Selasa, 27 Februari 2024

Ketika Ibu Sakit

 Pernahkah sakit lalu semuanya berantakan? Yaa siapa sih yang mau sakit? Kalau ibu sakit itu wajar dan manusiawi banget. Karena tidak ada manusia yang tidak pernah sakit kan?

                                         Sumber gambar: Pexels


Nah, untuk mengantisipasi kekacauan yang terjadi saat sakit itu bisa banget lho. Lagi-lagi dengan parenting yang tepat. Saat ibu sakit maka tidak masalah karena anak-anak sudah terlatih untuk mandiri. Begini caranya:


1.  Melatih Anak Cuci Piring Sendiri


Sejak anak usia 5-6 tahun bisa dilatih ya untuk belajar cuci piring sendiri. Biar aman bisa pakai piring / gelas plastik atau melamin dulu. Belajar cuci piring penting banget untuk mengajarkan arti tanggung jawab.





Kalau anak biasa cuci piring sendiri maka tidak ada tumpukan piring kotor saat ibu sakit. Karena semua anggota kelusrga sadar untuk cuci peralatan makannya sendiri. Tentuu termasuk suami. 


2. Mengajarkan Anak Skill Memasak


Anak bisa masak? Tenaang. Yang dimaksud adalah masakan sederhana seperti telur dadar atau mie instan. Bukan yang prosesnya lama seperti rendang atau gudeg.




Kalau ibu sakit, ayah masih kerja atau dinas di luar kota, anaknya gimana? Yaa makanya penting untuk mengajari anak agar bisa masak dan berani menyalakan kompor sendiri. Bisa dimulai sejak ia kelas 3-4 SD ya


Awalnya dengan belajar mematikan kompor dulu. Kalau udah bisa, ajari cara menyalakan kompor. Baru ajari step by step bikin telur dadar atau masakan sederhana lainnya.


Anak laki-laki juga wajib bisa masak. Kemampuan masak tidak ada hubungannya dengan gender. 


3. Beberes? OK dong!


Sekali lagi daku tekankan ya anak memang perlu belajar mandiri sejak kecil. Walau mereka nyapu masih kurang bersih, tidak apa-apa. Yang penting sudah diajari cara membersihkan rumah.




Kalau di rumah ada ART bagaimana? Ya tifak apa-apa. Tetap saja anak diajari cara beberes. Karena pasti ada momen ART mudik kan?


4. Makan Sendiri




Saat ibu sakit maka tidak usah khawatir karena anak bisa makan sendiri. Jadi emang wajib dilatih ya sejak balita. Jangan sampai anak sudah berusia 12 tahun eh minta disuapin. Akibatnya ketika ibu sakit dan badannya lemah, ia bingung sendiri.


5. Merawat Ibu


Anak juga wajib diajari bagaimana cara merawat ibunya. Mulai dari menempelkan kompres ke dahi, mengambilkan obat, membuatkan minuman, dll. Kalau takut menularkan penyakit maka ibu bisa pakai masker ya.


Banyak yang bilang kalau ibu adalah cahaya di dalam rumah. Memang benar karena saat ibu sakit maka kondisi rumah kurang terkondisikan. Tapi bisa diatasi kok dengan mengajari anak-anak kemandirian sedini mungkin.

15 komentar:

  1. Jadi bersyukur banget, Allah kasih diriku sakit tanpa papinya anak-anak di saat yang tepat.
    Di mana si Kakak udah bisa handle banyak hal, termasuk urus adiknya.

    Kadang takjub sih, betapa Allah sebenarnya udah memberikan kita semua kondisi yang pas ya.

    Yang jelas, anak-anak Mandiri itu penting banget sih, karena ketika maknya sakit, siapa yang yang bisa diandalkan selain diri sendiri

    BalasHapus
  2. Iya anak-anak harus dibiasakan mandiri ya sehari-hari jadi tidak bergantung pada kita termasuk dalam situasi darurat seperti mendadak sakit..

