Jumat, 23 Februari 2024

8 Cara Mengajari Anak agar Suka Belajar

 Anak belajar? Boro-boro! Ngerjain PR aja pake acara nangis atau ngambek. Kalau ditawari les privat

 atau belajar di bimbel, eh anaknya mecucu. Yaah gimana ini? Pasti ibu-ibu juga pusing karena anaknya

 belum suka belajar atau merasa sekolah adalah beban. Lantas kita langsung mencari cara mengajari anak agar suka belajar.

Tenang dulu. Sebenarnya bisa kok anak-anak dimotivasi agar suka belajar dan semangat sekolah dengan cara-cara ini:

Stimulasi Sejak Awal

Kapan masa stimulasi anak agar mereka suka belajar? Jawabannya adalah sejak masa kehamilan. Heeh? Seriuuus lho. Sejak awal hamil Saladin daku demen banget baca buku. Apalagi pas masa bedrest, bisa baca puluhan ebook dalam sebulan.



Hasilnya? Saladin Alhamdulillah bisa baca di usia 4 tahun dan di usia 11 tahun dia bisa bahasa inggris dengan lancar. Dia juga antusias belajar apa saja, mulai dari main catur sampai sejarah. Jangan lupa kalau 1.000 hari pertama anak itu penting banget dan dimulai sejak ia dalam kandungan, jadi stimulasi juga penting.



BTW ada juga yang memberi tahu cara mengajari anak agar suka belajar dengan cara mengerjakan soal-soal matematika, saat ia hamil. Jadi bumil jangan males-malesan, eaa. Baca buku, ngerjain soal (yang gampang aja dulu), isi TTS, itu bisa jadi stimulasi lho.

Belajar Sambil Bermain

Kalau ibu-ibu sudah kadung melahirkan dan membesarkan anak, gimana? Tenang, tidak ada kata terlambat dalam stimulasi. Anak bisa dimotivasi untuk mencintai ilmu pengetahuan dengan cara belajar sambil bermain.



Contohnya saat di dapur ya. Anak-anak bisa diajak untuk bikin kue lalu diajari menakar tepung terigu, otomatis mereka belajar gramasi, satuan (gram, kilogram, dll). Ketika kue sudah jadi juga bisa dipotong lalu sekaligus belajar pecahan, setengah, seperempat, dll.

Read: Belajar Bertanggungjawab

Sediakan Buku dan Fasilitas Lain



Bagaimana anak bisa baca buku dan suka belajar kalau di rumahnya tidak ada buku kecuali buku pelajaran dan LKS? Sebagai orang tua kudu modal, dong! Jadi walau belum ada perpustakaan pribadi di rumah, anak-anak kalau bisa dibelikan buku bacaan, novel, majalah anak-anak, dll. Jika budget agak mepet bisa dibelikan yang bekas, yang penting masih bisa dibaca.

Sering Dibacakan Buku



Cara mengajari anak agar suka belajar juga bisa dengan metode membacakan buku. Saat udah ada buku-buku di rumah, bacakan dengan suara keras. Biasanya anak tertarik melihat gambarnya dulu. Nanti lama-lama dia akan tertarik membaca sendiri.

Sediakan Juga Fasilitas Pendukung Lain



Fasilitas lain juga sebaiknya ada ya misalnya mainan edukasi dan gadget. Mainan edukasi juga bisa dibuat sendiri dengan bermodal browsing. Sedangkan gadget bisa dipakai anak untuk belajar mengetik, mendesain, dll. Asaal dibatasi waktunya. Ingat ya, belajar tidak harus pakai buku.

Memilihkan Sekolah yang Tepat

Mengapa anak stress dan tidak suka belajar? Bisa jadi karena dia kena tekanan di sekolah. Sudah gurunya galak, banyak PR, tugas-tugas, jam pelajaran sampai hampir senja, sekolahnya jauh, dll.



Jadii jangan pernah asal pilih sekolah dengan alasan di sana banyak murid yang pintar. Namun sesuaikan juga dengan kebutuhan anak. Ada lho sekolah yang jarang sekali memberi PR. Ada juga yang guru-gurunya sabar. Oleh karena itu wajib untuk riset selama beberapa bulan, kalau perlu datang ke sekolahnya (biasanya mereka welcome kok). Tujuannya agar anak tetap senang belajar.

Diberi Contoh, dong!

Gimana anak mau belajar dan baca buku kalau bundanya di rumah malah alay lalu jejogetan? Anak akan mau melakukan sesuatu jika diberi contoh. Misalnya, sang ayah rajin baca koran, sang bunda juga hobi baca buku dan berdiskusi.

Jangan Dimarahi

Saat nilai ulangan anak sedang menurun jangan pernah dimarahi. Namun sebagai orang tua seharusnya evaluasi apa saja penyebabnya dan mencari solusinya. Misalnya dengan mengajak anak untuk belajar di bimbel atau diajari sendiri oleh sang bunda. Semakin anak dimarahi dan ditekan maka semakin ia membenci pelajaran sekolah.



Nahh, sudah cukup banyak kan cara mengajari anak agar suka belajar. Intinya, sebagai orang tua kita tuh wajib memberikan lingkungan yang kondusif dengan membelikan buku serta mainan edukasi. Anak-anak juga wajib diberi contoh bahwa belajar adalah tugas sepanjang hayat jadi mari baca buku bersama-sama.

 

30 komentar:

  1. Nah mengajari anak belajar ini tricky ya. Gimana caranya supaya serius tapi tetep harus memperhatikan kenyamanan anak juga. Soalnya dulu pernah terlalu serius akhirnya pusing. Ga ada Fun nya

    BalasHapus
  2. Setuju sama Mas Arief kalau mengajari anak adalah sesuatu yang tricky. Meskipun aku belum pernah berurusan sama belajar bersama anak-anak yang masih kecil, tapi emng penting banget buat nemuin metode belajar yang mereka sukaa... sehingga si Anak tetap mau belajar dengan cara menyenangkan...

    Terimakasih Mbaaa buat tulisannya.. 🥰

    BalasHapus
  3. Ternyata suka belajar bisa dilakukan sejak dari kehamilan yaa..berarti masa2 kehamilan juga bisa menentukan kepribadian anak kedepannya nanti..hebatt harus bener2 belajar banyak ini biar anak juga hobi belajar nantinya..
    Dan belajar juga tdk harus lewat bangku sekolah karena sebagai orangtua kita juga bisa mengajari anak secara tdk langsung lewat hal-hal kecil sehari2

    BalasHapus
  4. Selalu dapat ilmu parenting baru kalau baca artikelnya bunda Saladin. Mengajari anak memang ga gampang ya mba pastinya butuh kesabaran dan ilmu supaya kita cara mengajar kita juga tepat dan membuat anak menjadi termotivasi bukan malah sebaliknya, jadi kalau anak belum bisa-bisa itu ga boleh dimarahin

    BalasHapus
  5. Peran orangtua sangat besar pengaruhnya bagi kemajuan anak2 ya. Karena anak cepat meniru, maka sbg orang tua harus dpt jadi contoh bagi anak. Memang benar sih, saya suka baca krn kedua ortu pun demikian. Kl belajar, memang keduanya jg berperan mendampingi sehingga ada kemauan belajar. Selalu semangat ya bu. Semoga Saladin dpt terus membanggakan orangtuanya.

    BalasHapus
  6. Fakta yang sangat menarik 1.000 hari pertama kehamilan, menjadi sebuah penentu juga ya terkait kebiasaan dan kepribadian anak terutama terkait minat belajar. Reminder banget nih, bismillah pas nanti hamil semoga suka dan giat baca buku serta belajar ilmu-ilmu menarik, intinya tetap aktif serta kreatif.
    Perkembangan Saladin dalam belajar memang the best, salut sama mba yang beneran memaksimalkan 1.000 hari pertama kehamilan. Serta sepakat sama motto, belajar itu tugas kita sepanjang hayat.. Semangattt

    BalasHapus
  7. Keren banget Saladin sudah pintar membaca dan jago bahasa Inggris di usia belia berkat didikan ayah dan bundanya yang telaten sejak kandungan mendidik Saladin

    BalasHapus
  8. Belajar sesuai dengan usianya ini bisa bikin anak tetap menikmati masa pertumbuhannya dengan maksimal. Karena ada anak yang terpaksa menjadi "Suka belajar" karena tekanan keluarga.

    Semoga anak-anak punya kesadaran belajar karena ilmu Allah itu Maha Luas dan pastinya semua bisa membuka labirin-labirin misteri sehingga menjadikan mereka orang-orang yang sabar dan bijak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woww Teh Lendy diksinya cakep banget, sukaaa.

