Selasa, 20 Februari 2024

Tuhan, Mengapa Anakku Berbeda?

 M. Saladin Al-Ayyubi. Anak yang kulahirkan di akhir tahun 2012. Seorang putra yang kudamba setelah

 sebelumnya daku keguguran. Dia  ditunggu oleh banyak orang, terutama kakek dan neneknya. Ya,

 Saladin adalah cucu pertama di keluargaku.



Namun ketika dia beranjak besar, ada lubang besar di dada. Ketika Saladin divonis speech delay. Plus dia juga super aktif (dan pernah diduga autism walau ternyata bukan).

Masa kecil Saladin baginya sangat menyenangkan. Berlari di lapangan, memanjat pohon lalu meluncur turun. Naik lemari, nyebrang jalan sendiri. Enggak ada takut-takutnya.



Akan tetapi bundanya yang sport jantung melihat tingkahnya. Bagaimana bisa anak berusia 2 tahun dengan tenang nangkring di atas lemari? Saladin saat manjat pohon malah diteriakin oleh tetangga sehingga daku juga stress, dan sempat menarik diri dari pergaulan.

Balada Memiliki Anak yang Berbeda

Ketika Saladin jadi anak yang berbeda, yang telat ngomongnya, bahkan pernah dikira bisu, bagaimana perasaanku? Hancur tentu saja. Bukannya membandingkan dengan anak lain. Namun pandangan-pandangan negatif itu yang menusuk hati dan membuatku diam-diam menangis.



Saat itu daku stress bahkan hampir depresi. Padahal Saladin tidak kurang suatu apapun. Tidak ada disabilitas di fisiknya. Hanya saja memang dia kurang bisa mengontrol gerakannya dan punya keterlambatan skill bicara.

Penerimaan dan Pengasuhan yang Tepat

Ketika sudah bisa menata hati maka jawabannya adalah penerimaan. Ketika ada penyangkalan maka tidak akan ada solusi. Saladin adalah anak yang berbeda. Akan tetapi bukan berarti dia tidak bisa diajari.



Dengan pola asuh yang tepat maka daku optimis Saladin bisa berkembang dengan baik. Modalnya apa? Kesabaran dan ketelatenan. Juga stimulasi terus-menerus agar dia bisa mengendalikan diri.

Parenting Memang Harus Sabar

Memang ya modal besar pengasuhan adalah kesabaran. Jangan emosi duluu. Sabar ketika anak memanjat (tidak teriak-teriak). Sabar ketika anak mendorong-dorong kursi, menjungkalkan sofa lalu dienjot-enjot.



Ingatlah bahwa masa anak-anak hanya sebentar. Mereka pasti ada fase yang bikin ortunya mumet. Namun pasti akan berlalu. Jika orang tua tenang dan sabar maka anak-anak anak gampang diajari dan lama-lama paham peraturan.

Cari Solusi dari Para Ahli

Akan tetapi bukan berarti Saladin dibiarkan begitu saja. Wajib ada solusi yang terjadi setelah konsultasi dengan para ahli: konselor keluarga, psikolog, dan dokter anak.



Misalnya jika Saladin punya keterlambatan bicara maka solusinya adalah terapi wicara. Dia juga wajib puasa gadget agar lebih fokus. Saladin juga dijari terus dengan cara bermain sambil belajar.

Saladin yang Sekarang

Lalu bagaimana keadaan Saladin sekarang? Dia sekarang udah pre teen. Alhamdulillah udah bisa bicara di usia nyaris 4 tahun. Dia sudah cukup bisa mengendalikan diri dan mau dinasehati baik oleh orang tua, guru, maupun kakek dan neneknya.



Sekarang Saladin sudah bisa membaca beberapa aksara mulai dari huruf Arab, Rusia, Jepang dan China serta Korea sedikit-sedikit. Dia juga suka main catur dan belajar coding. Si bocah juga senang belajar desain grafis. Sepertinya selain kinestatik dia juga anak visual.



Setelah hujan pasti ada pelangi. Tak perlu menangis terus-menerus saat punya anak istimewa. Namun segeralah konsultasi ke dokter anak atau psikolog untuk mendapatkan solusi yang tepat. Seperti Saladin, akhirnya ia menemukan bakat dan minatnya dan tak lagi mendapatkan julukan anak nakal.

Pesanku, jangan menyalahkan keadaan apalagi menyalahkan diri sendiri. Tetaplah mengasuh dengan penuh kasih-sayang. Peluk dan cium anak-anak, kalau bukan orang tua yang menyayangi, siapa lagi?

 

18 komentar:

  1. Yashhh tiap anak pasti bawa tantangan masing² untuk ortu. It's okaayy, ini bagian "tugas" untuk kita semua. Yg penting ikhlas, ridho dan ga perlu pikirkan suara² sumbang. Semangaattttt❤️💪

    BalasHapus
  2. Masya Allah, saya pernah ikutan kelas parenting yang bilang kalau anak belum ngomong itu bisa jadi dia sedang mengumpulkan kosakata di dalam otaknya. Kosakata yang dipelajari dari lingkungan sekitarnya, saat fase ledakan bahasa, baru semua kosakata itu keluar. Semoga Saladin jadi anak yang sholeh dan cerdas, berkat ayah bundanya yang sabaaarr mendidik :)

    BalasHapus
  3. Mengharukan. Selama ini baca cerita tentang Saladin, aku baru ngeh ternyata Saladin pernah melalui masa-masa yang cukup berat dalam pengobatan. Salut juga buat Mbak Avi dan keluarga besar yang bahu membahu, saling menguatkan demi merawat dan membesarkan saladin.

