Selasa, 19 Maret 2024

Seminggu Pertama di Ramadan 2024, Saat Keinginanku Hilang Satu-Persatu

  “Ramadan tiba, Ramadan tiba….”

Siapa yang suka ketika Ramadan tiba? Sebagai muslim tentu senang saat bulan puasa datang. Rasanya jadi lebih khidmat. Meski tidak makan dan minum selama 13 jam tetapi tubuh tetap beraktivitas seperti biasa dan beribadah juga lebih khusyuk.

                                    Sumber: Pixabay

Ramadan 2024 ini menjadi ramadanku yang ke-12 bersama suami tercinta. Seminggu di bulan puasa, seperti biasa, tidak ada permintaan khusus dari beliau. Tak pernah ada request ingin sahur dengan lauk rendang, opor, atau lauk lain. Yang penting masakannya tidak pedas dan teksturnya empuk. Bahkan aku juga dibebaskan untuk membeli lauk matang ketika tak punya mood untuk memasak.

Baju Baru, Alhamdulillah

Selain melayani suami, kebiasaan istri adalah berbelanja. Indonesia itu wow banget memang ya. Katanya resesi tapi buktinya daya beli masyarakat masih tinggi. Sejak 2 minggu sebelum Ramadan, sudah terpajang berbagai kue kaleng, permen, cokelat, dan berbotol-botol sirup di minimarket.

                                    Sumber: Pixlr

Begitu juga dengan penjual baju lebaran. Sebulan bahkan dua bulan sebelum Ramadan mereka sudah gencar berpromosi. Alasannya agar pembeli bisa khusyuk ibadah saat bulan puasa, karena tidak memikirkan untuk belanja baju baru.

Namun anehnya di awal Ramadan ini keinginanku untuk membeli gamis dan kerudung baru hilang sama sekali. Meski ada banyak yang mengiklankan baju model terbaru dengan harga yang bervariasi, tetapi aku hanya memandanginya dan tak berniat untuk memesannya. Beda jauh dengan tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya, aku biasanya beli 2 potong gamis dengan warna ngejreng.

Beli Kue Kering, Memangnya Wajib?

Begitu juga dengan keinginan untuk membeli kue kering, menguap begitu saja sejak sebelum Ramadan. Biasanya aku membeli setidaknya 1 stoples nastar dan 1 stoples putri salju. Atau, membuat nastar sendiri, dengan bahan-bahan yang mudah didapat di minimarket.

                                     Sumber: Pixabay

Apakah ada kewajiban untuk membeli kue kering? Siapa yang membudayakannya? Seingatku dulu (tahun 90-an) saat merayakan lebaran di kampung Papa (di Desa Mlonggo, Kabupaten Jepara), yang terhidang adalah tape ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Sementara kue kaleng tergolong suguhan yang cukup mewah.

Mengapa Jadi Tidak Ada Keinginan?

Akupun bertanya kepada diri sendiri, mengapa keinginan untuk tampil cantik paripurna saat lebaran jadi hilang? Ke mana sifatku yang dulu agak kenes dan suka mix and match baju, kerudung, sandal, dan tasnya? Awal puasa juga biasa saja, tidak heboh membeli margarin, selai nanas, dan tepung seperti dulu (untuk dijadikan nastar).

                                       Sumber: Pixlr
                        

Mungkin aku sudah mencapai kata ‘cukup’ untuk merayakan Ramadan dan lebaran dengan bersolek dan menyajikan kue kering dengan aroma yang wangi. Sudah saatnya untuk bersikap biasa-biasa saja saat Ramadan dan tidak memborong baju dan aneka kukis. Ritual shopping saat Ramadan menjadi hambar dan belum ada keinginan lagi untuk melakukannya.

Lagipula, sejak menikah aku selalu berlebaran di Kota Malang, di rumah ibu mertua terkasih. Saat mudik juga cepat, hanya sekitar 30 menit dengan bersepeda motor sudah sampai. Sebagai menantu maka aku menjadi orang yang bertamu, bukan yang menerima tamu. Buat apa beli kukis banyak-banyak jika akhirnya dimakan sendiri?

