Jumat, 22 Maret 2024

Tragedi Sepeda Motor ‘Nyangsang’ dan Anak-Anak yang Terlalu Dimanjakan

 Sedang viral berita 2 anak yang berboncengan sepeda motor lalu tidak bisa mengendalikan diri. Mereka akhirnya ‘nyangsang’ ke rumah orang dan tentu menimbulkan kerugian, baik ke sepeda motornya maupun ke pemilik hunian tersebut. Pertanyaannya, kok bisa sih mereka ‘terbang’ dan kecantol di rumah orang?



Sebenarnya kecelakaan sepeda motor yang terjadi akhir-akhir ini sangat miris karena korbannya adalah anak-anak. Mereka sudah bisa mengendarai motor lalu kebut-kebutan (atau bahasa gaulnya – di sini – mbleyer). Yang lebih miris, mereka juga tidak pakai helm. Ketika diingatkan malah marah-marah. Namun saat terjadi kecelakaan baru kapok dan menangis.

Masih Kecil kok Diberi Sepeda Motor?

Saat harga sepeda motor terjangkau oleh kantong masyarakat dan bisa dicicil, maka ada sebagian orang yang nekat membelikannya ke anaknya. Masalahnya, sang anak baru berusia 12 tahun (atau lebih muda). Memang kakinya sudah bisa menjangkau kick starter tetapi mentalnya belum siap, oleh karena itu makin banyak kecelakaan sepeda motor yang dilakukan oleh anak-anak.

Bagaimana bisa anak yang masih piyik malah diberi sepeda motor? Apa gak mikir ortunya kalau nanti kecelakaan bagaimana? Bahkan resiko terbesarnya adalah kematian, serem gak?



Yang lebih sedih lagi, sepeda motor menjadi simbol kekayaan (terutama di kampung-kampung). Jadi, membelikan anak di bawah umur sebuah motor adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Orang tua malah senang karena anak bisa disuruh mengantarkan barang atau berangkat ke sekolah sendiri (meski akhirnya bingung mencari tempat parkir motor di luar sekolah).

Belum Punya KTP dan SIM

Anak berusia di bawah 17 tahun tentu belum punya KTP dan SIM. Jadi wajar kalau mereka ditilang saat kena razia. Seharusnya orang tua sadar bahwa yang dilakukan oleh pihak berwajib adalah sebuah kebenaran. Mereka tidak boleh marah lalu menyalahkan pihak lain.

Pemanjaan yang Berlebihan

Pemberian sepeda motor ke anak di bawah umur adalah bentuk pemanjaan yang berlebihan. Seharusnya, jika orang tua paham psikologis anak, maka mereka lebih butuh kasih sayang dan perhatian. Bukan barang-barang seperti sepeda motor, HP, dll yang diberikan terlalu cepat, dengan alasan agar tidak kalah dengan anak tetangga.

Bagaimana dengan Sepeda Listrik?

Nahh beberapa tahun ini sepeda listrik makin viral ya. Kalau anaknya belum berusia 17 tahun bagaimana? Kan naik sepeda listrik tidak perlu syarat KTP dan SIM seperti sepeda motor?



Well, ada orang tua yang memperbolehkan anaknya (yang masih pre teen) untuk mengendarai sepeda listrik. Dengan alasan nanti dia bisa lancar jika belajar naik sepeda motor. Tapiii syaratnya adalah hanya boleh dipakai di dalam perumahan dan dilarang keras untuk dikemudikan di jalan raya.

Setahuku sekarang ada aturan kalau sepeda listrik juga dilarang untuk melewati jalan umum / jalan raya. Ada yang pernah papasan dengan sepeda listrik dan pengendaranya anak di bawah umum? Apa merasa takut karena jika terjadi tabrakan, maka mayoritas yang disalahkan adalah orang yang lebih tua, padahal yang salah adalah si bocah.

Yaa kesimpulannya jangan belikan anak di bawah 17 tahun sepeda motor atau sepeda listrik. Selain karena posturnya belum terlalu tinggi, mental dan emosinya belum matang untuk menaiki kendaraan bermotor / listrik sendiri. Semoga tidak ada lagi kecelakaan dengan korban anak di bawah umur, yang sedang naik motor.

