Senin, 12 Februari 2024

Review Novel Resepsi, Maukah Kamu Datang ke Nikahan Mantan?

 Judul: Resepsi

Penulis: Smita Diastri

Tebal: 320 halaman

Tahun: 2021

Bisa dibaca di: aplikasi IJak

Jujur daku penasaran ama novel Resepsi karena banyak yang baca di Ijak. Beruntung pas online tengah malam bisa dapatin eh pinjam 1 ebook ini. Saking pengen tahu ending-nya, dibacanya pun cukup 2 hari.

Resepsi, siapa yang suka datang ke pesta pernikahan? Bisa makan nasi goreng, ikan asam manis, zuppa soup, wkwkkw. Makan gratis judulnya.



Namun kalau yang menikah adalah mantan pacar apa masih berani datang? Itu yang dirasakan oleh Teresia, cewek yang akrab dipanggil Resi. Mantan cowoknya, Ranu, malah nikah duluan. Padahal si Resi udah hampir 30 tahun usianya.

Kegalauan Resi

Ketika Resi sudah jadi wanita karir, kerjaannya enak, eh masih jomblo. Mantannya nikah duluan pula. Walau Ranu bukan pacar pertamanya tetapi dia cinta pertamanya.



Ranu kok tega banget sih? Apalagi sebelumnya mereka putus-sambung putus-sambung. Penyebabnya karena si Ranu kuliah di Bandung sedangkan Resi di Jakarta.

Pertemuan dengan Arga

Saat Resi sedang pelatihan, dia berkenalan dengan cowok ganteng bernama Arga. Ternyata dia adalah tetangga Intania, sahabatnya di kantor.

Dunia berasa makin sempit karena si Arga bersahabat juga dengan kakak kelas Resi, yang juga temannya Ranu. Arga sudah mulai tertarik dengan Resi, tetapi gadis itu masih belum mau membuka diri.

Flashback ke Masa Lalu

Di buku Resepsi ini alurnya maju-mundur cantik. Ada bab yang setting-nya tahun 2008. Ada yang mundur ke tahun 90-an, kala Resi dan Ranu masih jadi anak SMA di Jakarta.


                                                                   Smita

Jadi, Resi pacaran dengan Ranu setelah ia putus dari Damar. Namun cintanya berat di ongkos. Ranu sudah kuliah di Bandung sedangkan Resi masih kelas 3 SMA (Ranu lebih tua setahun). Jadilah mereka LDR selama bertahun-tahun, tapi tidak dijelaskan Ranu akhirnya kerja di Bandung atau balik ke Jakarta.

Akankah Resi Datang?

Resi kaget karena merasa di-ghosting Ranu lalu tiba-tiba menerima undangan pernikahan darinya. Padahal Arga sudah bersedia untuk menemani. Namun si Resi masih galau. Bisakah dia move on? Baca sendiri yuk!

Moral of this Story

Ada beberapa pelajaran dari novel Resepsi ini dan ceritanya tuh ngaliir (walau gak cheesy). Pertama, jangan mau long distance relationship waktu masih pacaran karena berat di ongkos dan banyak godaannya.

Kedua, sebenarnya red flag si Ranu udah kebaca dari bagian tengah buku. Jadi jangan mau ama cowok cemen yang ketemu ortu pacar aja udah keder duluan. Ketiga, biasakan move on karena air matamu terlalu mahal untuk menangisi cowok yang menyebalkan.

Kalau klean suka baca novel metropop seperti Resepsi atau lebih suka genre lain?

29 komentar:

  1. Jaman muda ((MUDA)) dulu aku mayan suka novel2 ringan gini sih. karena relatable kali yaaa. tokoh2nya jg masih belia

    kalo sekarang, duh makasiii 🤣🤣🤣kayaknya prefer baca berita politik, walo isinya gelut2 online doang biarrrr 💪🤓 menyesuaikan umur hahahahah

    BalasHapus
  2. Aku jarang baca novel mbak
    Tapi akhir-akhir ini suka baca novel korea
    Temanya yang agak berat sih, macam feminisme gitu
    Tapi kadang aku juga baca novel metropop, kayak karyanya ika Natassa gitu

    BalasHapus
  3. sepertinya ceritanya cukup menarik untuk dibaca..meskipun aku lebih suka cerita yang ada humor komedi nya namun cerita romantis bombay juga gak masalah sie hehehe,,,bisa lah jadi salah satu referensi buat beli buku nanti :)

