Jumat, 16 Februari 2024

Cara Melatih Kesabaran Anak dengan Metode yang Menyenangkan

 Sabar dong, sayang! Siapa nih yang sedang mencari cara melatih kesabaran anak? Namanya bocah cilik ya ada fase marah, merengek-rengek, atau mecucu. Lantas orang tua bertugas agar mengarahkan mereka agar belajar sabar.



Bayangkan saja ketika anak tidak pernah belajar bersabar. Pertama, dia akan jadi tukang ngambek, mutungan, dan bahaya karena bisa terbawa sampai dewasa. Kedua, jika kadar sabarnya hanya sedikit maka anak akan tumbuh jadi orang yang mudah terbawa emosi alias senggol bacok.

Oleh karena itu wajib banget untuk mengajari anak-anak untuk belajar sabar. Gimana caranya? Ini nihhh:

Makan Pakai Sumpit

Apa hubungannya antara sumpit dengan sabar? Ehh jangan diremehkan. Belajar makan pakai sumpit itu termasuk melatih motorik halus anak. Saat anak sudah mahir pakai sumpit maka pelan-pelan ia akan bersabar, makan pelan-pelan, dan tidak mudah ngamuk.

                                 Source: Pixabay

Kalau bunda ingin mempraktikkan cara melatih kesabaran anak dengan melatih makan pakai sumpit maka hidangkan makanan yang mudah dicapit, misalnya mie goreng. Saat sudah mahir baru latih makan nasi atau makanan lain dengan sumpit. Bisa dilakukan di usia 2 tahun ke atas yaa.

Belajar Origami

Siapa suka melipat kertas jadi bentuk perahu, layangan, dll? Ternyata belajar origami juga jadi salah satu cara melatih kesabaran anak. Seru lho, dan kertasnya juga murah kan?

                                   Source: Pixabay

Kalau memang susah mendapatkan bentuk-bentuk tertentu, tinggal lihat saja di internet. Ada banyak gambar atau video tutorialnya. Anak akan senang bikin origami sambil melatih untuk bersabar.

Toilet Training Tepat Waktu

Ternyata kalau toilet training tepat waktu (di usia 2 tahunan) juga berpengaruh ke kesabaran anak. Waktu itu daku pernah konsultasi ke seorang konselor keluarga. Kata beliau, anak-anak yang bisa nahan pee dan mengendalikan keinginannya serta langsung ke toilet, maka bisa menahan diri dan lebih sabar.

                              Source: Pixabay

Diberi Contoh

Gimana anak bisa sabar kalau ayah atau bundanya ngamukan? Namanya orang tua kudu walk the talk dong. Jangan menuntut anak untuk bisa sabar kalau ibunya tukang ngambek. Ingat kan kalau anak-anak adalah peniru ulung? Mau niru siapa lagi kalau bukan copas perlakuan orang tuanya?

Tidak Segera Mengabulkan Keinginannya (Situasional)

Ada tuh anak yang dimanjakan secara berlebihan. Kalau dia menangis, langsung dibawa ke minimarket lalu dijajanin. Saat dia ngambek maka keinginannya akan dikabulkan saat itu juga.



Kondisi ini enggak baik ya karena sama saja anak tidak diajari untuk bersabar. Menahan keinginan itu perlu agar dia mengerti bagaimana membedakan antara kebutuhan dan nafsu belaka. Walau orang tua punya uang tetapi anak kudu belajar, kapan saatnya membeli, kapan waktunya menabung.

Jadi, cara melatih kesabaran anak sebenarnya tidak terlalu susah. Yang penting orang tua harus konsisten agar anak tetap bisa kontrol emosi. Ayah dan bunda juga kudu sabar ya dalam mengasuh dan memberi contoh. Yuk cari latihan-latihan lain untuk stimulasi motorik halus anak, agar dia lebih sabar dan jadi orang dewasa yang tenang.

19 komentar:

  1. Anak-anakku bisa makan pakai sumpit, gegara maknya yang lebay, sejak kecil biasakan pakai sumpit hahaha.
    Kalau masalah sabar, anak-anak bisa, tapi ga rela, lebih ke mengalah dari maknya wakakakak.
    emang luar biasa sih mengajari anak sabar, karena maknya sendiri emang nggak sabaran hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang wajib dilatih, soalnya ada lho yg udh dewasa ga bisa pake sumpit. Akibatnya pas makan di chinese/japanese resto bingung ga bisa sumpitan, untung bisa pinjam sendok.

      Hapus
  2. Betuuuullll bgt mbaaa
    mengajarkan sabar pd anak memang PR yg luarrrr biasaaaa
    apalagiii anak tunggal, kyk anakku juga 🤣😇 Bismillah...ALLAH mudahkan dam ridhoi usaha kitaaaaa

    BalasHapus
  3. wahhh ternyata menggunakan sumpit salah satu cara melatih kesabaran tohhh..apa kabar saya yang baru mulai bisa menggunakan sumpit di usia2 dewasa hehehehe...
    anak memang bener2 peniru ulung sepertinya klo mau anaknya bersabar harus orangtua juga memberi contoh padahal biasanya orang tua kadang suka emosi ke anak secara gak sengaja yaa hihihi

    BalasHapus
  4. Tidak mudah mengajarkan soal kesabaran kepada anak-anak, karena mereka memang masih proses menjadi seorang manusia yang utuh dan masih diperkenankan untuk tidak menjadi sempurna. Memang perlu ada proses yang konsisten untuk mengajari sabar kepada mereka. Selain itu menjadi pelajaran juga untuk menjadi sabar bagi orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa Bang Aip. Ortunya kudu belajar sabar dulu.

