Selasa, 04 Juni 2024

Akhirnya Saladin Mau Makan Nasi

 Emang ada anak yang tidak doyan nasi? Saladin memang ajaib ya. Dia (11 tahun) susahh banget makan nasi putih. Bukan sejak usia setahun. Namun sejak dia ganti dari gigi susu ke gigi dewasa. Jadi selama 4 tahunan ini dia kalau lihat nasi putih langsung bilang ‘bau’!



Awalnya kusangka dia tidak mau makan nasi karena bikin giginya sakit saat mengunyah. Ternyata setelah konsultasi, dia ada PR untuk memperbaiki sensori-nya. Memang dia sangat sensitif ke bau-bauan. Bahkan pernah waktu dia kubawa ke arisan dan nyonya rumah menghidangkan lontong+sayur rebung, eh dia sembunyi di balik bantal. Ternyata enggak kuat bau rebung!

Sambil memperbaiki sensori-nya (untuk stimulasi silakan cari sendiri di Google), daku terus merayunya agar mau makan nasi. Memang sih karbohidrat enggak harus nasi. 



Namun capek juga kalau tiap hari bikin makaroni, spaghetti, roti isi sosis, sandwich, dll. Akhirnyaa kuselidiki dan ternyata dia mau nasi asal tidak berwarna putih! Ini menu-menunya:

Nasi Goreng

Kalau nasi goreng sih Saladin enggak pernah nolak. Dulu kukira dia hanya mau makan nasi goreng hasil beli atau buatan utinya. Ternyata mau juga makan nasi goreng buatanku. Asal bumbunya tidak pedas.





 Daku pun beli merek beras yang sama dengan beras yang dibeli utinya, biar nanti rasa dan teksturnya sama dengan nasgor buatan beliau.

Nasi Kuah

Saladin juga mau makan nasi+kuah, especially yang berwarna. Misalnya nasi+kare ayam, nasi+gule+telur dadar. Yaa pokoknya warna nasi yang asli tidak kelihatan.

Makan di Warung



Siapa yang suka bawa anaknya makan di warung / restoran kalau dia susah makan? Kadang anak hanya butuh ganti suasana, atau memang suka masakan di tempat tertentu karena lebih enak. Saladin biasanya makan nasi+soto kudus di sebuah warung, di kawasan Sawojajar.

Cara Membujuk Anak

Jadii kesimpulannya, kalau anak tidak mau makan makanan tertentu, wajib dibujuk. Jangan malah dipaksa karena anak bisa trauma. Buktinya banyak tuh temenku yang enggak doyan susu atau minuman / makanan lain, karena waktu kecil dipaksa oleh orang tuanya.



Membujuk anak itu memang butuh kesabaran. Pertama dianalisis dulu mengapa anak tidak suka makan nasi / makanan tertentu. Lantas tugas kita sebagai orang tua adalah mendongenginya, alasan mengapa dia harus makan nasi, ikan, sayur, dll. Ada kan buku cerita tentang gizi?

Kalau anak masih belum mau bisa dengan cara diselipkan. Misalnya belikan pastel isi wortel dan kentang. Bikin nasi goreng + sawi, telur dadar isi wortel parut, dll. Banyakk banget resep kue dan lauk di internet yang bisa dicontek, yang mengandung sayur / buah, dan bisa dipraktekkan agar anak mau mengkonsumsi makanan bergizi.

1 komentar:

  1. Keren Bun, alhamdulillah anaknya ternyata bisa makan nasi yaa. Saya salut sama Bunda yang sabar dan mau mengupayakan berbagai cara agar anak mau makan "tanpa perlu memaksa". Semoga Ananda sehat selalu ya Buun...

    BalasHapus