Sabtu, 20 April 2024

Apakah Sedekah Hanya Dilakukan oleh Orang Kaya? Tidak Juga, Ini Sedekah yang Sederhana dan Mudah

 Wangi teh melati menguar dari teko. Di sebelahnya ada sepiring pisang goreng yang berwarna cokelat keemasan, ada juga puding mini dan berbagai snack lain. Namun jamaah belum menyentuhnya karena menunggu azan maghrib. Buka bersama menjadi sangat meriah karena ada banyak makanan dan minuman yang merupakan sumbangan dari para dermawan.

Saat Ramadan, para muslim berlomba-lomba untuk sedekah karena pahalanya berlipat ganda. Alhamdulillah setelah idulfitri pun mereka masih rajin memberi makanan di hari Jumat , biasanya disebut Jumat berkah. Sedekah ini memiliki pahala yang lebih berlipat-ganda, tak heran banyak yang melakukannya.

Hanya Orang Kaya yang Bisa Sedekah?

Akan tetapi fenomena merebaknya jumat berkah membuat satu pertanyaan baru. Apakah bersedekah hanya dilakukan oleh orang-orang kaya? Mereka bisa membawa puluhan dus nasi lalu dibagikan di Jumat siang. Di lain hari, mereka bisa menyumbang uang jutaan rupiah ke lembaga amal.

                                   Sumber gambar: Freepik

Padahal sedekah tak hanya dilakukan oleh orang kaya. Bagi kita yang masuk dalam golongan menengah ke bawah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bersedekah dan mendapatkan pahala. Jangan tunggu jadi orang berada untuk bersedekah karena ibadah ini sejatinya bisa dilakukan oleh siapa saja.

Contoh Sedekah yang Mudah dan Bisa Dilakukan Semua Kalangan

Sedekah memang hukumnya sunnah. Namun walau tidak wajib, bukankah kita ingin mendapatkan pahala ketika bersedekah? Lagipula Nabi Muhammad adalah orang yang paling dermawan. Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita meniru teladan beliau, termasuk bersedekah.

Tidak usah berandai-andai menjadi orang kaya dulu baru bersedekah. Sebenarnya ada beberapa hal yang dilakukan dan mendapatkan pahala sedekah. Kita pasti bisa mempraktikannya karena sangat sederhana, tetapi insya Allah mendapat berkah dari-Nya.

1. Tersenyum

Sudahkah tersenyum hari ini? Senyum itu gratis dan membuat wajah berseri-seri. Tetaplah tersenyum karena merupakan salah satu cara sedekah. Betapa Allah Maha Baik karena hanya dengan tersenyum kita semua mendapatkan pahala.

2. Membersihkan Masjid

                         Sumber gambar: Pixabay

Biasanya di hari Jumat pagi, masjid dibersihkan secara menyeluruh karena akan dipakai untuk salat Jumat. Di hari lain kita juga bisa inisiatif membantu marbot untuk menyapu dan mengepel masjid. Contoh lain adalah mencucikan mukena dan sajadah milik masjid sehingga wangi dan bersih saat dipakai oleh jamaah. Sedekah tenaga juga berpahala, alhamdulillah.

3. Menyumbangkan Botol Plastik

Apakah kamu punya banyak botol plastik bekas kemasan air mineral di rumah? Coba kumpulkan dalam kresek lalu berikan ke pemulung. Sedekah sederhana ini akan membuat mereka gembira karena tak perlu mengorek-orek tempat sampah dan berkeliling ke banyak perumahan.

4. Sedekah Kolektif

Mengajak orang lain untuk sedekah juga berpahala. Oleh karena itu yuk lakukan sedekah kolektif. Misalnya satu orang menyumbang 20.000 rupiah, jika ada sepuluh orang yang ikut program ini maka totalnya jadi 200.000 rupiah.

Sedekah di Lazismu, Lembaga yang Terpercaya

Lantas di mana tempat untuk menyalurkan sedekah? Datang saja ke kantor Lazismu di kotamu karena merupakan lembaga yang terpercaya. Lazismu didirikan oleh PP Muhammadiyah, yang merupakan organisasi keagamaan besar di Indonesia. Sebagai lembaga zakat dan amal tingkat nasional yang berdiri sejak tahun 2002, maka Lazismu sudah menyalurkan sedekah dari banyak pihak, mulai dari lembaga sampai perorangan.

