Jumat, 19 April 2024

A Day in My Life: Nakal Tapi Pintar

 Haaai balik lagi di konten a day in my life. Nah ini ceritaku di akhir Ramadan, saat persiapan mudik serta kisah-kisah yang menyertainya. Juga kelakuan Saladin yang bikin bundanya mumet saat sudah sampai di rumah mbah utinya (mamaku).

Read: Cerita Mudik ke Jepara

Jadiii kediaman mamaku itu sekota (di Malang), deket banget, hanya 2 kilometer dari rumah. Mudiknya cuma loncat kecamatan wkwkkw. Malah Saladin pernah dua kali kuajak mudik (sebelum Ramadan) dengan berjalan kaki dan dia happy aja, terus dia semangat menjaga sang bunda.

Kuras Bak Mandi Secepat Kilat

Hari Jumat mamaku sudah kirim pesan singkat kalau kami (daku, Saladin, dan ayahnya) kudu cepet-cepet mudik. Waduh, padahal rencana pulangnya hari Senin. Belum persiapan apa-apa mulai dari packing baju sampai belanja sayur dan bahan mentah lain (mengisi kulkas penuh-penuh).

                                    Aku dan Mama

Namun kalau mama sudah menyuruh, tiada kata ‘tidak’. Ya sudahlah, cepat-cepat ambil baju, peralatan mandi, dll. Belanjanya besok atau lusa saja, lagipula lebih lengkap kalau shopping di Sawojajar 2 (kawasan rumahku) jadi gampang lah, balik bentar buat ke tukang sayur, isi kulkas, lalu mudik lagi.

Tapii tapii di saat rempong packing, Saladin malah berulah. Dia bikin bak mandi kotor. Jadi daku kudu cepat-cepat kuras bak secepat kilat, karena jika dia yang disuruh malah lama (karena main air dulu). Belum berangkat mudik aja sudah drama kayak gini.

Saladin Hampir Kekunci di Kamar

Sampai di rumah langsung legaa tapi gak bisa rebahan karena menata baju dll di dalam kamar. Setelah itu Saladin kumat lagi. Pas daku lagi di bawah (kamarku di lantai 2) eh dia teriak-teriak. Ternyataa dia mengunci diri di dalam kamar lalu tidak bisa membukanya.

                                           Saladin waktu masih balita

Untung ada jendela kecil di atas pintu jadi dia kusuruh melempar kuncinya ke sana. Setelah kena omel baru dia minta maaf. Oalaah udah 11 tahun usianya kok masih usil gini, gemesiin.

Mencucikan Jaket Bundanya

Sudah capek beraktivitas dan akhirnya daku ketiduran lalu Saladin main di lantai 1. Dia melihat cucianku (rendaman jaket) di dalam ember. Lah diam-diam dia mencucikan dengan menyalakan mesin cuci.

Daku langsung kebangun karena mendengar suara mesin dan kaget sekaligus terharu. Kok bisa dia kepikiran buat bantu bundanya mencuci? Meski caranya masih salah (mesin cucinya tidak diberi air), lalu kuberi tahu cara yang benar bagaimana.

Bantuin Kupas Kentang

                                            Samosa

Malamnya daku langsung ambil kentang (karena mau bikin samosa isi kentang). Eh Saladin menawarkan untuk mengupaskannya. Dia mengambil peeler lalu mengupas beberapa butir kentang. Aah senangnya, dia memang sudah kulatih untuk bisa mengupas karena suka makan kentang goreng.

Jangan Hanya Lihat Kejelekan Anak

Jadii kesimpulannya, jangan hanya melihat kejelekan anak, apalagi selalu menganggapnya nakal. Hal-hal yang dilakukan mereka bukan karena usil atau bandel, tetapi bisa jadi masih belajar atau tidak sengaja.

                                Foto lebaran 2023 (except ayahnya Saladin)

Daku harus selalu ingat untuk mengingat lebih banyak kebaikan anak daripada kejelekannya. Fokus pada hal positif maka hasilnya akan positif juga. Anak akan senang karena dipuji, dimotivasi, diajari, dan diajak untuk mandiri, bukannya selalu disalahkan.

15 komentar:

  1. udah lama ga makan Samosa, jadi pengen bikin juga :D

    BalasHapus
  2. Setuju banyak-banyak lihat hal positif pada anak yaa, meskipun begitu kita aware dan tidak mengabaikan hal-hal yang perlu diperhatikan. Sehat-sehat yaa Adin, dan strong juga buat mamanya...