26 komentar:

  1. Sepeda motor listrik ini jauh lebih meresahkan sekarang dibandig sepeda motor. Banyak yg masih sd udah kemana mana pakai sepeda listrik. Dan, pernah lihat sendiri anak kecil usia sd bawa sepeda listrik nbarak anak kecil padahal lagi rame banget jalanan karena pasar malam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akuuu...baru aja lihat di jalan raya, anak kecil boncengan sama adeknya, naik sepeda motor listrik. Mana banyak angkot dan kadang bis AKAP juga...Sepeda motor listrik tuh mana engga bunyi pula kalau lewat...Gemes banget...

      Hapus
  2. yaaampuun kok bisa sampe ke genteng??? kayaknya ini yg kmrn diceritain adekku deh. makanya aku kadang kalo liat anak-anak motoran di jalan itu was-was sendiri. walaupun pake motor listrik. pernah tuh aku liat di TikTok ada anak pake migo goncengan dan nabrak mobil, eh, ditinggal gtu aja.

    BalasHapus
  3. Bisa dibilang miris banget sih ini anak kecil udah dikasih motor dan orang tuanya bangga banget kalo anaknya udah bisa naik motor sendiri. Anak saya masih belum diizinin untuk belajar naik motor. Sampai dia cukup gede, baru nanti saya ajarin naik motor. Karena sering banget ngeliat fenomena belakangan ini.

    BalasHapus
  4. Iya, parah
    Bahaya klo belum cukup umur tapi sudah dibolehin naik kendaraan bermotor

    BalasHapus
  5. Saya juga tidak setuju, kalau anak-anak di bawah umur naik motor. Benar secara postur tubuh mereka sudah bisa. Tapi secara mental mereka belum siap. jadi peran besar orang tua memang. Saya saja baru 20 tahun dibolehkan naik motor. Jadi naik sepeda saja hehehe.

    BalasHapus
  6. Terus ya, sebelnya ada orang yang bangga kalau anaknya yang masih piyik bahkan masih 10 thn bisa naik sepeda motor. Katanya gak ngerepotin lagi kalau mau ke mana. Bisa disuruh-suruh beli ini dan itu. Haaaaa, suka ngelus dada kalau gini.

    Dan ya, sepeda listrik makin ke sini makin ramai. Penggunanya bocil-bocil. Hiksss.. ngenes emang. Perlu edukasi ke orsngtuanya juga sih sebenernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allaah 10 tahun yaa..
      Tapi memang anak sekarang tuh berasa mudah banget dapet privilege dari orangtua. Apa generasi kita ini adalah generasi yang gak tegaan yaa.. tapi justru malah bisa jadi malah mencelakakan anak. Huhuhu, seddiiih..

      Hapus
  7. Tinggi dan besar remaja sekarang tuh memang beda sama orang dulu yaa..
    Bongsor dan bikin orang tua ngasih mungkin iya, karena dinilai badannya yang besar, tinggi semampai, jadi uda bisa diberi kendaraan bermotor.

    Aku pun resah karena anak-anak ini belum punya logika, pertimbangan baik dan salah atau perhitungan lainnya yang tepat. Sedangkan berkendara itu gak hanya dari sisi kematangan usia, tapi juga emosional. Ya intinya butuh orang dewasa yang cukup usia.

    BalasHapus
  8. memang miris sekali kondisi saat ini, ornag tua tidak bisa membedakan antara memanjakan dan menyayangi. Bisa jadi gegara anak ngambek, nangis orang tua ngerasa bersalah. Padahal ketika dituruti dampaknya bisa fatal bagi anak, seperti risiko kecelakaan dll.

    BalasHapus
  9. Saya setuju untuk anak-anak di bawah umur tidak diizinkan membawa kendaraan ke jalan raya karena ego mereka masih terlalu tinggi dan emosinya juga belum stabil. Tapi kalau untuk berkendara di sekitar rumah yang dekat-dekat aja (bukan jalan raya) boleh lah supaya terbiasa naik motor/sepeda listrik nantinya. Perlu komunikasi yang tepat juga antara orang tua dan anak terkait masalah ini supaya nanti anak tidak main kucing-kucingan bawa motor ke jalan raya hehe

    BalasHapus
  10. Bener banget deh mbak, anak kecil tu emang baiknya nggak di kasi ijin bawa kendaraan bermotor terlebih dahulu karena belum siap secara emosional. Kan jadinya kayak gitu ya banyak kecelakaan yang terjadi.

