Jumat, 19 April 2024

A Day in My Life: Nakal Tapi Pintar

 Haaai balik lagi di konten a day in my life. Nah ini ceritaku di akhir Ramadan, saat persiapan mudik serta kisah-kisah yang menyertainya. Juga kelakuan Saladin yang bikin bundanya mumet saat sudah sampai di rumah mbah utinya (mamaku).

Read: Cerita Mudik ke Jepara

Jadiii kediaman mamaku itu sekota (di Malang), deket banget, hanya 2 kilometer dari rumah. Mudiknya cuma loncat kecamatan wkwkkw. Malah Saladin pernah dua kali kuajak mudik (sebelum Ramadan) dengan berjalan kaki dan dia happy aja, terus dia semangat menjaga sang bunda.

Kuras Bak Mandi Secepat Kilat

Hari Jumat mamaku sudah kirim pesan singkat kalau kami (daku, Saladin, dan ayahnya) kudu cepet-cepet mudik. Waduh, padahal rencana pulangnya hari Senin. Belum persiapan apa-apa mulai dari packing baju sampai belanja sayur dan bahan mentah lain (mengisi kulkas penuh-penuh).

                                    Aku dan Mama

Namun kalau mama sudah menyuruh, tiada kata ‘tidak’. Ya sudahlah, cepat-cepat ambil baju, peralatan mandi, dll. Belanjanya besok atau lusa saja, lagipula lebih lengkap kalau shopping di Sawojajar 2 (kawasan rumahku) jadi gampang lah, balik bentar buat ke tukang sayur, isi kulkas, lalu mudik lagi.

Tapii tapii di saat rempong packing, Saladin malah berulah. Dia bikin bak mandi kotor. Jadi daku kudu cepat-cepat kuras bak secepat kilat, karena jika dia yang disuruh malah lama (karena main air dulu). Belum berangkat mudik aja sudah drama kayak gini.

Saladin Hampir Kekunci di Kamar

Sampai di rumah langsung legaa tapi gak bisa rebahan karena menata baju dll di dalam kamar. Setelah itu Saladin kumat lagi. Pas daku lagi di bawah (kamarku di lantai 2) eh dia teriak-teriak. Ternyataa dia mengunci diri di dalam kamar lalu tidak bisa membukanya.

                                           Saladin waktu masih balita

Untung ada jendela kecil di atas pintu jadi dia kusuruh melempar kuncinya ke sana. Setelah kena omel baru dia minta maaf. Oalaah udah 11 tahun usianya kok masih usil gini, gemesiin.

Mencucikan Jaket Bundanya

Sudah capek beraktivitas dan akhirnya daku ketiduran lalu Saladin main di lantai 1. Dia melihat cucianku (rendaman jaket) di dalam ember. Lah diam-diam dia mencucikan dengan menyalakan mesin cuci.

Daku langsung kebangun karena mendengar suara mesin dan kaget sekaligus terharu. Kok bisa dia kepikiran buat bantu bundanya mencuci? Meski caranya masih salah (mesin cucinya tidak diberi air), lalu kuberi tahu cara yang benar bagaimana.

Bantuin Kupas Kentang

                                            Samosa

Malamnya daku langsung ambil kentang (karena mau bikin samosa isi kentang). Eh Saladin menawarkan untuk mengupaskannya. Dia mengambil peeler lalu mengupas beberapa butir kentang. Aah senangnya, dia memang sudah kulatih untuk bisa mengupas karena suka makan kentang goreng.

Jangan Hanya Lihat Kejelekan Anak

Jadii kesimpulannya, jangan hanya melihat kejelekan anak, apalagi selalu menganggapnya nakal. Hal-hal yang dilakukan mereka bukan karena usil atau bandel, tetapi bisa jadi masih belajar atau tidak sengaja.

                                Foto lebaran 2023 (except ayahnya Saladin)

Daku harus selalu ingat untuk mengingat lebih banyak kebaikan anak daripada kejelekannya. Fokus pada hal positif maka hasilnya akan positif juga. Anak akan senang karena dipuji, dimotivasi, diajari, dan diajak untuk mandiri, bukannya selalu disalahkan.

1 komentar: