Senin, 10 Juni 2024

Ide Menu Olahan Daging Kurban yang Praktis dan Lezat

 
 
Siapa yang suka saat menyambut idul adha? Bisa libur selama 2 hari. Lantas dapat daging sapi atau kambing. Alhamdulillah yaa rezeki bangeet. Lalu bingung sendiri cari ide menu olahan daging kurban agar bisa dinikmati sekeluarga.

 

                                  Source: Pexels

Nah kalau daku sih cari menu olahan yang praktis dan tidak pedas. Karena Saladin belum kuat makan pedas. Jadi kalau dapat daging, tidak pernah dibikin gulai atau rendang.

 

Dimasak jadi apa nih dagingnya? Ada yang bingung juga? Ini beberapa idenya yang kids friendly. Eh yang dewasa juga bisa makan kok, hehehehe.

 

Spaghetti

 

                                 Source: Pexels

Bikin spaghetti tuh gampang banget dan spaghetti mentah bisa dibeli dengan mudah di minimarket. Kalau kepepet bisa pakai mie biasa (mie yang tidak ada bumbunya). Rebus spaghetti sampai Al dente (matang tapi tidak lembek), kira-kira 8 menit di air mendidih, dan beri sedikit minyak goreng biar tidak lengket.

 

Yuk kita bikin saus bolognese. Caranya, cincang 1/2  bawang Bombay ukuran besar dan 3 siung bawang putih. Tumis dengan sedikit minyak. Masukkan saus tomat lalu masukkan daging sapi / kambing yang sudah direbus dan dicincang. Beri air secukupnya, garam, merica bubuk, dan oregano.

                                            Koleksi pribadi

 

Masak hingga meresap. Maaf kira-kira aja ya takarannya. Biasanya daku campur sih maksudnya pakai saus tomat dan tomat asli yang dijus (tanpa gula) dan dibuang kulit dan bijinya.

 

Pizza

 

Kalau sudah ada saus bolognese+daging, bisa juga dijadikan topping pizza. Malah lebih enak karena pakai daging asli. Ini favorit Saladin nih. FYI, mamaku dulu pernah jualan pizza. Namun daku gak pakai resep beliau karena lebih suka pakai metode no knead.

                                            Koleksi pribadi

 

Coba kalian cari aja di google: resep no knead pizza. Nanti akan keluar mulai dari resep ala Yackikuka sampai JTT (just try and taste). Beneran gampang bikin dough pizza sendiri dan tidak usah diuleni. 

 

                                                 Koleksi pribadi

Kalau masih mager bikin dough dari terigu? Beli aja dough instan wkwkkw, coba cek di marketplace, biasanya ada yang jual. Atau bisa juga dengan pakai roti tawar, jadi pizza roti tawar. Pizza dengan keju cheddar juga enak kok kalau misal kalian enggak punya keju mozzarella.

 

Samosa

 

                                                  Koleksi pribadi

Daku suka bikin samosa sendiri karena kalau beli tuh pasti pedeees (ada cabe hijaunya). Kulitnya bisa pakai kulit pangsit atau kulit lumpia yang dipotong jadi 2.  Baru diisi dan direkatkan dengan campuran air plus terigu.

 

                                                         Koleksi pribadi

Isian samosa terdiri dari daging sapi dan kentang. Pertama, daging direbus hingga matang lalu dicincang. Lalu kentang dikupas, dipotong kotak kecil-kecil dan digoreng setengah matang. Tumis bumbu kare instan lalu masukkan kentang dan daging, beri air secukupnya dan masak sampai meresap. Masukkan ke kulit pangsit/lumpia, bentuk segitiga, lalu goreng dengan api kecil.

 

 

Burger

                              Source: Pexels
 

Bikin burger homemade juga gampang kok. Cincang daging sapi hingga lembut atau masukkan ke food proccessor lalu campur dengan telur, garam, merica, tepung panir, dan bawang Bombay cincang. Panggang hingga matang lalu masukkan beef patty ke dalam roti bundar. Beri saus tomat/saus sambal dsn mayones, sayuran biasanya selada, tomat, dan timun. 

