Minggu, 21 April 2024

A Day in My Life : Hari Sial tak Ada di Kalender

 

 

Kembali lagi di konten a day in my life edisi libur lebaran karena memang selama seminggu mudik kok ada saja kejadian yang bikin ngomel sekaligus ketawa. Ada ungkapan ‘hari sial tak ada di kalender’ dan sehari itu emang rasanya wow. Tapi kalau sudah berlalu yaa diketawain saja.

                               Aku dan ortu, 3 adik, 1 ipar, dan 1 keponakan

Jadii seperti yang sudah daku tulis sebelumnya, mudikku tuh dekat, bahkan jalan kaki pun bisa. Karena jarak antara rumahku dengan hunian mama hanya sekitar 2 kilometer. Namun walau hanya mudik lokal kok ada aja cerita uniknya.

Read: Tingkah Laku Ajaib Saladin saat Mudik

Galau Gara-Gara Tabung Gas

Waktu baru saja mau nyicil masak di siang hari, eh adik sepupuku (yang tinggal serumah dengan mama) laporan kalau gasnya habis. Alamak! Untung ada 1 tabung gas cadangan dan dia berani untuk memasangnya.



Tapii saat sudah dipasang kok kedengeran bunyi mendesis, waduh apa gasnya bocor? Akhirnya kami chat penjual gas dan minta tolong beliau untuk memasangkan. Namun belum dibalas apalagi datang hihihi, mungkin masih tidur siang.

Kebocoran Blender

Sudahlah, mending menjauh dari dapur dan bobok siang dulu. Setelah take a nap baru ambil persediaan pisang karena ingin bikin es krim. Resepnya di bawah ini ya:



Tapi pas mau mencampur bahannya lha kok daku lupa gak beli santan! Untung di kulkas ada bubuk krimmer nabati jadi bisa dipakai untuk penggantinya. Dengan percaya diri kuiris pisang, kumasukkan semua bahan ke dalam blender dan BOCOR!

Haduuh! Masangnya kurang rapat nih. Untung sisa adonan es bisa diselamatkan. Masalahnya ini blender kesayangan mama jadi aku takut rusakin. Pelan-pelan kubersihkan blender dan lantai dapur.

Akhirnya bahan es krim dihaluskan pakai hand mixer punya adik bungsuku. Dia cowok lho dan hobi masak, makanya punya kitchen gadget kayak gini. Selesai dihaluskan maka tinggal dituang ke cup dan dimasukkan dalam freezer selama minimal 5 jam.

Masak Seperti Ikut Lomba

Untung sorenya pak penjual gas datang dan beliau bilang kalau yang bermasalah adalah regulatornya. Bahkan beliau juga menawarkan untuk membelikannya, wah jadi enak wkwkkw. Setelah dipasang maka saatnya masak!



Masalahnya jam sudah menunjukkan pukul 16:30! Waduh, kudu cepat-cepat masak buat berbuka (karena di Malang maghribnya jam 17:35). Untung dibantuin juga ama adik sepupu dan dia cukup terampil di dapur, karena orang tuanya (di Bogor) punya bisnis katering.

Kami masak ngebut kayak lagi ikut lomba masak di TV. Sampai ada gorengan yang gosong dan tangan tremor hihihi. Alhamdulillah masakan lain masih terselamatkan.

Nasi Goreng Bencana

Saladin tiba-tiba datang ke dapur lalu ambil 1 piring nasi putih dan dimasukkan ke dalam wajan. Oalah, mau masak nasi goreng sendiri? Kubantu menuangkan bubuk bumbu instan dan memecahkan 1 telur tapi BUSUK. Haa, nasi goreng bencanaa! Mana sudah mepet maghrib.



Untung Saladin bisa dirayu untuk berbuka dengan makanan lain dan baru habis maghrib kubikinkan 1 porsi nasi goreng, khusus untuk dia. Daku lupa meniru cara para baker, kalau mau masak / bikin kue, memecahkan telur harusnya di mangkok / wadah terpisah agar tahu dalamnya bagus atau busuk.

Sudah Dibelikan, Ternyata….

Waktu itu mama sedang di luar rumah dan daku cerita mengenai pergantian regulator gas. Lhaa ternyata beliau punya regulator cadangan. Tapi walau ada cadangan ya sama saja daku gak bisa masangkan karena gak ada obeng dan gak punya keterampilan juga untuk masanginnya. Yaa sudahlah, terlanjur dibeli, jadi rezekinya penjual regulator.

Inilah konten a day in my life yang paling kocak. Jangan dianggap ngenes karena memang bisa diketawain di lain hari. Kalau klean apa punya kejadian lucu saat libur lebaran?