                            Sumber gambar: Akun Instagram Lazismu Kota Malang

Nah karena daku bermukim di Malang maka yang terdekat adalah Lazismu Kota Malang. Sejak tahun 2016, Lazismu Kota Malang beroperasi untuk menghapuskan kemiskinan di negeri ini. Jika mayoritas masyarakat Indonesia adalah umat Islam, maka sedekah harta yang mereka berikan akan bisa menuntaskan misi untuk memakmurkan umat dan meminimalisir jumlah fakir-miskin di sekitar kita.

Berbagai Program Lazismu

Uang hasil pengumpulan  sedekah digunakan untuk berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Lazismu Kota Malang. Programnya ada banyak, misalnya:

1. Pembebasan Riba

Jika seseorang terlilit utang riba maka hancurlah hidupnya karena harus membayar cicilan dengan bunga tinggi. Oleh karena itu Lazismu berusaha agar banyak muslimin bisa bebas riba melalui program PHR (Pembebasan Hutang Riba). Program yang diinisasi oleh Lazismu Jogjakarta fokus pada pelaku UMKM, dan kini menjadi percontohan nasional.

2. Layanan Ambulans

                               Sumber gambar: web Lazismu Jatim

Saat ada yang butuh mobil ambulans maka Lazismu siap untuk membantu. Layanan ambulans tak hanya untuk mengantar jenazah. Namun juga bisa mengantar para pasien ke RS terdekat. Untuk Kota Malang juga sudah ada layanan ambulans dan bagi yang butuh tinggal menghubungi nomor hotline yang tersedia.

3. Bantuan untuk Guru Mengaji dan PAUD

                    Sumber gambar: web Lazismu Jogjakarta

Sudah jadi rahasia umum jika guru mengaji dan guru PAUD memiliki gaji jauh di bawah  UMR. Oleh karena itu Lazismu menyalurkan bantuan kepada mereka agar bisa hidup sejahtera. Diharap dengan bantuan ini maka para guru akan lebih semangat untuk mengajar.

                          Sumber gambar: Akun Instagram Lazismu Kota Malang

Sedekah tak hanya dilakukan oleh orang berada karena sejatinya semua orang bisa untuk melakukannya. Dengan sedekah 20.000 rupiah pun diterima, atau bisa dengan cara kolektif sehingga sekalian menambah pahala. Pastikan sedekah disalurkan melalui lembaga yang terpercaya dan legal serta laporannya transparan, yaitu ke LAZISMU Kota Malang.


Sumber tulisan: web Lazismu pusat, Lazismu Jatim, dan Lazismu Jogjakarta

40 komentar:

  1. Betul, mulai sedekah dari yang paling mudah. Tersenyum dan membersihkan masjid misalnya. Kalau mau sedekah uang, bisa dari nominal kecil secara kolektif. Terus bisa juga disalurkan lewat Lazismu.

    BalasHapus
  2. Betul sekali. Sedekah bisa dilakukan oleh siapa saja. Makanya ada anggapan, kalau mau sedekah, jangan menunggu kaya dulu. Dan bisa dimulai dengan hal kecil dulu. Misalnya sehabis subuh, sedekah subuh sesuai kemampuan. Terus saat jumat berkah, ikut saja patungan dengan yang lain. Jadi walau misalnya ikutan 10 ribu, tetap bisa jumat berkah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Pak Bams, sedekah kolektif pahalanya makin besar.

      Hapus
  3. Keren ya program pembebasan riba dari Lazismu. Bisa nih direferensikan ke orang soal program pembebasan riba dari Lazismu. Supaya banyak muslim yang bebas dari riba

    BalasHapus
  4. iya setuju sedekah itu tidak harus menunggu kaya. Ada banyak sedekah yang bisa dilakukan. membantu melariskan dagangan orang juga termasuk sedekah. Lazismu bisa jadi pilihan saat kita ingin menyalurkan sedekah uang. Bahkan dengan nominal yang terjangkau ya

    BalasHapus
  5. di Lazismu jadi cara yang efektif untuk kita menyalurkan sedekah kita kepada saudara2 kita

    BalasHapus
  6. Jangan takut bersedekah. Sedikit besar yang kita sisihkan itu, sejatinya sebesar itulah "milik" kita yang kelak bisa kita ambil pahalanya. Nah, masih mau itung-itungan? Saya rasa tidak ya kalau tahu hakikatnya

    BalasHapus
  7. Benar bunda, sedekah bukan hanya soal spektakulernya, tapi repot juga sih kalau minder gara-gara konten bagi duit.

