Selasa, 26 Maret 2024

Derita Ibu Ketika Mudik dan Stigma Mama yang Keras Kepala

 Mudik, mudiik, horee! Mudik memang menyenangkan karena bisa sekalian liburan di kampung. Apalagi bagi perantau, bisa jadi hanya setahun sekali ketemu dengan orang tua atau mertua.

                              Sumber: Pixabay

Kalau mudik barang-bareng emang bawaannya happy tetapi rasa itu bisa berubah drastis jadi marah atau sedih. Kok bisa? Ya karena ucapan orang-orang nyinyir yang entah sengaja atau tidak melukai hati.

Hantaman Itu Berupa Ejekan

Pulang kampung berarti bersua kembali dengan tetangga lama dan para kerabat. Akan tetapi ada bencana yang siap menyerang ketika ada satu saja pengkritik di antara mereka. Entah apa motifnya, dia mengejek cara kita untuk mengasuh anak.

                                       Sumber: Pixabay

Heran ya mengapa ada manusia seperti ini? Saudara saja bukan, ketemu juga jarang, begitu bertamu malah tanya-tanya. “Kok anakmu kurus? Enggak dikasih makan ya? Susunya kurang mahal tuh! Ih giginya tonggos karena kebanyakan ngedot!”

Kapan Nambah Anak?

Nah kalau daku selalu ditanya kapan nambah anak? Jawabannya hanya dengan senyuman. Iyaa kalau dijawab alasan kesehatan pasti disanggah, katanya daku masih muda, kasihan anaknya enggak punya adik, dll. Lha daku yang punya anak kenapa orang lain yang rempong? Kalau kumat sakit-sakitan pas hamil apa dia mau nanggung biaya berobatnya?

Pemaksaan MPASI Dini

Satu lagi yang bikin puyeng adalah pemaksaan pemberian MPASI (makanan pendamping ASI) padahal anak masih berusia di bawah 6 bulan. Katanya iyaa dulu anak masih piyik disuapin pisang, bahkan nasi lumat, tidak apa-apa. Sudah ngotot pakai acara mengancam pula.

                              Sumber: Pixabay

Daku bisa bersungut beneran kalau ada manusia model begini. Maunya mudik dalam keadaan senang malah jadi emosi. Anak lu anak lu jangan ngajak-ngajak anak gue MPASI dini! Apalagi kalau ada yang jejelin kue tanpa PIRT dan gak jelas produksi mana ke mulut anak, ngasih minuman berpemanis buatan, atau sebotol soda tanpa izin. Beneran ngamuk gueeee.

Ibu yang Keras Kepala

Kalau masalah pembenaran manner dan kebiasaan yang berbeda saat pulang kampung maka daku masih bisa toleransi. Akan tetapi kalau menyangkut body shaming, KDRT verbal terhadap anak (dan bundanya), atau pemaksaan MPASI dini maka tidak bisa didiamkan begitu saja. Mau dianggap keras kepala? Lah ini kan demi kesehatan anak di masa depan.

Trauma Mudik

                                 
Sumber: Pixabay

Beneran deh sekali kena manusia model kayak gini maka daku jadi malas mudik. Jadilah Saladin tidak pernah datang ke rumah mbah buyutnya di Jepara. Daku lebih nyaman dan tenang berlebaran di rumah ibu mertua terkasih, yang memang jarak rumahnya lebih dekat (hanya 40 menit naik sepeda motor sudah sampai). Daku enggak mau ke Jepara karena banyak faktor dan salah satunya adalah Saladin tidak kuat panas.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebenarnya ucapan negatif saat pulang kampung bisa diatasi kalau klean punya mental yang kuat. Tinggal disenyumin aja atau diam seribu bahasa. Namun kalau malah bikin pusing mending menjauh deh untuk sementara.