                                    Sumber: Pixabay

Beginilah cerita awal ramadanku yang berusaha kujalani dengan penuh kedamaian. Agaknya Allah mengabulkan doaku (yang dipanjatkan jauh sebelum Ramadan). Kala itu aku meminta agar nafsu makanku diturunkan (karena sedang berusaha menurunkan berat badan). Ternyata tak hanya selera makanku yang menurun, tetapi juga keinginan untuk belanja yang juga menghilang. Sebenarnya Ramadan yang sederhana juga bisa dilakukan, yang penting khusyuk ibadahnya.

41 komentar:

  1. Aku pun mbaa. Tapi keinginan utk beli baju baru dan segala printilan lebaran udh lamaaa ilang. Kayaknya krn aku sendiri bukan tipe yg suka bertamu atau foto ootd lebaran 🤣. Jadi beli baju haru itu ga harus lebaran. Lbh sering pakai baju lama malah.

    Bisa jadi prioritas ku juga udh berubah. Ga mentingin hal2 begitu lagi 😁. Anak2 pun jadi keikut. Mereka mending diajakin staycation drpd beli baju lebaran 😄

    BalasHapus
  2. Aku juga udah jarang beli makanan, mba. Kue kering juga seadanya. Kalo beli paling berapa doang buat stok aja.

    BalasHapus
  3. aku juga mba, lebaran gak banyak stok jajan buat tamu,, lagi mode irit.. dan juga gak kepikiran buat beli baju baru soalnya masih bisa mix and match baju lama

    BalasHapus
  4. Saya dari server sebelah, nggak menjalani puasa Ramadan tapi ngerasain juga yang Mbak rasain jelang Tahun Baru Imlek. Peluk jauh.

    BalasHapus
  5. Kalo urusan Ramadan dan Lebaran, masyarakat Indonesia adalah juaranya. Mereka bakalan bela-belain untuk ikut memeriahkannya. Asalkan jangan berutang aja yak, hehehe....

    Wah kalo urusan dapur, saya serahin ke istri aja deh, kalo sempat bikin kue, ya silakan. Kalo enggak sempat, ya bisa beli.

    BalasHapus
  6. Ramadhan tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya,. Ramadhan tahun ini, jual aneka kue off ga jualan. Tapi ternyata masih disayang sama Allah, ada yang pesen setiap hari untuk satu bulan.
    Kalau urusan kue, sudah ga seperti dulu sih, tapi saya sama istri sempetin buat kue kering, karena juga sambil ,melayani yang order Kuker

    BalasHapus
  7. samaan, mbak. untuk baju emang aku merasa nggak harus beli. toh baju yang ada juga masih bagus untuk dipakai lebaran.

    cuma kalau kue kering, aku masih perlu untuk menyiapkan sih. hehehe

    BalasHapus
  8. bener kak, sebisa mungkin mix n match, karena juga kan semisal bajunya masih wokeh, tinggal bikin style yang berbeda dengan warna kerudung misalnya

    BalasHapus
  9. Aku sih sejak merantau dan menikah, perasaan beli baju baru udah ilang, mikirnya sih, mending di mix n match aja baju yg udah ada. Bodo amat mau dipandang orang kayak gimana. Termasuk beli kue² lebaran itu, pernah sekali aja kayaknya, karena kepengen, wkwk..

    BalasHapus
  10. Akupun udah bertahun-tahun ga pernah beli baju baru dan kue untuk lebaran. Tahun lalu pakai baju baru jg krn dikasih. Kue kering jg dikasih, ga pernah beli.

