Jumat, 01 Maret 2024

Ketika Ibu Lelah

 Siapa yang bangunnya paling pagi tapi tidurnya paling malam? Jawabannya adalah ibu. BTW klean tidurnya jam berapa?


Seorang ibu selalu memastikan semuanya berjalan dengan baik. Anak-anak sarapan bergizi lalu berangkat sekolah. Bekal sudah dibawa. Suami sudah makan lalu minum kopi atau teh.


Seorang IRT langsung beberes rumah lalu masak buat makan siang. Sementara career woman langsung ngantor dan pulang jelang senja, bahkan lembur saat ada tambahan pekerjaan. Sampai rumah ia masih menyiapkan dinner, memeriksa PR anak, baru bisa istirahat.


Lelahnya Seorang Ibu



Kalau tidurnya larut bikin capek kan? Lelah secara fisik masih ditambah dengan lelah batiniah. Anak merengek minta ke minimarket padahal matahari sedang panas-panasnya. Suami lagi-lagi lupa tidak membantu buang sampah di dapur. 


Akibatnya ibu jadi lelah secara fisik dan mental. Bahayaa banget. Kenapa? Karena bisa berakibat buruk ke anaknya.


Jangan Jadikan Anak Pelampiasan


Saat ibu khilaf dan merasa lelah lahir batin, anaknya yang jadi sasaran. Siapa suka ngomel hayo? Anak mau melakukan ini-itu masih saja dikomentari, akibatnya dia ngambek. Pusiiing!




Yang paling parah kalau ibu lelah lalu bentak-bentak anak dan...main fisik. Mau nyubit atau mukul, tetap saja menyakitkan. Ngeriii ooi. Jangaaan dilakukan ya. 


Anak yang biasa mendapatkan KDRT baik secara verbal maupun fisik akan punya luka batin. Dia pelan-pelan akan menjauh dari orang tuanya. Yang paling parah, ada anak yang merasa kekerasan adalah hal biasa lalu jadi masokis. Horor!


Istirahat Bu!


Daku gak lebay ya tapi ini hasil dari pengamatan ke banyak orang. Kelelahan bisa jadi bom waktu yang membuat suasana rumah jadi meledak.



Saat ibu lelah lalu ngomel atau nyubit, tentu yang sedih adalah anaknya. Tapi sang ibu pasti menyesal dan menangis sambil minta maaf di malam hari. Tapi besoknya emosi lagi. Enggak mau kan gini terus?


Oleh ksrena itu istirahat penting buangeeet. Sempatkan tidur siang jika ada waktu luang atau saat weekend. Jangan malah scroll sosmed, wkwkwkwk.


Kalau tidur malamnya benar-benar minimalis (gak sampai 7 jam) usahakan deep sleep biar istirahatnya maksimal. Pastikan sejam sebelum masuk kamar udah off gadget. Setelah bersihkan muka, pakai skincare, berdoa yang khusyuk. 


Enggak usah mikir macam-macam apalagi overthinking. Ini nih yang bikin susah tidur. Kalau overthinkingnya parah mending konsul ke psikolog yaa biar ada solusi.


Makan yuk!


Penyebab lain dari emosi negatif ibu adalah waktu makan yang terlambat dan tidak teratur. Sarapan baru jam 9 ke atas karena beres-beres dulu. 



Makan siang kalau ingat. Itupun pakai bakso pedes. Gimana gak asam lambung?


Menyapu bisa nanti, usahakan deh sarapan dulu baru beberes. Toh gak ada yang marah kan kalau ngepelnya setelah makan? Makan duluu. 


Makan yang bener jangan cuma ngemil. Makan sayur dan buah juga biar sehat. Nanti anak-anak juga meniru kebiasaan positif ini.


Kalau ibu sudah bisa atur waktu untuk istirahat dan makan teratur, anak pasti senang. Ibunya woles dan tidak mudah marah. Ibu mengasuh dengan penuh kasih sayang. Keluarga akan makin bahagiaaaa.

18 komentar:

  1. Diriku tuh Masih sungguh belajar banyak mengendalikan diri, ketika ada deadline ๐Ÿ˜…

    Kayak kapan hari ya, diriku kan ada deadline bikin video tugas Kompasiana ya, pas juga akoh baru ngeh kalau itu hari terakhir.

    Pas juga, kok ada job liputan yang dimajukan hari itu.

    Trus hasilnya harus berbentuk reels, Dan harus tayang besoknya, yang mana wajib melalui kirim draft dulu.

    Sementara, di hari itu juga ada deadline tulisan job, si Adik harus masuk sore buat ekstra.

    Ya Allaaaahhh, akoh mau ngamuk aja rasanya ๐Ÿ˜…

    Untung kakaknya pulang cepat, jadi anak-anak kusuruh berangkat duluan naik grab ke ekstra si Adik.
    Trus akoh nyusul, karena harus dandan Dan take video buat tugas dulu.

    Abis itu jemput anak-anak, langsung ke TP, ambil video, ajak mereka makan sambil akoh sibuk susun script.

    Nungguin anak-anak shalat magrib pun sambil berdiri Dan nyata di buku ๐Ÿคฃ

    Jujur, diriku sering banget ada di posisi, yang mana nggak bisa dikasih pilihan


    Vepak? Ya tidur.