                              Sumber: koleksi pribadi

Gimana, lebaran mau damai atau perang? Wkwkwk. Maaf bukannya ngajak buat berani gelut ya. Cuma memang momen mudik sangat bisa dibelokkan jadi momen yang memusingkan, karena ulah para oknum yang memaksakan kehendak dan mengatur-atur gaya parenting. Anakku anakku anakmu urus sendiri. Atau klean ada ide bagaimana cara mengatasi makhluk seperti ini?

 

28 komentar:

  1. Feel you mba. Banyaaak ketemu tipe begini apalagi saat ke kampung di Sorkam, tapanuli sana. Ada tanteku yg suka nulis gitu mulut. Seringnya sih nyuruh nambah anak. Menurut dia 2 masih kurang. Kayak pengen aku lakban mulutnya. Yg bikin aku kesal , dia sendiri ga punya anak. Kenapa seenak jidat nyuruh orang lain banyakin anak.

    Makanya kalo mudik, aku maleeeeees bgt ketemu dia. Tapi kdg kalo disuruh papa silaturrahmi, ya kayak mana. Cuma terkadang aku suruh Raka yg jawab, Krn kalo aku, takutnya aku balas dengan Kata2 kasar.

    BalasHapus
  2. Harus tahan mental mah kalo pulang mudik pas Lebaran gini. Tetangga udh kasih CCTV terbaik utk mantau perkembangan kita sejak lama. Haha.

    Kalo aku sih ya asyikin aja. Ntr kalo ada yg ngegas, bantah aja dgn ngasih pertanyaan balik. Kamu kapan matinya? Kan ga ada yg tahu kan. Baik rezeki, jodoh, maut itu udh ada yg ngatur. Mendingan kalian doain aja yg terbaik. Jd ga usah nanya2 kapan nikah, kpn nambah anak, kpn pny rumah, kpn kpn kpn dan kapan lainnya. Haha.

    BalasHapus
  3. dasar ya manusia itu kalau ngomong kadang ga mikir yang diajak ngomong ini sakit hati atau ga, aku pernah mengambil sikap jaga jarak juga kok, mending ga ketemuan sampai aku siap mental, secara capek juga jadi bahan omongan dan pertanyaan kapan nikah, disuruh periksa karena lama ga hamil, duh capek deh

    BalasHapus
  4. Kalo mudik bukan cuma persiapan materi tapi juga mental yah, Bund, wkwk.. Kalo aku seringnya ditanya kapan nambah anak kedua? Udah kebal sih ditanya begituan. Anggep aja doa yah kan, xixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh samaa Kak, selalu ditanya kapan nambah anak?

      Hapus
  5. Hmmm gini yang bikin males deh ketemuan ama keluarga pas mudik.
    Aku mah ngga ambil pusing, boleh pasang badan buat berdebat wakakakak.
    Untungnya mak ama bukmerku ngga rempong juga ngurusin gaya parentingku. Apalagi anakku uda 3 juga, kalo masih disuruh nambah anak yowis tak suru bayarin sampe kuliah aja hahaha.

    BalasHapus
  6. Nah, bener banget bikin malesssss. Apalagi kita nggak mungkin bisa mengendalikan mulut mereka. Ada aja yang usil.

    BalasHapus
  7. Drama mudik atau ketemu saudara gitu yah. Aku udah lama banget engga hal-bil keluarga besar sih. Kayaknya terakhir sebelum pandemi.
    Lagian aku emang engga mudik sih. Sodara-sodara walaupun Eyang aslinya dari Semarang, tapi putra-putrinya udah hijrah ke JKT. Deket sih dari Bandung, tapi males aja ketemu tante dan sepupu...hihi

    BalasHapus
  8. memang mulut-mulut tetangga itu yang bikin malas mudik, Mbak. Seakan-akan mereka paling tahu dan ingin tahu semua tentang diri kita. Tapi khusus di lingkungan keluar bapak saya, ada juga yang kalau kumpul saling membanggakan diri masing-masing. lebaran jadi ajang pamer hahaha. Jadi saya merasa enakan masih tinggal di makassar. Orang lain tapi rasa saudara.

