Rabu, 20 Maret 2024

Menu Berbuka ‘Recycle’ yang Praktis dan Nikmat

 Recycle? Ehh jangan kaget dulu. Maksudnya adalah masakan yang diolah dari sisa lauk atau bahan makanan kemarin, yang kondisinya masih bagus. Kan sayang kalau ada sisa lalu dibuang, lagipula Nabi Muhammad juga melarang kita untuk membuang makanan.

Ngomong-ngomong tentang makanan, Ramadan tahun ini saya slow banget. Kalau tidak sempat memasak ya bikin telur ceplok aja untuk dimakan saat sahur. Sementara menu berbuka juga tidak usah selalu baru, tetapi bisa diakalin dengan cara recycle. Klean mau tahu apa saja yang bisa diolah dari bahan makanan sisa? Nih daku bocorin beberapa menunya.

Nasi Kuning

Kalau ada sisa nasi dijadikan makanan apa selain nasi goreng? Nahh kita bisa bikin nasi kuning hanya dengan beberapa bumbu yang sederhana. Kalau sudah matang, aduhai sedapnya. Ehh tunggu azan maghrib dulu baru bisa makan, ya.

                                      Sumber foto: koleksi pribadi

Cara membuat nasi kuning sangat gampang: ambil 2 piring nasi sisa. Sementara itu di dalam panci atau double pan, masukkan 250 cc santan (bisa pakai santan instan yang diencerkan), panaskan santan lalu beri garam dan kaldu bubuk secukupnya. Kalau ada 1 batang serai juga bisa ditambahkan agar makin wangi.

Beri 1-2 sdt kunyit bubuk, aduk perlahan sampai berwarna kuning. Terakhir masukkan nasi dan biarkan santan kuning menyerap dengan baik. Aduk rata dan pastikan pakai api kecil ya. Bisa juga ditambah telur ceplok.

Tumis Tempe Bunga Bawang

Siapa suka tempe? Paling gampang tuh masak tempe goreng yang tipis-tipis dan hasilnya renyah. Namun kalau ada sisa tempe jangan buru-buru dicampakkan. Klean bisa mengolahnya jadi tumis tempe bunga bawang (belalo).

                                                     Sumber foto: koleksi pribadi

Mudah banget lho bikin tumis tempe bunga bawang. Tempe sisa dipotong kotak kecil-kecil lalu digoreng sebentar, tiriskan. Sementara di wajan lain masukkan cincangan bawang merah dan bawang putih. Masukkan tempe, potongan bunga bawang, air secukupnya, dan kecap manis. Ukurannya ditakar sendiri yaa karena daku biasa masak dengan cara ‘diki’ alias dikira-kira.

Tahu Telur

Lalu bagaimana jika ada sisa tahu goreng? Kalau memang tahunya masih bagus, potong-potong saja lalu masukkan ke dalam kocokan telur ayam. Beri sejumput garam lalu adonan dimasak jadi tahu telur. Untuk bumbu kacangnya bisa pakai sambal pecel instan yang diencerkan dan diberi sedikit kecap manis. Cepat banget bikin tahu telur tapi sangat menggugah selera.

Samosa

Habis masak soto daging lalu masih ada sisa daging sapi sementara kuahnya habis? Dagingnya bisa dijadikan isian samosa. Caranya, 300 gram kentang dikupas, dicuci bersih, lalu dipotong kotak-kotak. Goreng sampai matang lalu tumis bumbu kari instan dengan 1 sdm minyak. Masukkan daging dan kentang, beri sedikit air lalu masak sampai bumbu menyerap.


                                           Sumber foto: koleksi pribadi

Ambil selembar kulit pangsit atau ½ lembar kulit lumpia, lalu masukkan 1-2 sdm isian kentang dan daging, lipat jadi bentuk segitiga. Jangan lupa rekatkan dengan putih telur atau campuran air+tepung terigu. Goreng samosa sampai berwarna cokelat keemasan, dan siap dijadikan takjil.

Steak Tempe

Siapa suka tempe? Rasanya hampir semua warga Indonesia suka makan tempe ya dan umumnya dimasak dengan cara digoreng garing. Namun kadang-kadang kan bosan digoreng atau jadi tempe oreg. Jangan khawatir, tempe itu bisa ‘disulap’ jadi steak tempe yang nikmat.

Caranya gini: tempe sisa kemarin dipotong-potong lalu dikukus sebentar sampai teksturnya empuk. Haluskan tempe lalu beri 1 butir telur, kaldu bubuk, garam dan merica secukupnya, dan beri sedikit tepung terigu. Masak steak tempe di atas wajan datar atau cetakan dorayaki sampai matang.

                                      Sumber foto: koleksi pribadi

Bikin sausnya juga gampang: cukup cincang bawang putih dan bawang Bombay lalu tumis sampai harum. Masukkan 1 sdm saus tiram, 1 sdm kecap manis, dan 1 sdm saos tomat. Saos dikentalkan dengan 100 cc air matang+ 2 sdm tepung maizena lalu siap dihidangkan dengan steak tempe.

Ramadan adalah bulan yang istimewa tetapi untuk memasak menu berbuka tidak usah terlalu memaksakan diri. Dengan trik recycle makanan kita bisa hemat sekaligus kreatif di dapur. Masih banyak sebenarnya resep daur ulang makanan tetapi hanya 5 menu ini yang sudah sering daku bikin saat Ramadan. Gimana, klean suka berbuka pakai hidangan yang mana?