    Nggak bisa ๐Ÿ˜…

    Nyatanya, hari itu akoh malamnya tidur 2 jam doang.

    Trus pulang Dari TP itu, akoh begadang lagi sampai pukul 2 pagi, buat bikin draft reels liputan.
    Baru besoknya akoh bisa curi waktu 2 jam tidur siang setelah jemput si Adik

    Capek banget sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ibu emang kjudu pinter atur waktu istirahat yaa.

      Hapus
  2. Jadi ibu memang terasa banget melelahkan. Jadi harus bisa ngatur ritme pola kerja dan makan juga. Dan penting juga support system dari suami dan atau keluarga.

    Saya sebagai anak, sebisa mungkin membantu ibu dengan nyuci baju sendiri, nyetrika sendiri, seenggaknya bisa meringankan bebannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betul banget Bang, penting untuk punya support system.

      Hapus
  3. Menjadi Ibu rumah tangga itu sangat berat. Makanya kenapa ada yang bsa bilang, eh.. kamu jadi ibu tangga doang, ya?
    Dan memang, kalau cepek sudah mendera, sebaiknya isitrahat dulu, karena bawaannya emosi pada anak, sampai terlontar kata-kata tak baik.

    BalasHapus
  4. Jadi ibu emang tantangannya luar biasa ya Mbak. Mau gak mau kudu lebih strong dari anggota keluarga lainnya. Aku kalau lihat temen2 yg udah jadi ibu, meski dia sakit, tapi tetap harus ngurus rumah dan bekerja. Respek sama para mom yang strong pokoknya

    BalasHapus
  5. Maklum kalau seorang Ibu lelah karena namanya Ibu manusia ada lelahnya. Itulah kenapa anggota keluarga lain harus mau bantu kerjaan rumah tangga atau setidaknya membiarkan ibunya istirahat barang sejenak, supaya senantiasa sehat dan bisa beraktivitas dengan normal

    BalasHapus
  6. Iya bener banget, tapi untuk ibuku tuh ketika hendak dibantu malah kadang tidak mau hehe alhasil kadang bantu²nya beberes rumah dan yg lainnya, terpenting non urusan sama dapur

    BalasHapus
  7. Sekarang sih lagi capek bangeettt. Kayaknya lagi males banget ngerjain pekerjaan rumah wkwkwk.. kayaknya tidur 8 jam aja masih kurang bangetttt...

    BalasHapus
  8. Iya ya kadang saking sibuknya ibu juga bahkan nggak sempat merasa lelah Dengan pekerjaannya. Aku sendiri kadang masih sering banget marahin anak ketika mereka melakukan hal-hal yang tidak aku sukai huhu

    BalasHapus
  9. Iya, jadi ibu punya banyak peran yang bisa membuat sering kelelahan
    Ya kalau lelah istirahat ya mbak
    Sambil menikmati makanan favorit

    BalasHapus
  10. Ibu memang tangguh. Banyak sih aku menemukan ibu yang melampiaskan emosi ke anak. Cuma nggak banyak. Karena pada dasarnya ibu mah sesayang itu sama anak.

    BalasHapus
  11. Aktifitas seorang ibu itu seabrek, dari pagi ketemu pagi kadang. Sebagai manusia biasa, ibu pasti merasakan lelah juga. Karena itu semangat untuk para ibu. Dan benar, kalau sudah lelah jangan lupa untuk istirahat dan makan.

    BalasHapus
  12. Pokoknya emak happy pasti anak2 juga happy karena ibu adalah kunci rumah bahagia ea mba. Jangan lupa banyak makan, banyak istirahat, biar bisa membersamai anak dengan tangki penuh cinta.

    BalasHapus
  13. Iya banget ibu perlu istirahat. Masalahnya, apakah ibu tersebut tidur nyenyak atau tidak? Soalnya ada juga ibu yang kualitas tidurnya buruk, gizi buruk, diperlakukan buruk, jadinya sakit ke mental.

    BalasHapus
  14. Iya bun kadang mau istirahat tapi pikiran ngga bisa istirahat. Memang kalo di Indonesia stigma ibu harus sempurna itu loh kadang yang membuat ibu itu jadi terbebani. Seperti kudu bisa masak, bersih2 rumah, dll. Padahal nggak apa2 banget kalo mau pake PRT atau jasa orang yang bisa bantu urus rumah

    BalasHapus
  15. Tantangan menjadi ibu memang sungguh luar biasa. Tenaga yang harus disiapkan ibu harus 2 kali lipat, mental pun harus terjaga karena ibulah yang menjadi cahaya dalam sebuah rumah. Ibu yang bahagia akan membuat suasana rumah jadi lebih menyenangkan

    BalasHapus
  16. semua ibu yang baca artikel ini pasti relate sih, karena nyatanya menjadi ibu lelahnya masyaAllah memang. inginnya rebahan, eh inget cucian belum beres, anak anak belum mandi and so on....and so on. makanya me time itu its a must sih buat aku. satu hari tanpa kerjaan rumah dan lainnya. tapi itu kan butuh penjadwalan khusus ya, kalo udah teramat exhausted yaaa minta di charge aja deh tangki cintanya, pelukan dari anak-anak dan suami its the best healing

    BalasHapus