    BalasHapus
  3. wahhh bener banget ini kak...anak2 sejak dini memang harus mulai diajarkan mandiri dan bertanggung jawab agar dia tidak kebingungan dan bisa tetap beraktifitas saat orang tua sedang tidak bisa membersamainya

    BalasHapus
  4. Sepakat banget kalau seorang ibu itu cahaya bagi rumah. Sangat terasa memang kalau ibu jatuh sakit. Alhamdulillah nya semakin kesini parenting udah semakin mumpuni dalam mempersiapkan kemandirian anak sejak dini. Inget banget pertama belajar masak nasi, rebus aer, dadar telor pas masih SD kelas 4, di pandu sama ibu-ibu tetangga..karena kebetulan saat itu ibu ku mesti bekerja buat bantu keuangan bapak..Meski begitu, saat melihat Ibu sakit rasanya lebih ke sedih dan khawatir. Semoga saja setiap anak mampu ya buat mandiri sejak dini, semangat.

    BalasHapus
  5. Empat poin pertama itu udah biasa aku lakukan juga sejak kecil. Bahkan sampai sekarang ya jago buat urusan ini ketimbang sodaraku yang lain. Tapi untuk poin no.5 biasanya sodara lebih oke hehe, aku tipe orang yang lempeng dan kurang ekspresif. Kalau merawat orang sakit tuh gak jago ngepukpukin. Agak galak sedikit lebih tepatnya hahahaha

    BalasHapus
  6. Memang kemandirian anak harus dibangun sejak kecil, bukannya tega tapi untuk bekal mereka sendiri sih. Kalau saya sakit, satu rumah rempong, yang susah urusan antar jemput anak sekolah dan nyiapin makan besarnya. Sangat butuh kerjasama dengan suami buat menghandle urusan anak dan rumah tangga.

    BalasHapus
  7. Yup.. Dengan melatih dan belajar mandiri sejak dini jadi anak terbiasa dgn sendirinya dan merawat ibunya dgn penuh cinta

    BalasHapus
  8. Wah memang ketika ibu rumah tangga sakit, rasanya gimanaa gitu ... dan semuanya akan aman-aman saja jika sudah terantisipasi pada anak2 yang sudah disiapkan untuk mandiri seperti dalam tulisan ini ... masya Allah.

    BalasHapus
  9. setujuuuu ❤️. Sekarang ini Fylly sih yg udah mulai bisa masak yg gampang, dan cuci piring. Nanti kalo adiknya udah kls 3 atau bdnnya udh tinggian dikit, baru aku ajarin juga mba.

    Walopun cowo, ttp harus tahu basic kerjaan. Krn suatu saat pun mereka akan sekolah jauh kan.jadi pasti harus mengurus semuanya sendiri

    BalasHapus
  10. sama kayak adikku yang diajari untuk bisa mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, dari mulai nyuci piring kotor, nyuci pakaian, minimal nyapu
    cuman kalau anak cowok terutama adikku ini emang agak males, nunggu disuruh dulu gitu buat menjalankan aksinya

    BalasHapus
  11. Sebagai manusia pasti ada masanya seorang Ibu sakit. Nah Memang anggota keluarga yang lain harus siap menjalankan pekerjaan rumah. Karena hidup terus berjalan dan sang ibu harus segera sembuh

    BalasHapus
  12. Ketika ibu sakit maka anak pun harus mandiri ya. Karena itu seperti yang Mbak katakan, kemandirian anak seperti mencuci piring, beberes rumah, makan sendiri dsb, sudah seharusnya diajarkan sejak dini ya sehingga anak pun tidak melulu bergantung sama ibunya

    BalasHapus
  13. Mba saya suka sekali bacain artikel mba saya jadi banyak belajar tentang parenting dengan bahasa yang mudah dimengerti, dan semuanya berdasarkan cerita pengalaman hidup yang nyata, termasuk soal ibu sakit ini, anak-anak jadi banyak belajar bagaimana harus bersikap ketika ibu sedang sakit

    BalasHapus
  14. Ini seh bukti kalau sesuatu yang terlihat berat atau sulit akan melahirkan pertumbuhan, dengan Ibu Sakit lahirlah anak2 mandiri.

    BalasHapus