 

Lapis Daging

 

Daku bingung sebenarnya, lapis ini mirip ama semur tapi lebih simple bumbunya. Biasanya sih pakai daging yang sudah direbus setengah matang lalu dipotong sesuai selera. Bumbu halus hanya bawang merah dan bawang putih, tumis lalu masukkan daging, garam, merica, kecap manis, lalu tuangkan air secukupnya. Masak hingga matang.

 

Tips Memasak Daging Kurban

 

Memasak daging memang agak tricky jadi kudu sabar. Pertama, rebus daging kira-kira 10 menit lalu buang airnya. Ini untuk membuang kotorannya ya. Baru buang bagian yang kotor dan lemak-lemaknya (jika tidak suka gajih).

 

Kalau mau cepat bisa pakai panci presto. Daku pengen beli presto yang bentuknya kayak magic com dan pakai daya listrik. Udah masuk wishlist nih. 

 

Namun kalau kepepet, coba deh kalian rebus daging di dalam magic com. Nanti dagingnya lebih empuk seperti dipresto. 

 

Bagaimana, udah siap masak? Keluargaku lebih suka masak yang begini nih. Kalau masih bingung, kalian beli aja bumbu instan hehehe. 

 

35 komentar:

  1. Ishhh idenya mantaabb betuull
    ini semua makanan favorit kami juga mbaaa
    mupeng buat recook pas lebaran ntar ahhh

    BalasHapus
  2. Tx idenya mba. Kebetulan masih bingung mau masak daging ntr gimana. Apalagi kalo kambing yaaa, aku ga pernah ngolah. Biasanya sapi atau ayam aja. Kuatir baunya msh prengus kalo kambing itu 🤣. Makanya kepikiran mau dibikin sate atau tongseng.

    BalasHapus
  3. Iya nih, sebentar lagi lebaran Idul adha tiba 😍 Masya Allah banyak nih ide masakan yang bisa kita buat pas idul adha nanti. Aku kebayang bikin samosa sama burger nih, bisa buat ngemil bareng keluarga dan makasih tips ngolah dagingnya, auto ku catet.

    BalasHapus
  4. Bagus-bagus idenya mbaak. Tapi sayang euy, aku dari dulu ga doyan daging Kambing. Gatau alergi atau kenapa, tiap nyium bau dagingnya aja udah puyeng mual sendiri. Jadilah tiap kali lebaran idul adha ga pernah makan daging.

    Paling kalau mau coba, ya menu diatas aku ganti ayam atau daging sapi aja ehehehe

    BalasHapus
  5. Ide masakannyaa oke semua nih. Tertarik pengen coba bikin beef patty. Ide memasak daging di magic com juga bakal aku cobain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa Kak. Bikin burger homemade ternyata gampang.

      Hapus
  6. Mantap banget makanan-makanan yang bisa dibuat pas iduladha. Btw kalau dagingnya kambing, biasanya sama mbak ngolahnya? Soalnya kambing lebih menusuk aromanya. Kadang bingung mau dibuat apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kambing bisa direbus dengan rempah2 misalnya daun jeruk, serai, dll.

      Hapus
  7. Ternyata ada banyak banget ya olahan daging yang ramah buat orang yang nggak seneng pedes. Karena nggak semua orang kan bisa makan pedes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener Mbak. Saladin belum kuat pedes makanya kubikinkan menu2 ini.

      Hapus
  8. Tahun ini Idul Adha jatuh pada hari senin. Jadi nyambung libur minggu senin. Bahkan yang libur kerja di hari jumat, bisa long weekend hehehe.
    Olahan daging di atas bisa jadi menu alternatif nih. Karena kan bosan juga kalau tiap tahun disate terus hehehe.

    BalasHapus
  9. Pas banget ini belom punya ide ngolah daging kurban...
    pengennya yang gampang2 aja, ngga perlu menu yang ribet sampe bikin dapur kayak kapal pecah... hehehe...

    BalasHapus
  10. Wah, iyakaah?
    Magic com bisa mengempukkan daging?
    Aku selama ini pake panci presto.. tapi karena biasanya dimasakin, aku tinggal mengolah sehabis di empukin.
    Standartnya bebikinan rendang, oseng.

    Masakan ka Avi selera genzi syekaliii..
    Sabi ditiruu nih.. pasti anak-anak sukaaaa..

