Selasa, 12 Maret 2024

Bagaimana Cara Mengasuh Anak Tunggal?

 Saladin al Ayyubi, my son, adalah anak tunggal. Lho, emangnya enggak ingin punya adik? Jawabannya enggak wkkwkw. Lagian ini ada alasannya yaa, karena kondisi kesehatanku yang tidak memungkinkan. Lantas, gimana sih cara mengasuh anak tunggal agar dia tuh mandiri dan berani?



Banyak yang bilang kalau jangan punya anak tunggal. Katanya kasihan nanti kesepian, nanti manja, egois, bla-bla-bla. Padahal yaa tergantung didikannya juga sih. Daku anak sulung tapi tetap aja manja (ke suami tentunya) hihihiihi.

Baca:Istri yang Manja, Yes or No?

Nah ini nih beberapa kiat mendidik anak semata wayang:

Ajari untuk Mandiri

Siapa bilang anak tunggal selalu dimanja? IMHO, kemandirian perlu diajarkan, baik ke anak tunggal, sulung, tengah, kembar, maupun bungsu. Karena kemandirian adalah modal besar menuju kedewasaan dan pentiing banget buat survive (apalagi kalau si anak ada rencana sekolah / kuliah di luar kota / luar negeri).



Pertama yang perlu diajarkan adalah kemampuan untuk makan sendiri, lalu mandi sendiri, membereskan kamar, dan berbagai tugas yang seharusnya anak bisa lakukan sendiri. Lantas anak akan diajak untuk belajar menyapu dan beberes, jangan lupa juga skill untuk memasak juga wajib bangett.

Read: Anak Laki-Laki Memasak?

Sendiri Bukan Berarti Sepi

Cara mengasuh anak tunggal yang selanjutnya adalah mengajarinya bahwa sendiri bukan berarti sepi. Mau dia punya adik atau kakak, atau tidak punya saudara, maka tetap saja ada momen kesendirian. Iyaa soalnya daku punya 3 adik tapi tetap aja ke mana-mana ngebolang sendirian (pas zaman gadis dulu).



Kalau Saladin enjoy sendiri dalam melakukan beberapa aktivitas ya OK aja. Yang penting dia senang. Sendiri bukan berarti menderita. Apalagi dia anak introvert yaa (beda ama bundanya yang extrovert).

Baca: Tips Mengasuh Anak Introvert

Harus Mau Mengalah

Anak tunggal bukan berarti egois ya, karena ia wajib diajarkan untuk mau mengalah. Karena mengalah bukan berarti kalah, bukan? Anak perlu belajar kapan bisa maju duluan, kapan harus sabar dan menahan diri. Jangan sampai selalu senggol-bacok atau sumbu pendek, seram!

Wajib Punya Keberanian

Nah, cara mengasuh anak tunggal yang berikutnya adalah dengan mengajarkan keberanian. Ini penting banget, apalagi Saladin anak laki-laki. Jangan sampai dia jadi cemen atau penakut, bahkan pengecut, sedih dah!

Read: Tips Mendampingi Anak di Lomba Mewarnai

Lantas gimana cara agar anak selalu berani? Tentu dengan memotivasinya dan tidak pernah menakut-nakutinya (dengan cara yang tidak logis). Ada tuh kan anak yang enggak mau makan malah dibilang harus makan, nanti kalau enggak ayamnya metong. Ckckck.



Anak juga bisa berani kalau dibiasakan bergaul dengan banyak orang. Kemudian, anak kalau bisa didorong untuk mengikuti lomba-lomba. Tujuannya bukan cuma cari hadiah atau piala, tetapi yang paling penting adalah agar dia berani tampil di depan banyak orang.

Sayang Semuanya

Satu dua tiga, sayang semuanya! Anak tunggal wajib diajarkan untuk punya rasa kasih-sayang yang besar kepada sesama. Tujuannya untuk mengurangi rasa egoisme (karena ia cenderung diberi cinta dan materi yang berlebih dari orang-orang di sekitarnya).



Jadii walau ia adalah anak laki-laki, Saladin kuajarkan untuk selalu berpelukan dengan kedua orang tuanya. Kasih-sayang perlu diajarkan agar ia lebih ekspresif dan merasa bahwa semuanya saling menyayangi. Namun daku juga menekankan bahwa sayang bukan berarti manja dan ia berhak ditegur / dimarahi jika melakukan kesalahan.

Ini beberapa kiat dan cara mengasuh anak tunggal (versiku). Ada yang mau menambahkan? Anak sekecil apapun wajib dididik dengan baik. Jangan mentang-mentang anak tunggal lalu keinginannya selalu dipenuhi dan selalu bergantung dengan bunda atau mbak ART di rumah.

30 komentar:

  1. Suami saya anak tunggal juga tapi gak kalah mandiri sama yg punya banyak saudara. Semangat untuk bunda dan saladin yaaa

    BalasHapus
  2. Anak tunggal memang identik sama manja dan egois. Cuma aku setuju. Nggak selamanya anak tunggal begitu. Yang paling penting adalah gimana pola asuhnya.

    BalasHapus
  3. nah mengajari anak tunggal agar bisa mandiri itu penting juga nih, biar nanti gak terlalu manja kedepannya

    BalasHapus
  4. Bener sih semua tergantung dari didikannya di rumah 🏡. Mau itu anak tunggal, bungsu, sulung, tengah atau apalah, yang penting edukasinya selalu diperhatikan dengan baik oleh para orang tua. Poin-poinnya dapet semua. Mantap 👍👍👍

    BalasHapus
  5. banyak perintilan kemandirian yang bisa diajarkan kepada anak tunggal ya kak, biar dianya juga gak merasa sendirian dan terbiasa dengan kemandirian. Pastinya, tetap sehat-sehat selalu untuk kak Avi sekeluarga

    BalasHapus
  6. Mendidik anak tunggal memang susah susah gampang, semua tergantung orang tua. Pergeseran budaya dan teknologi adalah poin penting.

