Selasa, 19 Maret 2024

Ternyata Mengasuh Anak Tak Segampang Itu

  “Tak segampang ituu….”

Bukan lagunya Anggi Marito lho. Namun ini adalah postingan semi-curhat mengenai aktivitasku dalam mengasuh dan membersamai Saladin (11 tahun). Mungkin ada yang bingung, lah kan dia anak semata wayang, apa susahnya?

Baca: Cerita Mengasuh Anak Tunggal

Well kita flashback ke tahun 2011 ya. Saat masa awal menikah dulu kukira mengasuh itu enteng banget. Apalagi daku udah pernah bantu mama momong 3 adik laki-laki (yang jarak usianya jauh). Lagipula daku juga pernah jadi guru di sebuah playgroup di daerah Blimbing, Kota Malang.



Ternyata saat punya anak ya mumet juga. Lha iya kalau ngasuh adik dan dia rewel atau nangis, tinggal kasihkan ke mama atau mbak ART. Ngasuh anak orang di playgroup juga Cuma beberapa jam.

Memang kenyataannya tak semudah itu, dear. Selalu ada liku-liku dalam mendidik anak, terutama bagi yang kategori ‘ajaib’ seperti Saladin. Kukatakan ‘ajaib’ karena dulu dia pernah dikira autis (karena speech delay), ternyata tidak. Dia hanya super-aktif dan kata psikolog anak (saat konsultasi dulu sekitar tahun 2016) masih dalam batas aman.

Pusingnya Punya Anak Aktif

Saladin dulu sering dikira hiperaktif karena emang tidak bisa diam. Ketika tahu dia ‘hanya’ super-aktif maka daku sangat lega. Walau kenyataannya cukup bikin cekot-cekot tiap hari.



Gimana gak mumet kalau dulu Saladin hobi naik lemari, naik meja, naik pagar, dan memanjat pohon. Kalau turun ya huup mencolot gitu aja. Kagak ada takut-takutnya. Bahkan speed larinya juga jauh melebihi bundanya.



Jadi kalau punya anak kinestetik seperti Saladin ya udah, diterima aja. Malah dijadikan motivasi. Misalnya daku kudu rutin olahraga lagi agar bisa menemani Saladin jogging.

Tantangan Mengasuh Anak Tunggal

Seperti yang daku tulis di awal, punya anak semata wayang juga bisa bikin pusiing. Terutama dalam mendidiknya untuk mandiri. Anak tunggal tidak boleh manja sama sekali (IMHO) dan Saladin sudah bisa sedikit-sedikit beberes rumah, bantuin masak, udah bisa nyalain kompor sendiri, dll.

Read: Anak Laki-Laki Bisa Masak, OK aja

Keinginannya untuk Belajar, Lagi dan Lagi

Satu lagi yang bikin pusyiing adalah keinginan Saladin yang keras untuk belajar. Lho bukannya senang kalau anak rajin belajar? Maksudnya ginii lho.



Saladin selain mengerjakan PR juga suka belajar mandiri kalau di rumah. Mulai dari belajar catur, menggambar, bahasa asing, mendesain, coding, dll. Namun keasyikan belajar akhirnya dia jadi lupa waktu. Harus diingatkan lagi untuk atur gadget time and bed time biar gak kebablasan tidur larut.

Read:Pusingnya Punya Anak Pintar

Nafsu Makan yang Menanjak

Satu lagi yang jadi kebiasaan Saladin adalah suka makan. Bayangkan aja, waktu seharian mudik lokal (karena jarak rumahku ke kediaman mamaku hanya 2 kilometer), Saladin bisa makan 3 mangkok soto ayam, lanjut menyantap 2 piring nasi goreng. Belum kue-kuenya.



Awalnya daku takut Saladin akan obesitas tetapi setelah dilihat antara tinggi badan dan berat badannya, masih relatif normal. Lagipula dia olahraga setiap hari (lari-lari di rumah dan loncat-locnatan). Jadi aslinya tidak usah khawatir dia kegemukan karena memang aktivitasnya tinggi.

Kesimpulannya, memang tak mudah mengasuh anak sendiri. Namun dengan tantangan (bukan kesulitan) yang ada, daku tetap optimis dalam mendidiknya. Tetaplah mengasuh anak dengan demokratis, disiplin, dan penuh dengan kasih-sayang.

14 komentar:

  1. Punya anak superaktif memang melelahkan. Meski saya masih single, tapi saya juga kerap membantu ponakan dan sepupu kecil yg superaktif juga karena di antara anggota keluarga besar, saya yg terhitung paling fit. Itu saja paling hanya bisa 3 jam saja.

    Makanya salut dengan para ibu-ibu yang mengasuh anak hiperaktif 24 jam nonstop. Kamu luar biasa mbak. Semangat terus ya.