      Hapus
  5. sumpit dan hubungannya dengan sabar, aku setuju hahaha
    aku sendiri awal-awal make sumpit agak gak sabaran gitu, sampe sekarang bahkan, kalau makan yang pake sumpit, mending aku minta sendok aja biar cepet
    tapi kalau udah dari kecil biasa pake sumpit, gedenya bakalan biasa biasa aja

    lingkungan keluarga ini ibaratnya sekolah dasar buat si anak dirumah, apa yang dilihat atau diucapkan sama ortu bisa ditiru anak, dan aku setuju banget, karena aku sering liat contohnya di dunia nyata

    BalasHapus
  6. wah aku baru tahu belajar makan dengan sumpit termasuk salah satu cara untuk belajar kesabaran. Aku gak inget sih kapan mulai belajar makan dengan sumpit, tapi pastinya belajar sendiri dengan teman-teman saat jajan bareng. Mungkin tanpa sadar disitu jadi belajar sabar untuk tetap belajar hingga bisa ya. Semangat ya bunda dalam mendidik anak belajar sabar

    BalasHapus
  7. Setuju nih terkait belajar makan pakai sumpit, memang ampuh melatih kesabaran selain itu melatih ketelatenan anak juga. Saat ini kebetulan aku sedang mengajarkan keponakan membuat origami buat melatih kesabaran serta kreatifitasnya. Toilet trainning juga sangat ampuh ya, makasih banyak sharing nya sangat insightfull. Semangat membersamai serta mendidik anak dengan sepenuh hati serta pengetahuan yang mumpuni, supaya peranan kita optimal😇

    BalasHapus
  8. Ternyata latihan makan pakai sumpit termasuk mengasah kesabaran anak ya. Saya lupa belajar pakai sumpit di usia berapa, kayaknya pas udah gede gitu, jadi sekarang anak saya usia 5 tahun belum bisa juga makan pakai sumpit, belum pernah diajarin. Boleh juga nih dicoba caranya. Hehe..

    Melipat origami saya juga nggak jago. Anak saya suka sih minta bebikinan sesuatu dari origami, tapi justru sayanya yang nggak sabar. Hahaha.. Gawat kalo sampai jadi contoh ya :'D

    BalasHapus
  9. Setuju banget deh kesabaran anak harus dilatih sejak dini, mau menunggu, tidak memaksakan keinginannya harus selalu dituruti terus ya..pakai sumpit memang melatih kesabaran hihihi

    BalasHapus
  10. Paling challange saat anak2 polahnya bikin ehem tapi dituntut untuk sabar, karena tidak ada lebih baik sebuah ajaran buat anak selain menjadi teladan.

    BalasHapus
  11. semuanya caranya bisa saya terapkan ke keponakan saya niy mba, kebetulan anaknya memang ga sabaran banget kalau ada apa-apa tuh

    BalasHapus
  12. Sabar memang ga semudah diucapkan kata-kata yaa..
    Butuh dilatih dan cara mengelola emosi serta menyalurkan ke hal yang tepat. Semoga dengan sifat kedua orangtuanya yang positif, anak-anak bisa menjadi anak yang sabar, gak grusa-grusu atau tempramen.

    BalasHapus
  13. Iya nih aku mau ajarin Nak pakai sumpit. Tapi sejujurnya aku sendiri ga jago pake sumpit yg benar. Yg posisinya harus sejajar. Aku msh sering silang soalnya. Pengen cari sumpit buat belajar, tp kok ya adanya utk anak2 semua.

    aku ngerasa tuhan itu paham banget dengan semua makhluknya. Aku yg orangnya ga sabaran, ga terlalu suka anak2, tapi diksh 2 anak yg sabaaaar Nerima maminya yg suka meledak tiba2. Sepertinya sih gen papinya yg super sabar turun ke mereka. Walo adik masih sesekali suka meledak, tapi kalo udah berhadapan Ama maminya, dia cendrung ngalah 😅

    BalasHapus
  14. Noted banget nih, mengajari anak untuk sabar itu penting banget agar ia pun lebih bisa mengendalikan emosi. Nah, benar orang tua harus beri contoh lebih dulu, dan emang ya nggak semua kemauan anak harus dituruti. Btw baru tahu kalau TT tepat waktu juga temasaluk salah satu cara buat melatih kesabaran anak.

    BalasHapus
  15. Gud idea banget belajar makan pake sumpit. Iya juga ya itu melatih kesabaran. Ada satu lagi bun, ajakin mengantre sesuatu.. entah di restoran, supermarket.. itu jg melatih kesabaran plus disiplin.

    BalasHapus