    Sekarang alhamdulillah udah makin sehat, ngomong juga udah lancar (sama kayak anak sepupuku, speech delay, eh sekarang ceriwis dan pintar banget, ganteng pula kayak Saladin hehe).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mas, memang Saladin gak bisa 'dipegang' oleh orang lain. Dulu daku pernah nolak tawaran kuliah lagi soalnya fokus mendidik diaa, orang lain gak ada yg kuat soalnya.

      Hapus
  4. sepertinya setiap anak mempunyai karakter sifat dan kemampuan masing2..
    siapa sangka di balik kelincahannya, keterlambatannya dalam bicara ternyata menyimpan banyak bakat yang tidak diduga ;)
    dengan penanganan yang baik dari orangtua maka setiap anak bisa berkembang semakin maksimal

    BalasHapus
  5. Setuju...memberikan yang terbaik untuk anak adalah salah satu langkah yg tepat terbukti kini salahudin sdh banyak kemajuan... Jadi sebagai ortu kita tetap harus optimistis dan berusaha untuk si anak

    BalasHapus
  6. Aku bacanya sungguh mengharukannn Mba... Terimakasih sudah berbagi. Doaku yang terbaik untuk Dek Saladin semoga dalam tumbuh kembangnya selalu diwarnai dengan kebahagiaan dan keceriaan. Siapa tahu nanti pas sudah besar bisa jadi orang Jenius... Aminn 😁

    Aku belum ngerasain kehidupan as Suami, belum juga ngerasain kehidupan as Ayah. Tapi aku suka baca cerita teman blog soal Parenting... Bikin hati hangat soalnyaa...😚

    BalasHapus
  7. Memiliki anak yang berbeda memang lebih Challenging ya mbak
    Tetapi alhamdulillah ya, sekarang saladin makin pinter ya
    Semua ini tentu atas kesabaran bundanya dalam mendampingi setiap tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  8. Salut sama Bunda Saladin. Tiap anak memang punya kelebihan dan kekurangan. Setiap tantangan mesti dihadapi dan dicarikan solusinya. Semoga Saladin bisa bertumbuh kembang sesuai harapan Bunda nanti

    BalasHapus
  9. Salam hormat buat bunda nya Saladin yang super keren. Pada akhirnya penerimaan merupakan sebuah kebijaksanaan dari orangtua terhadap anak. Masya Allah, momen yang penuh kesedihan kini berganti menjadi rasa bangga dan haru ya mba. Melihat perkembangan Saladin yang semakin wah, bikin takjub. Terima kasih sudah mengingatkan untuk jangan ragu ajak anak ke ahli, supaya mendapatkan solusi yang lebih tepat dan akurat. Kesabaran dan ketelatenan menjadi 2 hal berarti dalam proses pengasuhan ❤

    BalasHapus
  10. karena setiap anak unik dan diciptakan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Memang orang tua kudu sabar dan terus berusaha tak lupa menyerahkan kepada yang ahli untuk memberikan saran terbaik supaya kita sebagai orang tua bisa menjalankan dengan lebih terarah dan terus bersemangat

    BalasHapus
  11. kalau membaca atau mendengar cerita temen-temen mengenai anaknya yang katanya speech delay atau "berbeda" dengan anak-anak yang lain, bikin terharu sama perjuangan orang tuanya yang nggak kenal lelah buat melatih, mengajar pelan-pelan si anak.
    Biasanya kalau masih kecil, anak-anak susah dikontrol ya mbak. Adik aku yang cowok, waktu masih balita, aktif lari larian kesana kemari, bahkan pernah hampir ke jalan raya waktu di Malang dulu. Otomatis was-was yang ngejar

    sekarang udah gede, malah biasa aja anaknya, anteng yang kayak males malesan kalau lagi ga mood

    BalasHapus
  12. Saladin hebat.
    MashaAllaa~

    Memang dengan kesabaran orangtua, semoga membuahkan hasil yang manis untuk generasi anak-anak yang bahagia dan cerdas.
    Cerdas bukan hanya akademik tapi juga kemampuan bersosialisasinya yang menjadi anak mudah dicintai lingkungannya dan selalu membawa kedamaian.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah Saladin tumbuh jadi anak yang cerdas dan sehat, berkat ketelatenan dan kesabaran orang tuanya terutama Bunda Saladin nih, you did a great job dear! Sehat selalu sekeluarga yaa

    BalasHapus
  14. dari Bunda Saladin saya jai banyak belajar tentang parenting, mengetahui keunikan anak-anak, dan lainnya, termasuk bagaimana menerima anak yang berbeda atau tidak umum dengan orang lain, dan melihat Saladin ini anak yang unik bun, kecerdasannya di atas rata-rata kalau baca cerita-cerita di tulisan Mba ini

    BalasHapus
  15. Sehat selalu untuk bunda dan Saladin. Kebetulan saya juga punya anak spesial. Di awal sangat menguras mental saya. Tapi seiring waktu, ikhlas dan berusaha sebaik mungkin adalah jalan terbaik.

    BalasHapus