Rabu, 28 Februari 2024

Review Deessert, Maukah Kamu Makan Kue Buatan Mantan?

 Mantan lagi, astagaa! Sepertinya daku kena ‘kutukan’ buku bertema mantan pacar karena dari 3 novel yang kubaca temanya serupa: ketemuan lagi ama mantan. Jujur awalnya baca novel ini karena desain covernya yang bagus dan judulnya unik. Eh ceritanya juga bagus (romance dengan sedikit percikan comedy gituu).

 

Read: Review Novel Resepsi, Mau Datang ke Nikahan Mantan?

 

Ini data-data bukunya:

Judul   : Deessert

Penulis: Elsa Puspita

Tahun: 2016

Tebal   : 314 halaman

Bisa dibaca di aplikasi Ijak.

 

Baca: Review Novel His Wedding Organizer, Mau Jadi Panitia Nikahan Mantan Pacar?

 

Siapa suka makan? Naya beruntung banget karena suka makan eh dibayar pula. Iyaa, dia jadi presenter acara kuliner di TV. Namun sayang acaranya bungkus alias harus diberhentikan karena rating yang turun.



Naya tidak gentar dan dia memutuskan untuk pulang kampung ke Palembang. Sampai rumah dia reuni dengan sahabatnya saat SMA, Lulu. Setelah itu dia jadi ingat adiknya Lulu yang juga mantan pacarnya, Sadewa alias Dewa.

Iyaa, dulu Naya pacaran ama brondong, uhuy! Namun hubungan mereka renggang karena Dewa kuliah di Australia dan mengejar karir jadi pastry chef. Komunikasi yang tidak lancar membuat semua berantakan.

Rencana Besar Lulu



Lulu ingiin sekali membuka restoran fusion. Apalagi dia punya pacar yang seorang koki. Dia senang karena Naya akhirnya mau join ke bisnis patungan mereka. Naya dengan pengalaman kulinernya bisa jadi quality control sekaligus manajer.

Ketika Ketemu Mantan

Saat Naya bekerja dengan Lulu dan Arfan serta membentuk tim dapur yang solid, tiba-tiba Dewa datang. Jadi salah tingkah gak sih ketemu mantan pacar? Ternyata Dewa dijadikan pastry chef untuk sementara di restoran mereka, yang bernama Dapoer Ketje.

Harus Profesional, dong!

Hanya sementara? Iyaa. Dewa gak bilang-bilang kalau dia pulang ke Indonesia untuk selamanya. Tujuannya untuk membuka bakery and café sendiri. Sebelum bisnisnya dibuka, dia berbaik hati untuk membantu usaha Lulu.


                                     Naya

Naya enggak menyangka kalau Dewa juga jadi kru restoran. Dia menghadapi dengan lempeng dan judes. Sementara Dewa juga enggak enak hati karena kudu kerja dengan gadis yang diam-diam masih dicintainya.

Mantan yang Lain Datang Lagi

Saat hubungan Dewa dan Naya mulai membaik ehh ada mantan pacar Naya datang ke Palembang. Dia Dipati, artis FTV yang sedang syuting di kota pempek tersebut. Sementara itu, Dewa juga pusing karena mantannya yang bernama Ava nekat datang dari Australia ke Indonesia, dengan alasan mengantarkan undangan pernikahan saudaranya.

Gimana nasib Naya, apa dia kembali lagi ke Jakarta dan menerima cinta Dipati lagi? Atau dia tetap stay di Palembang tetapi cemburu dengan keberadaan Ava yang ngintil Dewa melulu. Baca sendiri ahh, gak mau spoiler.

LDR Doesn’t Work?

Lagi-lagi di buku ini diperlihatkan kalau LDR doesn’t work at all. Karena kesibukan Dewa yang kuliah sembari bereksperimen di dapur. Sementara Naya juga kuliah, lalu setelah lulus merantau ke Jakarta.

                                      Dewa

Uhm, IMHO, LDR yang bisa dilakukan hanya setelah pernikahan. Gitu gak sih? What do you think?

Semua Harus Dibicarakan


                                                        Elsa Puspita

Salah satu pelajaran yang ada di novel Deessert adalah: semua harus dibicarakan. Dulu Naya dan Dewa putus dengan tidak baik-baik. Dewa terlalu sibuk sehingga Naya merasa ditinggalkan dan di-ghosting. Sementara Dewa kaget karena tiba-tiba Naya sudah punya kekasih lagi, saat dia diam-diam libur kuliah dan pulang ke Indonesia.

Setting Palembang



Yang daku suka dari novel Deessert adalah penggambaran setting Palembang yang cukup, gak sekadar tempelan. Jadi pas baca buku ini langsung keingat beberapa teman blogger yang ada di sana. Halo Mas Yayan, Koh Deddy, siapa lagi ya?

Formula Comedy Romance

Sejak bagian pertengahan buku sebenarnya sudah ketebak sih alur dan ending-nya. Tapi tidak apa-apa. Untuk novel komedi-romantis memang sudah ada formula patennya, ya?

Penggambaran Makanan yang Menggiurkan



Satu hal lagi yang daku suka dari novel Deessert adalah penggambaran makanan yang bagus bangettt. Berasa nyata membayangkan berbagai kreasi Dewa, mulai dari kue labu (pumpkin cake) sampai coklat berbentuk bawang. Cemanaa rasanyaa. Gimana, dikau udah lapar ehh udah pengen baca buku ini?