    BalasHapus
  3. Berharap banget kesabaran mba avi ini bisa nular dikit ke aku 😅😄.

    Tapi bener, yg namanya anak ya pasti msh banyak kesalahan. Kitanya aja yg hrs sabar dan lebih melihat ke sisi positif mereka melakukan itu. Bukan malah menyalahkan ya mba. Yg ada mereka nanti malah ga mau belajar.

    Aku semangat deh kalo udh baca tulisan mba ttg mendidik anak. Kayak motivasi aja utk bisa begitu

    BalasHapus
  4. semenjengkelkan nya anak pasti ada saja ya mbaa tingkah lucu nya kebaikan nya yang tidak terduga dan lain hal nya..
    memang si eklo anak melakukan salah jangan langsung memarahi namun juga diberi pengertian dikasih tau yg bener spt apa dgn harapan sg dia tdk melakukan kesalahan yg sama nantinya :)

    BalasHapus
  5. Mbak saya lagi ngebayangin waktu saladin besar dan dia baca rekam jejak masa kecilnya melalui ingatan mamaknya tentang dia. Pasti terharu banget semua aktivitas kecil dgn segala tingkah gemasnya masih tersimpan baik

    BalasHapus
  6. Kalau ibunya aware anak bukan nakal tapi masih belajar, niscaya drama tak berlangsung lama :)

    Jadi ingat, dua anakku pernah terkunci di dalam kamar waktu mereka masih balita. Yang satunya, bikin pintu terpaksa dirusak :D

    BalasHapus
  7. Positive vibes sekali baca artikel nya mba 🥰😍 Masya Allah, memang yaa sebuah cobaan yang lumayan berat kalau harus bisa melihat sisi positif dari perilaku anak. Kebanyakan lebih mudah tersulut emosi dan mengingat krkurangan atau kejelekan anak saja. Padahal, srtiap tingkah polah anak pasti ada sikap positif nya dan harusnya kita orang dewasa bisa lebih bijaksana. Semangat membersamai Saladin mba ku. Selalu menarik cerita tentang Saladin, penuh prmbelajaran sekaligus prngingat🤗

    BalasHapus
  8. Pinternya Saladin bantu kerejaan rumah. Salut juga itu yang kupas kentang soalnya kan gak mudah walau kelihatannya gampang. Menariknya kentang yang diolah kemudian dijadikan samosa yang bisa dinikmati bersama. :) Bakalan sering-sering nih saladin bantuin masak ^^

    BalasHapus
  9. Ternyata Saladin sangat helfull dan care dalam porsinya sebagai anak yah. Semua dikerjakan dengan semangat dan bahagia. Jadi anak yang penuh percaya diri emang butuh dukungan dari orang tua untuk bisa mengarahkan dengan baik

    BalasHapus
  10. Aktif banget Saladin ya mbak, inisiatif membantu bundanya mencuci baju sampe mencet tombol tombol mesin cuci buat menghidupkan. Dia melihat orang tuanya melakukan hal itu, jadi ada rasa penasaran yang muncul di dirinya.
    Ini yang bikin orang tua juga nggak melakukan hal-hal jelek atau mungkin berkata kasar di depan atau dekat si anak. Karena bisa aja ditiru

    Enak banget bikin samosa sendiri mbak, aku belum pernah bikin hahaha

    BalasHapus
  11. terharu baca pas nyuciin jaket mamanya, inisiatifnya tinggi sekali dan anak-anak itu memang kalau diberi kan kesempatan itu mereka kreatifitasnya berkembang sendiri, suka nungguin cerita mba soal Saladin, anaknya pintar kayaknya ya Mba, kalau bacain cerita mba

    BalasHapus
  12. MashaAllaa~ yaa..
    Rejeki banget bisa mudik secepat ilat, hehhee..

    BIasanya anak cerdas memang mamanya suka mengeluhkan "kekreatifan" sang anak.
    Senang baca kisah parenting ka Avi. Memang jadi Ibu itu up and down banget yaa..

    BalasHapus
  13. Kalau umur segitu, memang mungkin fase anak masih banyak ingin tahunya. Akhirnya banyak melakukan berbagai hal sat set sat set yang bikin ortunya panik. Padahal, tugas kita cuma memberi arahan, dan mengatur batasan saja. Ndak perlu lah diberi label nakal atau bandel, hehehe

    Btw deket banget mbak mudik'e jalan kaki

    BalasHapus