    BalasHapus
  11. Wah, ide masakan yang brilian. Biasanya daging dimasak gitu-gitu aja ya. Rendang, sate, soto, semur. Kadang sampai bosan makan kalo banyak,

    BalasHapus
  12. Menjelang Idul Adha, banyak orang yang kebingungan mencari ide olahan daging kurban yang praktis dan lezat. Artikel ini memberikan banyak pilihan menu yang menarik dan mudah dibuat, sehingga daging kurban tidak terbuang percuma.

    BalasHapus
  13. Wah biasanya kalo lebaran ini, masaknya rendang, sate, gule, ini memang sengaja dibuat beda ya mbak, mantep banget. Aku kemarin bikin spagetti Bolognaise, kasih daging sama keju, wah auto suamiku makan banyak.

    BalasHapus
  14. tips yang bagus mba, kalo ibuku masak daging biar empuk itu biasanya dikasih air dari parutan nanas, tapi ini sedikit aja kalo kebanyakan bisa hancur dagingnya

    BalasHapus
  15. Aku pernah masak pakai panci presto, hampir aja gosong karena kebesaran api, tapi empuk banget, enak, ga perlu ngoto ngunyah juga hehehe
    seringnya dimasak rendang dan gule sih, kalau yang lain jarang masaknya

    BalasHapus
  16. Kalau masak daging di panci presto sudah banyak yang melakukan, maksudnya sudah umum. Nah, kalau dengan magicom nih yang belum pernah. Sepertinya perlu untuk dicoba nih..

    BalasHapus
  17. Biasanya yang dapat daging kurban ini harus sesama muslimkah? Atau boleh buat non muslim ya, Mbak?

    BalasHapus
  18. Kesemua idenya belum daku cobain kak hihi. Paling sering buat jadi dendeng batoko, empal, rendang, gulai ataupun sate hehe

    BalasHapus
  19. Wah kenapa aku nggak kepikiran sama makanan ini semua ya, ingetnya sate terus wkwkwkwk. Mertuaku suka banget bikin samosa. Ahh kenapa dagingnya nggak dibikin ini aja ya kemarin, huhu udah habis dibikin sate 🤣

    BalasHapus
  20. Samosa nih enak banget. Bahannya juga mudah ya cuma daging dan kentang. Tinggal beli kulit jadi aja ya

    BalasHapus
  21. Lagi jadi obrolan emak-emaks di grup nih..
    Kalau paling oke dibikin daging siap saji buat masukin di roti burger.
    Iya juga yaa.. Secara prep-nya juga ga sulit.

    BalasHapus
  22. wah keren nih. bisa jadi ide masakan beberapa hari ke depan, biar enggak bosen dengan olahan daging yang itu-itu aja

    BalasHapus
  23. Ide masaknya keren2 smua nih. Tp syg ga ada yg mau ama masakan itu krn itu makanan luar. Kecuali aku. Wkwk.

    Paling dibuat rendang, semur/cmn osengan aja sih. Ntr dicampur sayur biar lengkap nutrisinya.

    BalasHapus
  24. idul adha saya masak segala kak, hahaha. tapi bukan list diatas. saya gak bikin spagehti tapi bikin macaroni scotel, tanpa daging kurban. karena pas bikin belum kebagian, hahaha. sisanya, ofkors gule, sop tulang dan gepuk

    BalasHapus
  25. wah pas banget ya mom ini idul adha jadi banyak daging kurban di rumah dan kadang kalaupun ga dapat biasanya sukabeli banyakdaging sampai bingung diapain biar ga bosen

    BalasHapus
  26. Waah, ide masakan dagingnya cukup beragam juga. Selama ini kalau gak bikin rendang, gulai atau bikin sate. Lain kali boleh juga coba bikin burger, pizza, dan spageti.

    BalasHapus
  27. Kemaren udah bikin sate, hari ini daging pake santan kental nggak tau apa namanya hehe, besok nggak tau dimasak apalagi. Tapi liat resep disini kok kayaknya enak ya?

    BalasHapus
  28. Boleh juga nih, biar gak melulu masak sate atau rendang yg butuh waktu berjam² itu, xixixi

    BalasHapus