    BalasHapus
  8. Sedekah tidak akan mengurangi harta. Sebaliknya dengan sedekah harta akan semakin bertambah. Kalau ngomongin sedekah memang harus sebisa mungkin tepat sasaran. Untuk menjamin ini bisa melalui lembaga yang sudah terpercaya dan berpengalaman

    BalasHapus
  9. Bahkan menyingkirkan batu di jalan pun termasuk sedekah. Kalau ada dana lebih, bisa disalurkan ke Lazismu ini

    BalasHapus
  10. Pencerahan banget. Bener sekali ini, kita bisa melakukan sedekah dengan apapun sekemampuan kita, bahkan tersenyum ikhlas pun menjadi bentuk sedekah dari kita

    BalasHapus
  11. Betul.. nggak harus dilakukan sama orang kaya kok.. membersihkan dedaunan di jalanan juga ..memberi kolak pisang juga bisaa.. atau bisa juga ke lazismu..

    BalasHapus
  12. Bisa juga dengan sedekah tenaga salah satunya menghilangkan paku/pecahan kaca di jalanan.
    Banyak langkah dalam berbuat kebajikan. Semangat fastabiqul khoirot

    BalasHapus
  13. Sedekah nggak harus menunggu kaya memang ya. Cukup tersenyum atau memberikan barang tak terpakai di rumah kepada pemulung misalnya, sudah bisa dihitung sedekah. Apalagi sedekah itu bukan untuk orang lain melainkan membuat nyaman diri sendiri sebagai insan ciptaan Allah SWT.

    BalasHapus
  14. Alangkah indahnya Islam mengatur kehidupan. Bahkan tersenyum aja dianggap sbg sedekah. Tp ga hny sekadar senyum biasa loh ya. Ntr kalian senyum2 sendiri di jalan. Dianggap org gila dong ntar. Hehehe.

    Setuju bgt nih Sedekah di Lazismu emg menyrnangkan. Sedekah kita bakal diberika ke penerima yg betul2 sesuai syariat Islam. Jd jgn lupa sedekah di Lazismu ya teman2.

    BalasHapus
  15. Sekarang ini aku pribadi memang lebih suka menyalurkan dana (sedekah, infak) lewat lembaga seperti Lazismu. Dana sedikit juga jadi di Lazismu jadi banyak karena terakumulasi dengan dana dari donatur lain. Selain itu, penyalurannya pun insya Allah lebih tepat sasaran.

    Udah terlalu banyak nemu kasus pengemis yang sebenernya kaya harta (cuma miskin mental).

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaah suka banget sama komennya kak Tri. Bener banget, kalo lewat lembaga rasanya 100rb tibatiba udah bisa ikut biayaain sekolah dhuafa, ikut bikin bedah rumah guru Tk dengan gaji 300rb yang kena longsor. masyaAllah yaaa

      Hapus
  16. Setuju banget Bun. Aku seringnya juga sedekah lewat lembaga terpercaya aja. Karena mereka kan lebih paham keadaan real di lapangan

    BalasHapus
  17. Sedekah ga harus harta benda ya mba... Bahkan senyum aja termasuk sedekah. Jd ga ada alasan buat kita ga sedekah, apalagi hny krn merasa kita ga kaya.

    BalasHapus
  18. setuju sih kalao sedekah bukan hanya soal uang tapi juga kebaikan bahkan untuk hal yang sekecil sekalipun. karena inti sedekah kan keikhlasan memberi dan melakukan kebaikan

    BalasHapus
  19. Setuju kak kalau sedekah gak harus nunggu kaya raya. Kan bisa sedekah lewat senyum sampai sedekah kolektif. Saya paling sering yang sedekah kolektif hehe. Eh keren banget Lazismu ada program pembebasan riba dan penyediaan ambulans

    BalasHapus
  20. Betul mbak sedekah gak hanya dilakukan oleh orang kaya. Sedekah senyum, sedekah makanan yg dimasak jika berlebih ke tetangga dan masih banyak lagi ya.