    BalasHapus
  4. Menarik banget ini novel metropop nya. Bisa buat mengisi weekend. Jujurly pas masih umuran 23-an kalau ke Resepsi pernikahan ya emang buat kulineran hehehhee. Apalagi kalau ketemu sama menu zuppa soup dan kambing guling, hepi bener. Pas nikah pun kebetulan suami modelannya gini juga wkwkwk. Jafi kami mah enjoy ngider ke makanannya nya, sama paling ending foto ama pengantin.
    Buat ngrnalin red flag nya seseorsng, pas lagi bucin emang rada susah..enggak keliatan gitu, seolsh semua nya baik dan LDR an emang berat walau enggak ngalamin secara langsung tapi suka denger cerita dari temen, berat di ongkos terutama..begitulah kira-kira. Auto meluncur cari novel Resepsi nih aku.

    BalasHapus
  5. Wah kayaknya kalo baca ini kayak flashback cerita sendiri, hahaha... mana LDR nya beda negara, mahal pisan...
    Pas dia balik malah dapetnya surat undangan tenda biru... hahaha, bhay...

    BalasHapus
  6. Dulu aku suka baca novel metropop. Skrg sanggupnya baca caption aja di medsos 🤣 Tp cerita2 novel metropop walau terkesan ringan, jg memuat pesan2 ya, seperti soal LDR, sanggup apa enggak? Soal pacar yg malah takut mau ketemu orangtua. Jd pasti seru pas baca

    BalasHapus
  7. waduhh mbak dari judulnya aja udah menohok hahaha
    ini real banget aku alami, dan aku akan jawab berani buat datang ke nikahan mantan.
    Dannn mungkin waktu awal terima undangan agak ga percaya gitu ya, ehhhmm bisa-bisanya kek berkhianat gitu ahahaha
    tapi memang aku niatin harus dateng, aku mau buktikan kalau aku baik baik aja
    pas di tempat kondangan, ehmmm ya gitu deh sok sok biasa aja, lagian juga percuma mau meratapi nasib. Lah wong memang bukan dia jodohnya.

    BalasHapus
  8. Ntr aku coba cari di ipusnas. Aku sih ngalamin juga hal begini, tapi yg mutusin aku mba 🤣🤣🤣. Dan kami sempet berantem hebat, cuma aku keukeuh tak akan mau balik. Lah wong hambatannya ga direstui ortuku. Mau ngapain diterusin. Kan mending bubar.

    Aku milih Raka akhirnya drpd dia. Kami sempet musuhan 1 tahunan atau lebih, trus baikan. Biar gimana sebelum pacaran dulu dia sahabatku sih 😂. Sayang aja kalo sampe musuhan.

    Trus ngasih undangan , tapi dia nikah duluan. Aku datang Ama Raka pas dia nikah. Tapiiii giliran aku, dia ga datang 🤣🤣🤣. Aku mah ga peduli juga. Kali aja istrinya ngelarang kaan 😄. Istrinya kenal aku soalnya, dan ga suka . Jadi IG ku yg ada di akun si ex LGS diblock 😅🤭

    Aku DTG ya Krn memang udh ga ada rasa apapun lagi. So santai aja pas salaman 😂. Raka juga tau itu mantanku.

    BalasHapus
  9. Sepertinya seru ya bukunya ini dan mengaduk emosi pasti berat yaa datang ke nikahan mantan yang kita masih menyimpan rasa dan harapan beda kalau sudah tak ada rasa pasti biasa saja pas datang karena teman biasa

    BalasHapus
  10. Hahaha suka kesimpulan moral of the story nya. True, air mata kita terlalu mahal tuk menangisi cowok gak jelas. Move on lah kudunya. Bisa jd tontonan yg lumayan seru nih kynya klo novel ini dijadiin film

    BalasHapus
  11. Dateng ke nikahan mantan ini berat sii.. tapi memang setiap manusia tuh minimal punya satuuu aja mantan terindah. Iya gasii...??

    Hihii~
    Monmaap Saya kepo.

    Tapi overall, bukunya aga ada galau-galaunya gitu yaa.. seru banget sii... Bikin ngerasa jatuh cinta lagi.