    BalasHapus
  7. Iyaa Mas, karena bersosialisasi itu penting.

    BalasHapus
  8. Nah benar itu, Bunda. Zaman sekarang fear based parenting atau parenting berdasar ketakutan udah nggak relevan lagi.

    BalasHapus
  9. sepakat, walaupun anak tunggal belum tentu dia manja, tergantung bagaimana cara mendidiknya

    BalasHapus
  10. Kasih sayang kedua orangtua bener-bener berlimpah ketika memiliki anak tunggal yaa.. Dan ini yang membuat anak tunggal menjadi anak yang penuh dengan rasa empati dan simpati terhadap orang lain.

    BalasHapus
  11. Pandangan bnyk anak banyk rezeki jg hrs diubah sih. Aku tuh orgnya realistis. Kalo pny anak ya hrs berkewajiban utk mendidik termasuk menyekolahkan ke jenjang terbaiknya. Soalnya bnyk yg suka bikin anak tp hny bs sekolah sampe SD/SMP. Abis itu bingunh cari krj. Ntr malah membebani orgtua kl ga bs mandiri. Nah membimbing anak hingga mandiri itu sih yg sulit. Bknnya orgtua ga mau berusaha lbh ya.

    BalasHapus
  12. Benar, meski anak tunggal, tidak boleh merasa sendiri. Hubungan persaudaraan bisa dengan siapa saja, teman, tetangga, atau bakan saudara sepupu atau saudara jauh juga bisa. Dan terkadang, saudara kandung saja tidak bisa selalu ada.

    BalasHapus
  13. Setuju banget nih, mau anak tunggal atau bukan, gimana dia nantinya ya tergantung didikannya. Lha wong banyak jg yg bukan anak tunggal tp dia ga mandiri dan jg egois.

    BalasHapus
  14. Wahahaha anakku juga semata wayang mbaa.
    harus diakui, dalam beberapa hal ada challenge khusus, karrna doi anak tunggal. but it's okayyy. dinikmatin dan dijalani ajaaaa

    BalasHapus
  15. setuju nih, krn anak tunggal memang perlu perlakuan khusus tapi bukan juga dimanja terus,

    BalasHapus
  16. Setuju sih yaa ... tergantung orang tuanya, bagaimana mendidik anaknya, mau menjadikan anaknya manja atau tidak bisa dengan mendidiknya

    BalasHapus
  17. Adikku juga punya anak satu, anaknya berani, cerdas dan mandiri karena didikan orang tuanya yaa...

    BalasHapus
  18. Mengasuh anak tunggal tentu cukup menangtang ya mbak
    Harus tahu cara tetap mencurahkan kasih sayang tanpa terlihat terlalu memanjakan

    BalasHapus
  19. Aku sangat percaya, kalau anak tunggal juga bisa lebih bahagia serta lebih terdidik secara maksimal oleh kedua orang tua. Beberapa teman ku, termasuk anak tunggal. Mereka tumbuh mandiri dan lebih pengertian. Semangat membersamai Saladin ya Mba, semoga semua tips parenting yang sudah mba terapkan merupakan yang terbaik bagi Saladin. Sehat-sehat serta bahagia, buat mba dan keluarga tercinta 😇

    BalasHapus
  20. Saya anak tunggal nih, dan memang dimanjakan oleh ortu. TAPI, ibu saya selalu menekankan, bahwa tidak semua bisa mereka berikan dan belikan. Jd kalau saya mau sesuatu, minta saja. Kalau ortu punya uang, akan mereka belikan. Tp kl mrk tidak punya uang plus dirasa tidk perlu, mau saya nangis darah juga, mrk tdk akan belikan. Hehehhehe . Itu sekedar sharing aja.

    BalasHapus
  21. Duuuh mba Vina memang keibuan bangettt. Cara mendidik Saladin juga kliatan sabar dan telatennya.

    Orang2 yaa kalo ngomong suka seenaknya. nyuruh nambah anak kayak nambah nasi aja.. dikira gampang, blm lagi kalo ada riwayat penyakit atau kesehatan ga memungkinkan.

    Dulu aku pengen loh mba JD anak sulung, kayaknya asik aja, apa Krn aku introvert parah 🤣.utk anak pun pengennya malah ga ada, walo akhirnya ngalah punya 2 demi suami 😄. Tapi ttp dua2nya juga aku biasain mandiri wajib sih. Jgn smpe kalo udah pisah dr ortu malah ga survive hidup sendiri.

    BalasHapus
  22. terima kasih bunda, kalau baca artikel mami Saladin selalu dapat ilmu banyak soal parenting termasuk bagaimana cara mengasuh anak tunggal, pastinya memang cukup berbeda ketika mengasuh anak-anak yang punya beberapa bersaudara

    BalasHapus
  23. Pengasuhan anak tunggal memang sangat menantang yaa..
    Belum lagi pendapat orang luar. Tapi apapun itu, yang paling memahami karakter anak pastilah kedua orangtuanya. Semoga senantiasa diberikan kemudahan dan kelapangan ilmu untuk terus berbagi di blog catatan bunda Saladin. Barakallahu fiik~

    BalasHapus
  24. Ternyata mengasuh anak tunggal tidak semudah yang dibayangkan karena tetap ada tantangan kesulitan yang dihadapi tapi tidaknya bisa lebih fokus pada satu anak termasuk dalam bidang kasih sayang

    BalasHapus