    BalasHapus
  21. Banyak cara untuk sedekah gak selalu harus dengan materi ya mbak, senyum bikin orang bahagia merupakan bagian dari sedekah juga. Berapapun uang yang kita sedekahkan Insya Allah bermanfaat apalagi kalau kolektif

    BalasHapus
  22. benar banget mbak, sedekah itu nggak bikin miskin, sedekah itu tersedia dalam banyak hal. dan terkait Lazismu lembaga terpercaya untuk salurkan ZIS inshaallah

    BalasHapus
  23. Masih ada aja yang berpikir kalau bersedekah itu harus dengan harta yang banyak. Padahal bikin orang senang dengan senyum udah termasuk sedekah. Lazismu setahu saya juga bisa online.Minimal nominalnya juga gak besar. Semakin dimudahkan bersedekah.

    BalasHapus
  24. Sedekah bisa dilakukan oleh siapa saja, karena yang namanya sedekah kalau pemahamanku itu tidak mengenal si kaya dan miskin. Tidak kenal juga nominalnya, karena namanya sedekah itu seikhlasnya.

    BalasHapus
  25. Betul.. jangan ada alasan buat gak sedekah ya.. Lazismu sudah terpecaya dari penyalurannya saja sudah pada sasaran yang tepat, barakallah

    BalasHapus
  26. Kita suka mikir sedekah itu harus uang ya mak paxahal banyak cara lain. Nyingkirin paku atau halangan di jalan bahkan tersenyum aja udh dapet pahala sedekah. Btw aku juga selalu pake lazizmu utk menyalurkan zakat dkk

    BalasHapus
  27. Sedekah memang bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Senyum aja udah sedekah, membersihkan masjid sedekah, membantu tetangga pun termasuk sedekah.

    Dan sedekah saat ini juga bisa dimulai dg nilai kecil gak masalah. Ada Lazismu yg bisa menjadi wadah sedekah semua orang.

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah setuju dengan beberapa ide untuk sedekah ya mba. Dan bagus ada LazismU ini bisa dengan baik menjadi saluran atau perantara dalam memberikan sedekah kepada sesama

    BalasHapus
  29. Kalau nunggu kaya, gak bakalan sedekah
    Bahkan sedekah jasa pun bisa
    Untung ya ada lembaga seperti ini

    BalasHapus
  30. Setuju mbak, berbuat kebaikan nggak harus menunggu kaya ya, soalnya berbuat kebaikan itu seungguhnya menabung buat akhirat kita.
    Bisa bersedekah dengan harta atau kebaikan2 lainnya.
    Khusus sedekah berupa donasi2 uang gitu memang sebaiknya disalurkan ke lembaga filantropi yang terpercaya yaa.

    BalasHapus
  31. Betul sedekah nggak harus nunggu kaya, aku pernah lihat orang sedekah dengan membeli makanan kucing, di tempat banyak kucing lewat dia kemudian menaruk makanan itu...

    BalasHapus
  32. Sering lihat ambulans Lazismu di Jalan. Dan saya baru tahu kalau ternyata Lazismu ini lembaga miliknya Muhammadiyah.
    Sepakat, bersedekah memang tak perlu menunggu kaya harta, karena banyak hal sederhana yang bisa membuat orang lain bahagia

    BalasHapus
  33. Membiasakan untuk senantiasa bersedekah ini bagus sekali.
    Karena selain menyerahkan harta kepada yang membutuhkan juga memberikan pendidikan dan warisan terbaik untuk anak keturunan. '

    Kini, bersedekah bisa mudah di Lazismu.
    Kebantu banget. Alhamdulillah~

    BalasHapus
  34. semenjak ada aplikasi yang memudahkan untuk sedekah, terutama sedekah subuh setiap harinya aku jadi bisa atur nih berapa jumlah nominal sedekah dan di setting jam sedekahnya

    BalasHapus
  35. Saya pernah baca juga kata2 bijak tentang ini mbak, bersedekah tidak harus menunggu kaya. Apa yang kita punya, tak harus harta, bisa kita sedekahkan utk kebaikan pada sesama manusia.

    BalasHapus
  36. Iya yaaa mak, senyum juga sedekah yaaaa mak.. dari cara termudah seerti tersenyum pun, manusia dah bisa dapet pahala yaaa mak.. huhu.. alhamdulillah..

    BalasHapus