11 komentar:

  1. Sering liat konten orang jualan yang pake telor banyak banget. Aku suka mikir, "itu dipecahin langsung ke wajan, kalau ternyata busuk gimana ya?" persis "bencana" yang mbak ceritakan di atas. Aku juga pernah niat mau goreng telor eh ternyata busuk huhuhuu.

    Kalau di resto mungkin telor-telornya udah dicek dan disortir (setahuku bisa dengan cara dicemplungin ke air). Jadi yang dimasak udah pasti fresh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh entar coba deh metode sortir yg kayak gitu.

      Hapus
  2. Hahahahaha gapapa Mbaa. Memang hidup kan ga selalu smooth 😄. Kdg2 yg begini mah anggab aja halangan dikit.

    Sampe skr aku pun ga berani pasang , ganti apalagi tabung regulator tabung gas 🤣. Semua aku serahin ke asisten. Suamiku juga ga berani 😂.makanya kalo asisten ga ada, dan tabung gas masalah, dah laah panggil tukangnya aja 😅. Kayak kemarin sempet masalah juga.

    Eh telur busuk itu kalo busuk yg kecium baunya aja, tapi warna berubah atau ga? Waktu itu sempet mecahin telur tapi baunya agak tajam. Cuma warnanya ga berubah. Bagus gitu loh. Krn ga yakin aku buang aja

    BalasHapus
  3. ihhh tabung gasnya bagus lhooo itu, kalau ditempatku udah blanyak blenyek dan karatan, kadang suka ngga yakin dengan kualitasnya. agak agak serem gimana gitu
    Ada regulator yang bagus itu yangsistem putar dan menekan dari atas, aku pake udah lama dan hasilnya beneran maksimal dan tahan lama. Ngga ribet juga sih memaasangnya

    BalasHapus
  4. sang adik mungkin berbakat jadi cheff mbaa..kan sekarang kebanyak chef juga cowok kan mbaa hehehe...
    nah urusan telur busuk ini aku juga pernah beberapa kali mecah dah busuk..untungnya sie telur goreng yaa jadi gak kecampur bahan lain, jadinya sering tak inget2 klo mecah mending di taruh di mangkok dl biar gak nrusak masakan kita tapi seringnya itu lupaa hehehe

    BalasHapus
  5. Nah, terpenting kita bisa melihat kejadian menyebalkan jadi sebuah kisah yang bisa ditertawakan esok atau lusanya ya 🤩. Beneran menguras esmosi, ada aja part "yaampun" Agak drama tapi ini realita. Alhamdulillah Saladin anak pengertian ya, terus ada sodara yang bisa diajak durl masak diwaktu yang mepet.
    Kalau aku libur lebaran lebih menghabiskan waktu sama keluarga dirumah, paling sekali keluar buat makan AYCE sama temen dan emang kita rada kocak pas waktu makan tinggal sedikit, rupaynya kami enggak sat-set dan banyak makan, jadi makan AYCE nya terasa kurang optimal 😆 Ya begitulah terpenting ada pengalaman abis lebaran malah kr mall makan AYCE..kebayang deh wkwkwk, orang-orang masih makan rendang, semur, atau opor kami malah makan di mall

    BalasHapus
  6. paling sensitif dengan bau telur busuk, Saya kalau udah gitu udah bad mood langsung buka puasa pakai indomie wwkwk,

    BalasHapus
  7. Aku pernah mba mecahin di mangkok, tp bbrp biji karena mau bikin telor dadar, eh uda mecahin brp biji taunya ada yg busuk udah deh buyar semuanya kebuang, hiks. Bisa ngerasain kecewanya saladin haha

    BalasHapus
  8. Iya ya ada gunanya ya memecahkan telur di tempat lain biar tahu busuk atau ngga soalnya kalau terlanjur kemampuan rugi bandar huhu hancur sudah masakan

    BalasHapus
  9. Hahahaha, emang mbaa kalo hari apes mah ga ada yang tau ya.
    Tapi bisa jadi pelajaran juga sih, salah satunya perkara telur. Aku sekarang tiap mecahin telur, minimal tuh diretakin dulu lalu dicium baunya.

    Trauma juga soalnya pernah mecahin trus pas dibuka isinya bwusuuuuk. Akhirnya kebuang dah semua mie nya.

    BalasHapus
  10. Astagaaa Mba,
    kok sepertinya tulisan ini menambah informasi bahwa hidup sekarang itu memang tidak baik-baik saja, karena hal2 tertulis ini dialami beberapa orang di sekitarku juga. Semoga kita tetap percaya bahwa tidak ada hari sial tapi setiap hari itu baik.

    BalasHapus