Kamis, 21 Maret 2024

Cantik dan Segar saat Puasa dengan Cara yang Sederhana

 Bulan Ramadan sangat istimewa karena tiap umat-Nya bisa bermunajat dengan lebih taat. Namun ketika manusia tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam, tentu kekuatan tubuh berkurang. Akibatnya bibir jadi kering dan wajah pun kuyu.

Akan tetapi, puasa tidak bisa dijadikan alasan untuk punya ‘muka bantal’ alias selalu terlihat baru saja bangun tidur. Sebenarnya kita bisa lho tampil cantik dan segar di bulan Ramadan. Caranya juga cukup sederhana dan tak perlu budget yang terlampau tinggi.

Minum Air Putih

Saat berbuka sudah minum air putih atau belum? Biasanya kalau mau berbuka, kita udah beli takjil berupa es campur, es teler, Thai tea, atau es lainnya. Habis makan nasi baru minum segelas air putih. Jadi dalam sehari hanya 3 gelas air yang masuk ke dalam tubuh.

                                          Sumber gambar: Pixabay

Tak heran tubuh jadi dehidrasi karena kurang asupan cairan. Nahh yuk biasakan minum air walau setengah dipaksa. Ketika berbuka minum air segelas, setelah makan minum lagi. Lanjut sebelum tidur minum air dua gelas dan saat bangun sahur juga minum lagi. Saat sudah cukup minum maka badan akan lebih fit dan rona muka juga segar.

Makan Sayur dan Buah

Jujur bagiku makan sayur itu sesuatu yang kurang menyenangkan dan baru bisa teratur makan sayur saat hamil dan menyusui. Nah saat Ramadan maka kebiasaanku di dapur jadi berubah drastis alias masak lauk yang gampang saja. Lalu lupa masak sayur dan beli buah.

                                     Sumber gambar: Pixabay

Padahal sayuran hijau mengandung niacin yang membuat wajah tampak lebih cerah. Seperti kata seorang chef wanita, ia ‘makan’ skincare alias menjaga kecantikannya dengan mengkonsumsi sayuran dan makanan bergizi. Jadi jalan tengahnya adalah daku usahakan untuk membeli sayuran matang seperti sayur bening atau jangan asem yang bisa didapatkan di pasar takjil.

Sementara untuk buahnya juga tersedia banyak di tukang sayur. Malas makan buah saat berbuka? Jadikan salad saja atau smoothies. Selalu ada cara untuk cantik dengan cara menjaga makan.

Pulaskan Lipbalm

Bibir masih terasa kering saat berpuasa? Biasanya bisa diatasi dengan cara alami seperti mengoleskan sedikit madu. Namun daku takut khilaf dan menjilat madunya lalu batal puasa, wkwkwkkw.

                              Sumber gambar: Pixabay

Jadi habis mandi tuh jangan lupa pakai lipbalm (selain memakai skincare lainnya). Ada banyak merek di pasaran yang bisa klean pilih sendiri. Lipbalm ada yang netral dan ada yang berwarna (meski tipis-tipis). Ada juga yang memiliki aroma buah dan jadinya segar kala dihirup (jangan dijilat, lho!)

Mengurangi Konsumsi Gorengan

Sebenarnya ini adalah sebuah tantangan karena rasanya berbuka puasa tak lengkap tanpa gorengan lezat seperti risoles, bakwan, lumpia, dan kawan-kawan. Namun sebenernya kita tuh bisa berusaha untuk mengurangi konsumsi gorengan, demi kesehatan dan kecantikan.

                                        Sumber gambar: Pixabay

Kalau tiap hari makan snack penuh minyak maka dikhawatirkan bisa memicu panas dalam atau radang tenggorokan. Kemudian, lemaknya juga bisa memunculkan jerawat. Ternyata untuk jadi cantik memang butuh effort yaa dan kudu jaga makan saat berbuka dan sahur.

Olahraga saat Puasa, Memang Boleh?

Dulu ketika baru berusia 20-an, rasanya energiku masih meluap-luap. Saat berpuasa pun kuat-kuat saja senam aerobik selama 30 menit tiap sore. Namun rasanya berbeda ketika sudah berumur 30-an, mau olahraga takut haus dan lemas jelang berbuka.

                               Sumber gambar: Pixabay

Jadi olahraganya cukup jalan kaki dengan mode slow motion. Kan lagi saving energy jadi jalannya pelan tapi pasti, yang penting bergerak dan berkeringat. Walau belum mencapai 10.000 langkah sehari tetapi lebih baik lah, daripada cuma mager dan duduk sambil scroll media sosial seharian.

Untuk tampil cantik dan segar saat berpuasa memang butuh usaha keras, tetapi yang penting adalah konsistensinya. Yuk tetap aktif saat puasa dan mengkonsumsi buah, sayur, serta air putih yang cukup saat berbuka dan sahur. Wajah ayu saat Ramadan? Bisaa dong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar