. 

Jangan khawatir karena Cooling5 Plus bisa dibeli bebas tanpa resep dari dokter. Cooling5 Plus wajib disimpan di kotak P3K karena khasiatnya bagus untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan bisa mengatasi berbagai penyebab sakit gusi. Yuk beli Cooling5 Plus agar mulut segar dan mengatasi sakit gusi.




36 komentar:

  1. Wah ternyata sakit gusi bisa berhubungan dengan penyakit-penyakit yang lain ya. Seperti jantung dan diabetes. Jadi tidak boleh abai nih sama sakit gusi. Soalnya selama ini, sakit gusi dianggap biasa saja.

    BalasHapus
  2. Saya baru tahu, kalau sakit gusi bisa mengakibatkan penyakit diabetes dan jantung juga. Mungkin karena banyak syaraf-syaraf penting adanya di sekitar gusi dan gigi ya. Jadi tida boleh dibiarkan saat gusi sakit apalagi bengkak ya. Harus segera diobati.

    BalasHapus
  3. Urusan gusi memang tricky sih ya, harus tepat menjaganya. Apalagi dari gangguan di gusi bisa berakibat ke arah gangguan jantung juga ya? Gak bisa dianggap remeh ini, harus antisipasi dari sekarang.

    BalasHapus
  4. Oalahh ternyata ada yaa hubungannya antara sakit gusi dengan diabetes dan sakit jantung, wahhh jangan dianggap remeh sih ini, untung nemu deh artikel ini.

    BalasHapus
  5. Gusi perlu dijaga kesehatannya biar ngga jadi sumber masalah penyakit lainnya. Apalagi ini bisa sampe kena penyakit mematikan seperti jantung. Kudu diperhatikan dengan baik kebersihannya

    BalasHapus
  6. Nah, katanya juga diabetes tuh ibu segala penyakit. Merembet kemana-mana sih. Menjaga kesehatan gusi penting bagi penyandang diabetes, jangan sampai luka dan radang. Bagus ya Cooling5 Plus, membantu meringankan sakit gusi.

    BalasHapus
  7. ternyata sakit gusi malah bisa mengundang penyakit berat yang lain, macem diabetes dan sakit jantung. Harus rajin gosok gigi dan kurangi makanan manis nih.

    BalasHapus
  8. Ternyata ada obat semprotnya juga ya, sepertinya lebih praktis ya dibandingkan tablet minum, belinya bisa dimana aja kan Kak ga harus beli di toko tertentu?

    BalasHapus
  9. Wah aku baru tau kalo kesehatan gigi dan gusi mempengaruhi kadar gula. Dan aku mengalaminya sih, pernah cek gula kadarnya tinggi banget, dan dari dulu emang keluhanku gigi berlubang. Wajib nyoba Cooling5 Plus sih

    BalasHapus
  10. Wah bisa seberbahaya itu ya jika membiarkan sakit gusi dan gigi. Jadi harus segera ditangani jika sakit gigi.

    BalasHapus
  11. Sakit gigi ternyata bisa merambah ke mana-mana ya, Kak. Bukan hanya rasa nyerinya, yapi bisa menimbulkan penyakit lain seperti jantung dan diabetes. Wah ga boleh dianggap enteng nih kalau mengalami sakit gigi..

    BalasHapus
  12. Wah, sakit gigi nggak bisa diremehkan ya
    Perlu banget melindungi kesehatan gigi dan gusi
    Agar tidak terkena penyakit diabetes maupun jantung

    BalasHapus
  13. Saya kalau sakit gusi biasanya kurang vitamin C sih kak. Waaa beneran merinding banget kalau sakit gusi dibiarin bisa jadi penyakit yang lebih serius, kayak penyakit jantung dan diabetes. Mesti sedia Cooling5 Plus nih di rumah biar kebersihan rongga mulut lebih terjaga dan gak ada drama sakit gusi

    BalasHapus
  14. wah, ternyata sakit gusi dan diabetes ada hubungannya ya. aku baru tahuuu. aku pikir cuma perkara makanan aja.

    BalasHapus
  15. Pas banget lagi cari obat sakit gigi, terutama kalo gusi lagi kambuh. Pernah semalaman ga bisa tidur. Mau cari obat, apotek di desa ya tutup semua. Akhirnya ya cuman kumur2 pake air garam. Emg sih bisa reda dikit tapi ya abis itu kambuh lagi.

    Aku akan stok Cooling5 Plus ini di kotak P3K ku deh. Biar ntar kalo ada org rumah yg sakit, termasuk aku, ya tinggal pake aja. Makasih rekomendasinya kak.