24 komentar:

  1. tumis tempe bunga bawang, baru tau nama ini, lucu juga ya.
    lama juga aku ga makan samosa, beli yang varian frozen buat camilan dirumah asik juga ini

    BalasHapus
  2. Dari dulu pengen banget buat nasi kuning tapi berakhir wancana, gk kepikiran kalau buat dari sisa nasi, hihi kalau perdana buat malapraktik gpp , jadi kalaupun misal gagal gk byk banget nasi sisanya.

    BalasHapus
  3. Beughhh ini sih mantabbb jiwa
    no food waste at all ya mbaaa

    pantang mubadzir, pokoke Ramadan ini kita kudu makin brusaha hemaatt

    BalasHapus
  4. Aku pernah bikin steak tempe tapi dari tempe baru, wkwkwk. Nanti penasaran mau coba yg nasi kuning buat bekal anak

    BalasHapus
  5. Sangat membantu sekali nih mba, metode
    recycle makanan. Jadi lebih praktis dan tidak mubazir. Setuju banget sih, terkait menu sahur dan buka ga mesti yang wah terus. Apalagi dirumah ga ada anak kecil yang lagi belajar puasa, jadi kita-kita sudah dewasa terbiasa makan apa saja yang memudahkan dalam proses pengolahan serta tetap ekonomis dan bergizi 🥰
    Semangat berpuasa.. Aku jadi kepikiran mau bikin samosa juga deh

    BalasHapus
  6. Pengen tahu kayak apa itu bunga bawang... biasanya kalau di tukang sayur sudah tinggal bawangnya saja... pengen tahu juga gimana rasanya kalau dimasak...

    BalasHapus
  7. Emak-emak kudu kreatif ya ada saja caranya untuk memanfaatkan bahan sisa di rumah, jangan sampai mubazir dan terbuang..

    BalasHapus
  8. Mbaaa, kalo dikeluargaku masak soto daging ga akan mungkin kuahnya abis daging msh ada. Yg sering daging abis, kuah nyisa banyak hahahahahah.

    Eh tapi bbrp cara di atas aku juga ngelakuin kok. Kayak tahu, dijadiin tahu telur. Atau juga isian soes panggang, aku jadiin isian risol ragout atau isian roti goreng

    Yg penting selagi msh bisa diolah lagi, aku olah. Ga mau nyisain makanan.

    BalasHapus
  9. Iya banget kak. Makanan untuk sahur Dan buka tidak harus makanan yang dibuat baru. Bisa dengan mengolah makanan yang sebelumnya tidak habis. Aku begitu deh di rumah. 😁

    BalasHapus
  10. setuju banget, olahan naskun ini menggugah selera banget, apalagi dipakein tempe oreg plus ceplok telor, sedap deh

    BalasHapus
  11. kreatif banget mbak, saya kalau ada nasi sisa, paling jadinya nasi goreng saja. Ternyata bisa juga diolah lagi jadi nasi kuning. Kapan-kapan mesti dicobain nih

    BalasHapus
  12. bisa nih dipraktikan, makasi loh mak buat tips mengolah resep recycle jadi gak ada food waste

    BalasHapus
  13. Lhuukkk ternyataaaa banyak juga idenyaaaa
    aku selama ini recycle makanan lama paling cuma nasgor atau cireng nasi.
    makasii banyak mba.
    mau coba ahhh

    BalasHapus
  14. Menarik banget idenya mbak, aku gak kepikiran yang dibikin samosa nih. Tapi itulah, semenjak aku tau sampah makanan lebih banyak di Indonesia. jadi aku berusaha masak secukupnya biar gak tersisa.

    BalasHapus
  15. Biasanya aku bikin nasi goreng mba jarang banget bikin nasi kuning..jadi mau juga deh bisa buat menu sarapan yang beda nti.. tipsny mau d recook klo kebetulan ada sisa

    BalasHapus
  16. Ide baguuuss bangettt..
    Kreatif dan yang pasti kalo suami dan anak-anak mah bahagia banget punya Ibu dan istri yang cerdas begini. Selain juga gak mubadzir yaa..

    BalasHapus
  17. nah ini keren nih idenya. kalau puasa kayak sekarang beberapa kali menyisakan makanan agak lumayan kudu kreatif mengolah kembali pokoknya. makasih ya mak idenya

    BalasHapus
  18. Kreatif pisan mak pokoknya jangan sampai ada makanan tersisa ya mak. Beberapa resep recycle nya juga udah aku lakuin sih yang paling sering tuh tahu telor

    BalasHapus
  19. Ternyata praktis ya bikin samosa... Nanti coba bikin ah kalau ada daging sisa... Terima kasih tipsnya ya mak...

    BalasHapus
  20. Wah aku gak pernah kepikiran bikin nasi sisa jadi naskun, seringnya ya emang nasi goreng aja hehe.
    Kalau di rumah bener tu tahu tempe suka nyisa ya kadang kubikin tahu telur juga atau kalau gak cemplungin sayuran lodeh atau tumis2an hehe

    BalasHapus
  21. Kemarin coba masak steak tempe
    Anak-anak doyannya tempe goreng aja katanya haha
    Memang gak ada yang suka aneh aneh di sini

    BalasHapus
  22. Bunda cerdas, nih... pengen cobain steak tempe ah. kebetulan ada tempe di kulkas. Tapi kalau pakai tempe baru kayaknya perlu digoreng dulu, ya, karena hasil goreng dan kukus kan beda rasanya

    BalasHapus
  23. Wajib banget nih buat recycle makanan, biar makanan sisa gak terbuang. Bisa jadi hemat pula, rasanya juga enak.

    BalasHapus
  24. Aku tuh paling mentok adalah bikin nasi goreng kalau memang ada sisa nasi. Selain aku ngga pandai mengolah makanan sih hehe

    BalasHapus