    BalasHapus
  11. kalau anak masih kecil sudah dibelikan motor sih namanya bukan sayang anak ya, secara mereka belum bisa mengendalikan emosi saat berada di jalan raya. Hal ini justru dapat membahayakan mereka seperti kejadian motor terbang ke atap rumah

    BalasHapus
  12. Anak sekarang sukanya coba2 sih kak. Jd pas bs sesuatu, pgn ngerasain coba yg lain. Pas ada tetangga yg pny itu, ya cobain yg itu jg.

    Masalahnya, sisi keamanan dan emosi anak emg blm bgs ya. Jdnya bs nyangsang di atap rumah itu. Aku aja heran kok bs nyangsang gt. Apa rumahnya di bawah badan jalan. Jd dia ga bs rem mendadak/krn panik, jd langsung tancap gas ke atap rumah. Hehe.

    Smg jd perhatian org tua ya buat anak utk bs pakai sepeda motor/spd listriknya.

    BalasHapus
  13. Mending memang begitu. Nggak membelikan anak di bawah usia 17 tahun motor. Lebih baik menjaga daripada ketemu hal-hal yang nggak kita inginkan.

    BalasHapus
  14. Setuju kak kalau masih belum 17-an mah jangan deh. Kadang yang udah dewasa pun usianya kalau mental belum oke ya belum gereget juga ya.

    BalasHapus
  15. Mirisnya banyak orang tua yang belum siap jadi orang tua, ada juga yang masih bawa inner child yang tersalur dengan pemanjaan anak. Harus bagaimana dong ....

    BalasHapus
  16. Pas baca beritanya antara ngakak, gemes pen mites, sama ngeri sih. Lalu aku kuga kembali teringat kasus anak SMP yang menabrak tembok masjid sampai mengakibatkan nyawa anak kecil melayang. Heran sama ortunya sih, kok dibolehin

    BalasHapus
  17. sekarang banyak banget anak anak yang berkendara roda dua tapi belum ada SIM, terkadang ugal ugalan karena belum dewasa di jalan raya. Alasan orang tuanya supaya tidak merepotkan antar jemput sekolah, ini justru membahayakan orang lain

    BalasHapus
  18. Oiyaaa aku tahu info berita dua anak naik motor viral ini, tapi yahhh kayaknya emang bukan sekali dua kali berita kek gini, seharunya ada pelajaran yang bisa diambil.

    BalasHapus
  19. Serius Kak saya juga nggak habis pikir itu Kenapa mereka bisa nyangkut di atas genteng orang bersama motornya. Saya setuju sih anak-anak itu emang kalau di bawah 17 tahun sebaiknya belum dikasih akses buat bawa kendaraan bermotor kayak sepeda motor ataupun sepeda listrik sendiri. Lagi manapun mentalnya beda sama orang dewasa apalagi kalau ada kecelakaan

    BalasHapus
  20. Sepakat! Anak² tuh jangan terlalu dimanjain. Untuk sepeda listrik juga tuh, bukan buat perjalanan jauh, apalagi di jalan raya, bisa bahaya, bukan anak kecil aja tapi juga orang dewasa sih, bund.

    BalasHapus
  21. Setuju banget mba saya juga ga setuju anak-anak di bawah umur 17 jangan dikasih motor dahulu karena mereka belum bisa sepenuhnya bertanggung jawab harus nunggu 17 tahun ke atas dahulu

    BalasHapus
  22. Duuuh teteh agak ngakak deh sama judulnya, "nyangsang" hihihihi. tapi berita motor nyangsang ini aku pernah lihat beritanya di IG. emang kelewatan banget sih anak anak ini. ini cuman satu kasus aja, masih banyak kasus lain akibat anak anak diberi izin naik motor padahal belum waktunya. termasuk sepeda listrik loooh. perlu banget nih para ortu lebih aware terkait hal ini. bukan soal gaya sih, tapi keselamatan.

    BalasHapus