    BalasHapus
  11. Ramadan kami tak seperti biasanya tahun ini.. sungguh saya per satu anaj-anak bergantian sakit jadinya Yudia fokus dengan urusan domestik

    BalasHapus
  12. makin kesini kayanya makin gak banyak pingin deh hehe.. yadah aja gitu, baju baru, kue-kue atau apalagi, kayanya ngerasa ah udah pernah bosen deh gitu-gitu aja hehe.. malah kudu kepikirannya sama saudara-sudara yang blm pernah ngerasaian ya

    BalasHapus
  13. kue kering khas lebaran itu masih terus ada keberadaannya di rumahku. bedanya, kalau dulu waktu aku kecil di rumah orangtua, kue kering untuk disajikan. saat ini, kue kering untuk konsumsi pribadi ^^

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah, anak dan suamiku juga ga rewel soal makanan, akunya jadi tenang juga. Untuk baju aku sm anak cewek udah beli sejak sebelum lebaran. Pengalaman tahun lalu santai-santai gak keburu beli, tiba-tiba ada yang membelikan, kan sungkan. Ada untungnya juga, aku jadi lebih tenang menjalani Ramadan. Udah ga kepikiran beli baju lagi hehe

    BalasHapus
  15. Karena lebaran kali ini in syaa Allah masku menikah, jadi aku uda punya baju baruuu.. baju seragam buat keluarga pas manten. Alhamdulillah, update foto keluarga besar, hehehe..

    Selamat menjalankan ibadah shaum di bulan Ramadan, ka Avi.
    Semoga sehat dan penuh keberkahan.

    BalasHapus
  16. Iya ya sebenarnya kue kue dan baju bukan hal yg utama dalam Ramadan dan Idul Fitri.. Makanan berbuka pun seadanya cukup kok

    BalasHapus
  17. Udh 5 thn ini aku lebaran santai aja pake lebaran tahun2 lalu. Krn baju lebaran biasanya dipake pas lebaran doang jadi sayang. Ahaha. Cuma kalau kue aku biasanya bikin sendiri

    BalasHapus
  18. Saya pun begitu mbak, udah beberapa tahun nggak beli baju maupun kue lebaran. Demikian juga dengan anak-anak, jadi mau lebaran ya biasa aja pakai baju-baju lama, nggak ada kue lebaran.

    BalasHapus
  19. Lebaran jarang beli baju dan makanan, soalnya lebaran di Bogor hehe sudah komplit hidangannya..paling anak-anak beli baju baru ya..

    BalasHapus
  20. Dari dulu saya gak pernah beli kue kering. Karena sekeluarga memang gak ada yang suka. Meskipun beberapa orang bilang kalau kuker bisa untuk suguhan tamu. Tapi, buat saya yang penting selera keluarga dulu. Kalau ada tamu datang bisa disuguhin yang lain. Baju pun sejak dulu gak pernah mengkhususkan beli saat Lebaran. Makanya gak selalu pakai baju baru.

    BalasHapus
  21. lha kok sama. Aku ga beli baju karena ya selama ini udah pakai baju yang ada aja, toh bajuku semuanya baju muslimah macem gamis gitu. Keknya ga ada beda antara baju lebaran dan sehari-hari.
    kue kering ... keluargaku kurang doyan. Ini anakku buat kastangel tapi jarang makan karena memang ga gitu suka.

    BalasHapus
  22. Wah kok kita sama mbak udah berapa x lebaran aku ga beli baju lebaran entah kenapa kehilangan keinginan itu. Mungkin karena faktor U dan merasa bukan sesuatu yg harus bgt. Paling beli utk anak2 aja. Kalo kue kering dari dulu ga pernah nyetok karena kami ga begitu suka

    BalasHapus
  23. Yang suka heboh sedia kue sih di rumah ibuku. Ya kan beliau tergolong sudah sepuh ya..jadi tamunya lumayan. Padahal kami Kristiani hehehe...Tapi ya begitu, kalau lebaran tetap sedia kue2 dan juga silaturahmi ke tetangga dan saudara2.

    BalasHapus
  24. Ternyata sama kita Mbak. Aku sudah beberapa tahun gak pernah beli baju lebaran. Apalagi yang couple-an sama suami. Daripada pusing bin ribut urusan model dan warnanya. Lagian juga sayang baju cuma dipakai sebentar, ngapain beli baru. Aku juga gak pernah bikin kue atau beli kue. Lah tiap tahun habis sholat ied langsung mudik. Jadinya malah mubazir kue di meja. Malah kita sendiri yang ngabisin sampai bosen.

    BalasHapus
  25. Aku pun dari lebaran sebelum pandemi udah hilang keinginan beli baju lebaran. Karena nggak ada yang peduli juga sih mau pakai baju apa. Bahkan orang-orang nggak ada yang notice kita pakai baju lebaran yang diulang-ulang. Tapi kalau makanan khas lebaran sih opor lontong wajib ada.

    BalasHapus
  26. Aku justru lebaran ini jadi beli kue-kue banyak dan belanja untuk dimasak, karena tahun ini ibu ikut aku, dan sebagai center keluarga sejak bapak alm Mei 2024, maka aku jadi menyuguhkan kedatangan kakak, ade, ipar dan keponakan. Kebayang bahagianya, Alhamdullilah berdoa selalu dicukupkan rejeki untuk berbagi, aamiin. Klo tahun sebelumnya kue cuma yang dikasih wkwkwk, karena aku lebaran di rumah ortu. Kalau baju untuk anak-anak yang kecil aja, karena anak masih kecil cepet gede, kalau yang remaja pakai baju yang buat pergi aja, beres

    BalasHapus
  27. Aku pun juga sudah masuk fase yang merasa cukup, tidak perlu heboh untuk menghadapi hari raya. Terutama untuk membeli baju baru ya, karena tahun ini sudah mencanangkan tidak membeli yang baru bisa pakai yang ada.

    BalasHapus
  28. Indonesia adalah tempat yang hangat ketika memasuki bulan Ramadan. Ada banyak sekali tradisi dan tentunya antuasiasme para Ibu untuk menyiapkan yang terbaik selama bulan Ramadan, dari mulai menu sahur, berbuka hingga bikin kue nanti..

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah selama puasa ini juga gak terlalu semangat beli2, even beli takjil, seringnya bikin sendiri.
    Tapi emang kami sebelum2nya gk pernah meriah menyambut Ramadan maupun lebaran, mungkin krn melewatinya sendiri.
    Kalaupun beli ya pas waktunya beli, kalau beli sesuatu yang mahalan ya tiket mudik aja wkwk.
    Kalau pas lagi gk mudik kyk mungkin tahun ini malah gk ada persiapan apa2. Yg penting perbanyak ibadah bae :D

    BalasHapus
  30. Baju lama difoto berbagai gaya sudah kelihatan baru
    Lagipula self reward juga beli baru kalau ada uang
    Cuma untuk mudik ke mertua, entah sejak tahun lalu mood-nya udah ga sama seperti awal jadi mantu
    Hambar...

    BalasHapus
  31. Saya penginnya juga enggak usah nyiapin apa2, beli2 kukis gitu mbak untuk lebaran. Sayangnya ga bisa. Ibu termasuk yang dituakan dalam keluarga, jadi selalu ada yang datang. Minimal punya beberapa jenis roti kaleng untuk menghormati tamu dan saudara yang berdatangan. :)

    BalasHapus
  32. Sy juga mikir tahun ini ga usah beli baju baru. Karena tahun lalu lebarannya di belitung dan tahun ini lebarannya di makassar. Jd pake baju lebaran tahun lalu sj. Selain baju lebaran tahun lalu baru sekali dipakai, jd ya pake baju tahun lalu sj toh lebarannya di kota berbeda

    BalasHapus
  33. Saya dulu sempet ada masa di mana nggak pengen beli baju baru karena memang pas lagi nggak mudik. Oh, pas pandemi Mak. Itu bener2 ngga ada keinginan beli2 yang kayak lebaran2 biasa. Tapi tahun ini beli lagi hehehe mumpung nemu yang cocok dan bagus buat lebaran.

    BalasHapus
  34. Sama mbak, aku juga udah gak kepengen apa-apa buat Lebaran nanti. Bisa makan setiap hari dan anak-anak bisa lancar sekolah dan kuliah juga Alhamdulillah banget. Tahun ini mah sudah lebih santai aku ngadepin Lebaran. Cuma ya itu, ya repot malah mamaku. Huhuhu...

    BalasHapus