    BalasHapus
  16. bahaya emang ya sakit gigi yang gak diatasi tuh, bisa merembet kemana-mana jadi kudu cepat ditangani ke ahlinya

    BalasHapus
  17. ooh gituu, jadi emang ada kaitannya smaa rongga mulut yaak si gula ini.. thankyou insightnya mba, jadi lebih perhatiin konsumsi gula juga nantinya

    BalasHapus
  18. betul banget saya pernah cek kesehatan gigi biasanya rutin per 6 bulan sekali untuk scalling dan mendengar obrolan sebelah saya yang sedang mengedukasi pasiennya untuk menjaga kesehatan gusi dan giginya dan dokter tersebut menjelaskan kaitannya sama sakit jantung, makin rajin bersihin gigi setiap hari dan scalling teratur

    BalasHapus
  19. Pernah denger sih kalau masalah gigi bisa merebut ke masalah kesehatan lainnya. Jadi emang kudu aware sama kesehatan gigi dan gusi

    BalasHapus
  20. Pas banget, ka Avi ada artikel ini karena suami sedang bengkak gusinya sehingga menurunkan nafsu makan. Menggunakan Cooling5 Plus ini aman dan praktis yaa.. Semoga 10 hari terakhir bisa lebih optimal ibadah dan sehat selalu.

    BalasHapus
  21. Beberapa bulan terakhir ini gigiku lagi sakit banget, ngilu kalau minum yang dingin-dingin. Kayaknya harus coba stock Cooling 5 di rumah untuk mengatasi sakit gigi ini.

    BalasHapus
  22. Wah, baru tahu ternyata gusi bisa berhubungan dengan kadar gula. Harus lebih menjaga kesehatan gigi dan gusi ya. Makasih infonya mbk

    BalasHapus
  23. Wah aku baru tahu kalau ada obat untuk sakit gusi... bisa jadi alternatif nih jika lagi kumat hehe... kebetulan gigi aku sekarang super sensitif, takutnya merembet ke gusi

    BalasHapus
  24. Ternyata bahaya juga ya kalau dibiarkan sakit pada gusi ini, bisa mengarah ke penyakit jantung dan diabetes.

    BalasHapus
  25. Jujur ya paling sebal tuh kalau sakit gigi, mana kalau lagi sakit juga gak bisa diapa-apainkan. Jadi memang yang paling benar tuh harus merawat gigi dengan baik.

    BalasHapus
  26. Aduh duh sakit di gusi bisa merambah ke mana2 yaaa. Emang bener kduu jaga kebersihan badan, dalam hal ini area gigi dan gusi, karena kebersihan ini juga salah satu faktor yang bisa mempenagruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.
    Cooling5plus ini sebagai pertolongan pertama kalau gigi terasa sakit gtu yaa.

    BalasHapus
  27. Aduh duh sakit di gusi bisa merambah ke mana2 yaaa. Emang bener kudu jaga kebersihan badan, dalam hal ini area gigi dan gusi, karena kebersihan ini juga salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.
    Cooling5plus ini sebagai pertolongan pertama kalau gigi terasa sakit gitu yaa.

    BalasHapus
  28. Nuhun, ka Avii..
    Pas baca artikel ini, pas suamik lagi bengkak gusinya. Jadi beneran kurang enak makan. Padahal uda 10 hari terakhir. Langsung beli Cooling5 Plus untuk redakan gusi bengkak.

    BalasHapus
  29. Ternyata sakit gusi tidak bisa dianggap sepele ya karena bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius seperti jantung dan diabetes. Untuk meredakan nyeri gusi bisa pakai Cooling5 ya..

    BalasHapus
  30. Wah, sakit gusi yang sering dianggap sepele ternyata bisa jadi memicu penyakit lain yang lebih serius ya. Aduh ngeri. Beneran kudu diwaspadai nih. Jangan sampa disepelekan. Kalo udah kena penyakit seriusnya, susah untuk sembuh ya. Kudu banget sakit gusi ini dicegah.

    BalasHapus
  31. Wow obat semprot ini bisa jadi solusi nih. Daripada ke dokter gigi di puskesmas yg kadang kosong itu, mending obati sendiri begini deh...

    BalasHapus
  32. Serem juga ya sakit gusi kalau dibiarkan, efeknya bisa berbahaya sampai ke jantung dan kadar gula darah juga...

    BalasHapus
  33. Aku baru tahu nih Mbak kalo sakit gusi bisa berhubungan dengan sakit jantung dan diabetes.
    Kesehatan gigi dan mulut termasuk gusi memang harus selalu dijaga, ya. Kalau udah sakit gusi pasti sakit banget rasanya. Hiks.

    BalasHapus
  34. Perlu diwaspadai dengan serius yaa klo terjadi gangguan gusi. Jangan dibiarkan begitu saja karena ternyata efeknya bisa kemana-mana gini. ngeri aaah klo sampai berlanjut ke arah penyakit jantung maupun diabetes.

    BalasHapus
  35. Aku pernah beli ini juga buat sakit gigi. Lumayan ngademin sakitnya. Tapi abis itu tetap ke dokter ngecek gigi dan ternyata harus dicabut lagi huhuhu

    BalasHapus
  36. Sakit gigi dan gusi harus segera ditangani ya mbak
    Kalau tidak bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi

    BalasHapus