    BalasHapus
  2. Hwaaaa Saladin luar biasaa.💯🙏🚴
    Semoga tumbuh jadi anak sholih, baik hati, sehaatttt, semua cita2 mulia bisa tercapai yaaa
    seruuu bgt anak kinestetik itu ya mbaaaa

    BalasHapus
  3. Terus kebayang diri masa kecil dulu, walau cewe kelakuan percis banget kayak si kecil Bunda, buatku seh aktif artinya pinter ha ha ha ha

    BalasHapus
  4. waaa sudah besar ya mba saladin sudah 11 th sebentr lagi sudah smp ini..dan itu makannya banyak sekali hehehe mungkin krn dalam masa pertumbuhan juga mba jadi nafsu makan super meningkat hehehe

    BalasHapus
  5. Masya Allah, keren banget mba sudah mengasuh anak selama 11 tahun sungguh sebuah pencapaian yang membuat aku takjub. Percaya banget kalau mengasuh anak itu tidaklah mudah, beneran banyak tantangannya. Semangat terus ya mba, semoga senantiasa diberikan kesabaran, hati yang lapang, keceriaan serta kemudahan dalam mendidik dan membersamai Saladin 😇🥰

    BalasHapus
  6. Jadi ortu memang ga ada sekolahnya ya. Belajar sm orang pun tak sama karena tiap anak karakternya berbeda. Kuat gak kuat ya dijalani aja, semoga selalu sabar ya mbak mendampingi anak2 meski tak mudah

    BalasHapus
  7. Memang lelah yaa jadi orang tua. Kalo cuma sekedar ketitipan sebentar, mungkin cuma tau lucunya aja. Tapi kalo 24 jam mah, lumayan capek juga.

    Anakku sama euy, kinestetik juga. Meleng dikit tau2 udah nyungsep wkwkwkw

    Sehat sehat orang tua yang baik yaaa

    BalasHapus
  8. Saladin ini makin gede, makin ganteng mba ☺️👍. Dan aku salut dengan cara mba mengasuh anak. Kliatan BANGETTTT sabarnya. Krn memang hrs begitu. Kita yg paham terhadap anak, bukan sebaliknya.

    Aku ingettt banget zaman2 babyblues, ngasuh anak2', apalagi Krn memang aku bukan penyuka anak dari dulu. Tapi ttp akhirnya mau melahirkan anak, Krn aku cinta suami aja dan pengen menuhin apa yg dia mau 😄. Kalo bukan Krn itu, aku akan ttp pilih childfree.

    Tapi skr Krn udh terlanjur punya, ya belajar utk mengerti mereka. Walopuuun aku blm bisa kayak mba jujurnya. Kesabaranku msh tipis banget. Bersyukur dulu babysitter nya anak2' yg banyak mengasuh mereka, ngajarin segala sesuatunya. Dan mereka tumbuh jadi anak yg sopan dan pengertian. Mungkin kalo aku yg asuh, mereka ga akan bisa seperti skr.

    BalasHapus
  9. ternyata super aktif dan hiperaktif tingkatannya beda ya mbak, kalau yang suangat aktif bisa dikategorikan ke hiperaktif
    aku kalau liat anak anak naik naik lemari atau manjat, suka geli sendiri liatnya, takut jatuh dan kenapa-kenapa. Tapi pas mereka turun, ehh si anak malah terlihat B aja, kayak nyantai gitu, padahal kita yang dewasa pas liat sport jantung

    tapi saladin dari kecil udah rajin ya mbak, semua hal suka dipelajari, seneng belajar hal hal baru gitu, semoga berlanjut sampe gede asalkan tau waktu buat istirahat juga

    BalasHapus
  10. Keren banget Saladin dambaan para mamak nih hobi belajar, aktif, dan suka makan, hal-hal ini kan yang suka dikeluhkan para mamak, anak ngga mau belajar, anak mager, anak malas makan.. sehat selalu ya Saladin..

    BalasHapus
  11. Kaget pas liat anaknya naik ke atas lemari itu gimana caranya ya memang Terkadang mereka punya terlalu banyak energi ya apalagi anak laki-laki. Alhamdulillah bertumbuh kembang dengan baik sesuai dengan harapan Bunda

    BalasHapus
  12. Mengasuh anak tunggal ada tantangannya sendiri ya. Begitu pula dengan mengasuh lebih dari satu anak. Anak saya hyperaktifnya juga kayak Saladin waktu kecil. Suka manjat2 sana-sini dan bikin elus-elus dada deh. Diamnya cuma pas lagi bobok saja

    BalasHapus
  13. Naaaaak lucuu bgt km manjat lemariiii XD

    Adik Saladin sampai sekarang brti masih sama aktifnya, Mbak? Hihi. Mungkin nafsu makan banyak krn memang energinya cepat diprosesnya ya krn keaktifannya itu, bisa diarahkan ke banyak potensial ya anak kinestetik ini. Semangat selalu Mbaaak, parenting memang tak segampang itu namun jg inshaAllah selalu menyenangkan yaaah :D

    BalasHapus