Minggu, 24 Maret 2024

Kenangan Mudik Antar Provinsi, Saat 8 Jam Terpanggang di Dalam Mobil

 Mudiiik! Siapa nih yang suka mudik? Kalau sudah pulang kampung maka rasanya sangat menyenangkan karena mengenang masa kecil di desa sekaligus kangen-kangenan dengan orang tua atau Nenek dan Kakek tercinta. Klean kampungnya di mana nih? Kalau aku asalnya dari Kabupaten Jepara.

Jadi, sejak tahun 1987 sampai 2011 aku selalu mudik ke Jepara, dan Alhamdulillah kala itu Kakek dan Nenekku masih sehat. Mengapa hanya sampai 2011? Karena setelah lebaran di tahun tersebut, aku sudah jadi istri orang dan akhirnya berlebaran di Malang saja, di rumah Ibu mertua terkasih.

                                       Sumber gambar: Pexels

Gini lhoo, maksudnya orang tuaku dan mertuaku sama-sama tinggal di Malang. Akan tetapi mama dan papaku asli Jepara jadi kami tuh mudiknya ke sana. Sampai sini paham? Yuk lanjut ke cerita mudik lintas provinsi yang sangat cihuuy.

Persiapan Mudik Super Rempong

Durasi mudiknya seminggu maka butuh persiapan yang super rempong. Mulai dari packing baju, bantu mama angkat oleh-oleh, sampai menata semua tas di mobil. Tentu tak lupa harus bawa bantal agar tidurnya nyenyak.

Perjalanan Mudik yang Panjang

Tidur? Iyaa karena jarak Malang- Jepara yang cukup jauh bahkan lintas provinsi maka untuk jalan darat butuh waktu 7 hingga 8 jam. Oleh karena itu di mobil wajib ada bantal.

Saat mudiknya butuh waktu lama maka rata-rata kami berangkat pada malam hari. Jadi paginya udah happy karena mau sampai. Kalau klean biasanya tim mudik pagi atau malam?

Terpanggang di Mobil Jadul

Namun kadang Papa mengajak untuk mudik di pagi hari karena beliau tidak kuat menahan kantuk. Yaa kalau mudiknya malam biasanya disetirin oleh sopir, dan kadang tidak ada sopir karena sudah pada di-booking duluan oleh pemudik lain. Jadinya panas-panasan dan terpanggang di dalam mobil jadul.

                                            Sumber gambar: Pexels

Dari Malang sih masih sejuk tetapi begitu sampai Surabaya, Tuban, jalur Pantura (pantai utara) dan Jawa Tengah maka sangat hot. Keringat keluar sebiji jagung. Memang ada AC tetapi tidak dinyalakan (takut penumpang malah mabuk darat) akhirnya pakai angin cendela wkwkwk tetap saja angin yang berembus itu panas.

Bengong dan Menghitung Iklan

Lantas 8 jam di dalam mobil ngapain aja? Salah satu adikku ada yang killing time dengan mendengarkan lagu. Sementara adikku yang lain memilih untuk tidur.

Aku ngapain aja? Enggak mungkin baca buku di dalam mobil, bikin pusing. Akhirnya setengah bengong memandang jalanan dan iseng mengamati dan menghitung papan iklan di toko-toko.

Musafir? Boleh Enggak Puasa

Untuk yang mudiknya jauh maka statusnya musafir ya jadi punya keringanan untuk tidak puasa. Namun aku lebih sering puasa saja karena setelah Ramadan harus menggantinya jika dalam perjalanan ‘bolos’ puasa. Walhasil sudah kepanasan, capek, bosan, dan haus di jalan.

Salat Ied di Jalur Pantura

Ada satu pengalaman unik saat kami salat Ied di jalur pantura. Kala itu mudiknya sangat mepet sehingga setelah subuh mobil belum sampai Jepara. Kemudian kami mencari masjid terdekat untuk menunaikan salat Ied (sudah lupa kotanya apa, yang jelas ada di Jawa Tengah).

Masjidnya cukup besar dan aku kaget karena ada kolam kecil menuju tempat wudhu. Rupanya di daerah sana, masjid-masjidnya seperti itu, mungkin agar menjaga kebersihan kaki jamaah. Untung waktu itu adik bungsu sudah cukup besar sehingga dia tidak tergoda untuk berenang di kolam kecil.

Alhamdulillah aku saat itu juga bawa peralatan mandi yang cukup lengkap sehingga bisa dipakai bergantian. Jadi bisa mandi sampai wangi sebelum salat Ied. Yaa biasanya kami cukup slow dan kadang bawa handuk dan sikat gigi saja. Penyebabnya karena Nenek punya toko jadi bisa beli sabun dan peralatan mandi lainnya di sana.

                                        Sumber gambar: akun FB Toko Wilis Jepara

Nahh itulah kenanganku saat mudik ke Jepara. Walau harus menempuh perjalanan selama 8 jam, kepanasan, dan bosan di jalan, tetapi menyenangkan. Kalau klean mudiknya ke mana nih?

23 komentar:

  1. Puasa sudah setengah perjalanan ya, Mbak. Dan sudah kebayang mudik. Kalau saya pengalaman mudik paling lama lewat darat itu tahun 2022. Depok kebumen kami tempuh dengan 23 jam hahaha. Tapi paling seru pas mudik ke Makasssar tahun 2004 bareng saudara naik kapal laut hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh kalau naik kapal butuh berapa hari perjalanannya, Mas Bams?