    BalasHapus
  9. Kalau mudik, emak-emak memang suka dapat pertanyaan macam-macam, seakan dianggap hal biasa. Apalagi kalau anaknya lumayan dekat-delat jaraknya, langsung jadi pusta perhatian dan jadi pusat obrolan

    BalasHapus
  10. terkadang orang-orang memang begitu ya kak: "Kok kurusan sih? Kok gemukan sih? Kok jadi item-an ya sekarang, dan lain-lain kok-kok nya...
    jadinya tinggal diri atur mental x ya, kalau mau dibalas atau didiamkan saja

    BalasHapus
  11. Aku kayanya jarang banget ambil hati perkataan orang yang jarang ketemu.. Bukan berarti gak menganggap keluarga, tapi kaya cuma cari more attention. HIhiih~
    Kalo kedengeran kata-kata gaena, didenger dan ditelen. Udah.

    Tapi memang kadang berdampak sih yaa..
    Apalagi terkait pola asuh. Ini biasanya aku juga cengar-cengir gitu aja sii.. so so tanya "Oh, gitu yaa.. Jadi kalo dari pengalaman bude, gimana bude?"

    Ya lip service gitu kadang ga buruk juga...

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, kyaknya belum nemu mahluk kayak gitu kalau pas mudik. Tp kalau pun ketemu ya cuekin aja diriku mah. Ga usah diambil pusing. Anggap aja ini mereka peduli ama kita.

    BalasHapus
  13. Betuuuul, banyak nih yang lebaran-lebaran malah ngajak perang. Dan ajaibnya, yang diseranglah yag disuruh bersabar, harus memahami, dan nggak boleh baper.

    BalasHapus
  14. Aku acuhkan sih wkwkwk aku orangnya juga langsung speak kalo ada yg ngga sesuai, jadi ngga ngegerundel di belakang. saat itu juga aku counter, diem deeh,

    BalasHapus
  15. sia-siap nih menjelang lebaran dan ketemu keluarga besar wkwwk.. tp herannya masih ada aja ya yg membanding-bandingkan hidup orang, belum lagi muncul pertanyaan ajaib hehehe.. kudu dihadapi dengan balasan yg lebih menohok kalo aku sih wkwk

    BalasHapus
  16. betul banget niy mba, moment mudik kadang punya momok tersendiri ya, yang belum nikah ditanya kapan nikah, yang udha punya anak kapan nambah lagi, dan lainnya lagi, termasuk pengurusan anak juga kadang jadi masalah di keluarga, padahal momen mudik itu harusnya happy malah sedih ya

    BalasHapus
  17. Setuju Mbak. Mudik memang kadang ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi bikin happy karena bersilaturahmi dengan keluarga. Namun, di sisi lain juga bikin pusing kalau kepentok oknum yang mudah mencela kita dengan dalih sebagai basa basi, yang jatuhnya jadi basi banget, hwkwkwkkk...

    BalasHapus
  18. Ujian ya Mbak di hari raya. Hari yang seharusnya kita bahagia dengan momen silaturahmi keluarga, eh ada aja yang mulutnya julid kaya gitu. Memang harus dibawa santai aja ya kalau bisa

    BalasHapus
  19. ternyata cobaan mudik itu sunggu sulit ya, takut denger yang enggak-enggak dari orang lain. aku gak pernah ngerasain mudik sebenernya, jadi gak pernah tau kalau ada omongan tetangga yang jelek-jelek. hehe.

    BalasHapus
  20. memang intervensi dari luar dalam pengasuhan itu akan terasa menyebalkan ya xD banyak2 bersabar ya mba, jangan sampai moment yang fitri jadi terkontaminasi :D

    BalasHapus
  21. pas udah gede begini, kumpul kumpul keluarga besar pas momen lebaran agak males aku hahaha, pertanyaan yang sama hampir tiap tahun
    jangankan yang jarang ketemu, yang sering ketemu di kantor misalnya, kadang pertanyaannya itu lagi itu lagi, jadi ya males aja ngobrol lama-lama sama tuh orang

    BalasHapus