      Hapus
  9. kudu panjang sabar untuk anak supaya bisa belajar dengan baik yah. Sebagai orang tua emang perlu mengarahkan dn juga menginformasikan dengan benar. Menjaga semangat anak untuk belajar juga penting banget sih menurutku. biar tetap berjaya dalam belajar

    BalasHapus
  10. Biasanya belajar memang bukah aktivitas yang gampang disukai anak. Harus ada stimulusnya. Cuma memang nggak mudah. Tapi emang perlu dicoba sih.

    BalasHapus
  11. kalo adekku tipe yang harus ditemenin kalo belajar. asli ternyata capeeek bangeeettt hahaha. mana aku orangnya nggak sabaran pula hehe.

    BalasHapus
  12. Saya perhatikan, anak-anak sekarang itu kalau belajar dan mengerjakan PR kayak terbebani. Padahal kan tugas mereka. Terus minat baca juga menurun. Makanya harus peran besar orang tua ya, Mbak. Karena bisa terbentuk dari maka kehamilan. contohnya saladin, umur 11 tahun rajin belajar dan suka membaca. jadi lancar berbahasa Inggris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mas, anak sekarang lebih suka main game di HP.

      Hapus
  13. Thanks remindernya. Semoga sy ttp semangat nih. Kdg kalau anak minta dibacain buku udah lemah lunglai ngantuk :D

    BalasHapus
  14. Nyuruh anak-anak buat belajar itu memang gampang-gampang susah, ya. Tapi memang kalau dibiasakan sedari awal, bahkan semenjak dalam kandungan, itu bisa menstimulasi anak buat belajar juga dan yang tak kalah penting adalah role model dari kita sebagai orang tua, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mas, ortu juga wajib stimulasi, jangan nyuruh doang.

      Hapus
  15. Wah, betul sekali! Saya juga punya adik yang awalnya males banget belajar, tapi setelah dimotivasi dengan berbagai cara seperti belajar sambil bermain dan diberi contoh yang baik, sekarang jadi semangat belajar. Memang, sebagai orang tua, memberikan lingkungan yang kondusif dan mendukung itu kunci utamanya. Semoga semua anak bisa tumbuh dengan semangat belajar yang membara ya! 📚💡

    BalasHapus
  16. Saat lihat nilai anak saya cukup pada mata pelajaran tertentu, saya semangati dia dengan capaian dia di pelajaran lain yang beberapa nyaris sempurna, bahkan ada yang sempurna.
    Paling penting memang orang tua harus mengerti kondisi anak, dan menjadi supporting system

    BalasHapus
  17. mengajari anak belajar bagi orang tua memang butuh kesabaran dan sedikit trik yang jitu agar anak nyaman saat belajar. jadi orang tua harus mengerti kondisi anak.

    BalasHapus
  18. Weeh mantap Saladin. Kereeen! Tinggal kembangin potensi sama hobinyaa ya mba :)) Semangat

    BalasHapus
  19. Anak-anak ini beneran bertumbuh sesuai dengan zamannya yaa..
    Zamanku dulu godaannya diajak main ama teman ((dipanggil-panggil)). Kalau anak skarang, godaan mabar. Ya Allaah...

    Tapi tetep harus diajarkan yang namanya tanggungjawab.
    Prioritaskan apa yang menjadi tanggungjawab mereka ketika memasuki usia sekolah.

    Suka banget tipsnya, ka Avi.
    Jadi orangtua kudu sadar diri banget kalo anak adalah fotokopi terbaik kedua orangtuanya.

    BalasHapus
  20. Waahhh ternyata cukup banyak yaa cara membuat kebiasaan baik untuk anak suka belajar, boleh nih diterapin beberapa tips ini kalau sudah punya anak atau kepada siapa saja yang masih anak-anak

    BalasHapus
  21. Itu juga kalau kebiasaan belajar itu memang harus distimulasi sejak kecil supaya kebiasaan tersebut terbawa hingga dewasa. Oh iya ternyata salah Dan juga dikasih dukungan media yang menarik buat belajar. Aku juga setuju kalau misalkan nilai ulangan anak kurang bagus tuh nggak usah dimarahin

    BalasHapus
  22. Setiap orang tua pasti pengen anaknya suka belajar
    Makanya emang harus sabar ya
    Anak harus distimulasi agar suka belajar sejak kecil

    BalasHapus