      Hapus
  2. Cerita setiap mudik pasti ada aja yaa, dan selalu ada kesannya masing masing. Apa lagi mudik roadtrip kayak mbaknya walau lama 8 jam tapi pasti seru banget

    BalasHapus
  3. Oalahh mirip mesjid di takengon yg ada kolam di depannya mba. Kirain dulu buat apa. Ternyata utk basuh kaki.. Krn di aceh lain aku ga ketemu yg begitu 😅

    Mudik pakai mobil saat puasa udh lamaaa bgt ga kami lakuin. Mungkin krn kapok pernah stuck di macet sampe 32 jam. Pdhl cuma ke Solo dari jkt 🤣🤣🤣. Sejak itu ga pernah mudik lagi. Lbh suka pulang saat udh bukan peak season. Jd ga ketemu macet hahahahaha. Pas kecil, juga jrg mudik ke sibolga ama ortu. Tp sekalinya jalan, kami ga ketemu macet, mungkin krn daerah Tapanuli bukan mayoritas muslim. Jd saat lebaran g banyak mudik. Beda pas Natal 😂

    BalasHapus
  4. Seruuuu banget. Jadi keinget dulu aku juga tim yang pernah mudik dan kebayang riuhnya perjalanan mudik. Bahkan bisa lebih dari 24 jam lho dari Jakarta ke Malang. Berarti sekarang uda ga pernah mudik Jepara lagi mba?

    BalasHapus
  5. wah kalau sampai kepanasan dalm mobil, mau minum pun malas apalagi ke luar makin panas ya kak. Semoga perjalanannya ke mana pun, selalu dilindungi oleh Allah Swt, aamiin

    BalasHapus
  6. Waktu masih ada ortu & mertua, mudiknya JKT atau BDG. Ortu di JKT, mertua di BDG (engga serumah). Yawda gantian aja, misal thn ini JKT, thn depan BDG. Tapi sejak ortu udah engga ada, yawda mager di BDG aja...
    Pernah dulu pas ke JKT, engga pakai AC, soalnya engga kuat mobilnya...wkwkwk...

    BalasHapus
  7. Jadi inget pas dulu aku masih SMP sering banget diajak mudik ke Jawa Tengah.. tapi sekarang udah nggak lagi karena udah pada punya kesibukan masing-masing... kejadian di perjalanan walaupun se amsyong apapun tetep dikangenin sih :)

    BalasHapus
  8. Nggakm mudik ke mana-mana. Jaga Bandung aja biar nggak direbut pendatang :))) Pernah sekali "mudik" ke Solo buat Lebaran. Sengaja pakai tanda petik, karena keluarga Mbah di Solo kan Nasrani :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teteeeh aku pengen ke Bandung nih ketemu artis idola....

      Hapus
  9. Aku juga pernah merasakan mudik. Meski belum sampai antar propinsi. Saat masih mondok di Probolinggo. Liburannya tuh setiap pertengahan Ramadhan. Jadi, kudu naik bis yang agak lama. Dan merasakan naik bis ekonomi tuh beneran terpanggang..

    BalasHapus
  10. omg, 8 jam??? terakhir aku macet2an pas mudik kayaknya pas ke Jkt deh atau Bandung gtu. dan emang bener macetnya menguji kesabaran. sejak itu kita selalu ngakalin mudik lebih awal kalo nggak akhir2an hehe

    BalasHapus
  11. 8 jam ini hampir mirip perjalanan Sby-Bali naik bus. Bosan banget rasanya. Lebih milih naik kereta kalo jauh. Btw jadi inget juga dulu kalo mudik bareng keluarga besar naik mobil jadul yang panas-panasan wkwkwkw

    BalasHapus
  12. Aku baru tahu kalau dirimu asli Jepara, Mbak.. sekarang nggak mudik lagi ke Jepara, Mbak?
    Mudik emang selalu seru ya, banyak kenangan banyak ceritanya.

    BalasHapus
  13. saya dan keluarga juga pernah tuh "terpanggang" dalam mobil bahkan lebih dari 8 jam, tapi bukan acara mudik sih melainkan liburan pasca mudik ke taman safari. emang udah di prediksi sih tapi tetep aja pas prakteknya nya mah ampuuun deh, hihihi

    BalasHapus
  14. Kenangan mudik 8 jam antar provinsi masih maklum, Kak. Pengalaman mudik saya 12 jam lebihantar kota dalam provinsi. Jadi ceritanya mudik H+2, dari Jember jam 5.30 pagi ke Malang naik motor agar terhindar mace. Eh ternyata mau masuk lawang ga ada jalan sama sekali, bahkan trotoar pun penuh. Jadilah jam 7 malam sampai ruah di Malang.

    BalasHapus
  15. Selalu ada cerita seru dalam setiap perjalanan ya, Mbak, dan susah senangnya tetap layak untuk dikenang. Semoga tahun ini perjalanan mudik sekeluarga jadi jauh lebih nyaman

    BalasHapus
  16. Mudik = senang.
    Jadi mau serempong apapun, karena bekalnya rindu yang membuncah, pastinya semua terasa menyenangkan.

    Aku mudik Bandung Surabaya.
    Kini uda lebih nyaman ditempuh menggunakan tol trans Jawa. Meski ya tetep tantangannya sama, pwanaass.. subhanallahu.

    BalasHapus