    BalasHapus
  12. Saya punya pendapat lain soal LDR ya, kayaknya kalau itu balik lagi ke individu masing-masing, iya memang berat diongkos tapi kalau ternyata pasangannya memang mau berkorban dan soal ongkos ga masalah aman sih, soal godaannya kalau kita dua-duanya tipe setia dan dewasa pemikiranya ga masalah, kalau di buku ini kayaknya memang sudah kebaca karakter cowoknya ya mba, penasaran pengen baca

    BalasHapus
  13. Sudah lama gak baca novel genre begini tapi lumayan juga bisa menghibur ya sekaligus apalagi kalau ceritanya ringan. Nah, kalau LDR emang berat di ongkos dan menguji kesetiaan juga, hihi

    BalasHapus
  14. Yang aku perhatikan pertama kali dari novel ini adalah ilustrasi cover ya, hihihi. Maklumlah aku illustrator jadi jeli banget kalo milih buku, meski kata orang don't judge book By it's cover, tapi buatku itu ngaruh sih kalau buat buku, hehe. Daaann novel ini ilustrasinya baguuuuus. Aku suka banget. Soal jalan cerita, kalo menurutku masih cerita umum ya tapi ringan. Buat yang suka novel romansa pasti suak sih, kalau aku yang baca pasti baper, hahahaha. And so...jadi gak nih sama Arga? Hihihi

    BalasHapus
  15. Biasanya kalau sesuatu yang berhubungan dengan mantan itu bakalan buat dilema. Dan bagi untuk beberapa orang, datang ke pernikahan mantan membutuhkan pertimbangan yang matang, soalnya berhubungan dengan banyak hati hehehe

    BalasHapus
  16. Dulu sih suka baca novel skrng bacaannya beralih. Judulnya bikin bertanya² ya. Ada apa dengan resepsi? Tp memang LDR itu berat dan penuh godaan.

    BalasHapus
  17. whaha ga kebayang deh pergi ke kondangan mantan, seru banget kayaknya mengikuti kisah mereka dari mulai pacaran sampai ditinggal nikah.

    BalasHapus
  18. Udah lah Resi gak usah datang ke nikahan mantan, move on dong, eaaa
    Kalau bahasan datang ke nikahan mantan bikin berdebar, ada filmnya juga walau bukan sama dengan kisah di novel ini

    BalasHapus
  19. Hahaha iya, air mata kita terlalu mahal untuk menangisi cowok red flag. Hehehe... saya pribadi suka novel apa aja, asal saya tertarik sama ceritanya. Untuk Resepsi ini, saya tertarik untuk baca.

    BalasHapus
  20. Tidak semua orang akan datang ke pernikahan mantannya. kecuali mau buat huru hara hahaha. Tapi justru inilah yang jadi konflik menarik untuk novel ini ya. Alurnya yang maju mundur cantik, lalu ke tahun 90-an, pastinya jadi nostalgia, zaman pacaran pakai surat-suratan, telpon umum, dan mejeng hahaha. Nanti saya cari di iJak nih. penasaran ceritanya.

    BalasHapus
  21. Banyak yang bilang horor banget kalau harus datang ke nikahan mantan ya
    Tapi kalau aku sendiri sih nggak masalah
    Selama diundang
    Aku pernah sekali ke nikahan mantan
    Biasa saja, kan mantan
    Yang lalu biarlah berlalu
    Hehe
    Aku kok jadi pengen juga baca novel resepsi ini

    BalasHapus
  22. Wow dari judul sudah sangat menantangnya untuk dibaca. Yes pesan dari novel ini betul banget, air mata kita tuh terlalu berharga untuk laki-laki yang nggak mau memperjuangkan

    BalasHapus
  23. Penasaran dong jadinya dengan status Ranu ke mana, di mana , sedang apa dengan siapa. Kayaknya akan lebih menarik lagi nih kalau next berlanjut di Novel ke duanya, yang tiba-tiba Ranu muncul

    BalasHapus
  24. Waw wkwkwk kalo liat dari jduulnya sih pengen banget jawab : ya mau lah, kenapa ngga. Kan udah jadi masa lalu, eaaa

    BalasHapus
  25. Wah jadi penasaran pengen baca. Kebetulan lagi mengiatkan lagi nih satu jam baca satu buku hehe.. terima kasih referensinya mbak!

    BalasHapus
  26. sayabelum selesai baca Resepsi ini mbak. Saya ngerasa alurnya lambat banget, jadi nggak betah. Baru separuh bacanya.

    BalasHapus
  27. kok gemes dari covernya kayanya menarik deh hehe.. cerita remaja kah?

    BalasHapus
  28. Aku suka semua genre sih terganrung tingkat keseryannya ya.. metropop gini juga pernah kubaca soalnya menghibur dan ringan

    BalasHapus
  29. Novel Resepsi cukup memberikan insight bagi pembaca mengenai mantan. Semoga siapapun di masa lalu yang pernah tersakiti atau menyakiti bisa saling memaafkan dan memberikan doa terbaik untuk masa depan masing-masing.

    Eaaa~
    Baper to the moon!

    BalasHapus