13 komentar:

  1. Eh, kok menariiiik 😍😍😍. Jadi buku ini ada gambarnya juga ya mba.. naah aku suka kalo iya. Jadi bisa ngebayangin bgt seperti apa yg diceritakan dlm buku

    Jadi pengen download ijak. Berbayar ga?

    Berhubung aku ada background kelam Ama LDR, dan pas nikah yg pertama dulu, jadi aku ttp ga mau sih LDR nikah apalagi pacaran hahahah. Memang akunya yg ga cocok LDR mba..pas pacaran pernah, dan berakhir putus. Pas nikah juga, berakhir cerai.

    So sudahlaah. Ga usah lagi. Untungnya Raka sendiri udh komit, kalo sampe dia dikirim ke kota lain atau negara lain, dia mau keluarga ikut. Krn dia juga bukan tipe percaya LDR.

    BalasHapus
  2. Wah kebetulan aku lagi nulis novel setting Palembang, kudu baca nih untuk mempelajari penggambaran settingnya.. sinopsisnya menarik yaa ketemu mantan duh duh kebayang deh deg degannya

    BalasHapus
  3. Menarik banget sih buku Deessert ini, sungguh perpaduan romance dan comedy yang balance yaa.. Apalagi ada proses pembuata kue-kue gitu, daku tertarik banget mau baca buku nya. Suka deh sama karakter Naya dan Dewa..LDR emang susah susah gampang. Komunikasi juga jadi rada terhambat kalau perbedaan negara gini, jadi kepo kelanjutannya. Hrhehhee auto cek Ijak akh.

    BalasHapus
  4. Menurut saya kalau sudah menikah, lebih berat lagi LDR karena adanya hak dan kewajiban yang baru ada setelah menikah dan butuh keluasan dan kelapangan hati kedua belah pihak untuk berkomunikasi dan berkomitmen terkait hal ini ... sebagian orang tak mudah melaksanakannya padahal sudah tahu konsekuensinya di awal. Nah, kalau dalam kisah ini, mereka belum menikah jadi, lebih mudah penyelesaiannya ... masalahnya adalah bibit2 perasaan yang belum hilang .... begitu ya? :)

    BalasHapus
  5. Wahhh ceritanya sederhana konsepnya, yaitu clbk ya. Tapi mantan emang serumit itu sih kisahnya dan kadang masih ada sisa rasa. Aku jadi penasaran mau baca full kisahnya

    BalasHapus
  6. mbakkk, kemarin buku datang ke nikahan mantan, sekarang makan kue buatan mantan, aku kudu piye hahaha
    kalau aku disuruh makan kue buatan mantan, oke oke aja, datang ke nikahan mantan berani, berarti makan kue juga bisa hahaha, selama kuenya nggak ditambah formula yang aneh-aneh pokoknya

    jadi ga ada spoilernya nih mbak #ngarep
    dan akhirnya sesama mantan, muterr ketemu mantan dan mantannya, aduh aduhh, pusing pasti naya.
    mungkin kalau aku jadi naya, balik ke jakarta aja kali ya, tapi juga belum tentu nerima cinta nya dipati, bingung dah

    BalasHapus
  7. Sebuah cerita yang amat menarik karena bisa menjadikan dessert atau makanan penutup sebagai inspirasi dari kisah ini. sesuatu hal yang tidak saya duga bisa menjadi cerita yang seru dan juga bisa relate kepada banyak orang. seru juga nih buat dibaca

    BalasHapus
  8. Yah yah koq ngga disepoil sekalian disini sii mbak Avii, pan jadi penasaran alur ceritanya..wkwk
    Itu cerita pada reuni mantan apa gimana yak, koq para mantan pada kimpul kimpul.
    Timbang penasaran tak cari dulu ah bukunya.
    Thanks for sharing mbak Avi ^^

    BalasHapus
  9. Wah, cerita tentang mantan emang nggak ada habisnya ya mbak
    Makan dessert buatan mantan ya gpp selama emang mantannya jualan kue
    Klo tiba-tiba dikasih, saya sih ogah haha
    Aku jadi pengen download ijak nih

    BalasHapus
  10. Hihi ceritanya serba ketemu Mantan ya, kira2 Naya bakal balik dengan mantannya lagi gak? Mantan yang mana? Dipati atau Dewa. Sepertinya ceritanya seru ini, apalagi temanya juga mengangkat kuliner or dessert gitu dengan penggambaran yang bagus.

    BalasHapus
  11. penasaran sama buku novelnya pengen baca bun, akrena kebetulan saya sedang suka belajar tentang makanan dan baca ini apalagi penggambaran soal makanan berupa kue itu bagus banget, auto cair novelnya

    BalasHapus
  12. Uda kebayang nih.. novel Deessert melalui judulnya.
    Persis kaya "Madre"nya Dee yaah..
    Penggambaran makanan melalui kekayaan makna kata ini unik menurutku. Sehingga buku novel Deessert bisa dinikmati gak hanya dari segi karakter per-karakter tetapi juga setting serta pengalaman "rasa" tanpa harus menghadap sendiri ke makanan yang digambarkan.

    BalasHapus