Senin, 03 Juni 2024

Cara Mengatasi Kebosanan bagi Ibu Rumah Tangga

 Siapa yang profesinya IRT alias ibu rumah tangga sepertiku? Jadi IRT itu sebuah pekerjaan lho.

 

Daku memutuskan jadi IRT sejak tahun 2011 (saat awal menikah) dan sangat didukung suami. Beliau memang ingin istrinya di rumah saja. Namun tetap produktif. Misalnya dengan berbisnis atau punya pekerjaan lain yang bisa dilakukan online.

 


Tapi tapiii jadi IRT tuh kadang bosaaan ya. Pagi di rumah. Siang di rumah. Sore siram bunga di depan rumah. Padahal sudah enggak wajib stay at home tapi di rumah aja sampai mewek. 

 

Apalagi bagi daku yang ekstrovert wkwkwk. Sebenernya berada di rumah selama berjam-jam adalah sebuah penyiksaan. Namun ya tetap bertahan sampai sekarang dan berusaha mencari cara agar tidak bosan. Misalnya seperti ini:

 

Jalan Pagi

 

Olahraga yang paling murah dan gampang adalah jalan pagi. Tinggal pakai sepatu keds, jalan keliling kompleks deh. Kalau takut kedodoran waktunya, kita bisa jalan di akhir minggu saja.

 

                                      Jalan pagi lalu senam di Rampal, sekalian cosplay.


Cobain deh. Kalau rutin jalan pagi pasti lebih fresh jiwa dan raga. Sekalian menuhin target 10.000 langkah per hari.

 

Cari Rute Lain

 

Lalu bagaimana kalau masih bosan? Coba cari rute jalan pagi yang lain. Atau, jika mau belanja harian, jangan selalu lewat jalan yang sama. Besoknya coba jalan memutar atau belanja di warung sayur lain.

 

Re-decorate Rumah

 

Siapa suka beberes? Hmmm sebenarnya daku tidak serajin Marie Kondo. Tapi kadang kalau moodnya lagi baik, ya re-decorate rumah.

                                  Dekorasi dinding di rumah Keluarga Biru.

 

Setelah rumah dibersihkan lalu kursi tamu ditata ulang. Dinding dilapisi wallpaper. Dengan suasana baru maka kita tidak akan bosan aku dengan penat, dan enyah saja kau pekat. Eh kok jadi AADC wkkwk.

 

Ikut Komunitas

 

Ikut komunitas juga bisa bikin jiwa ini hidup meski kebanyakan di rumah saja. Daku udah join komunitas blogger dan penulis. Coba lihat di media sosial. Banyak komunitas yang berguna dan sesekali kita bisa jadi volunteer.

                                           Bloger Kodew Malang

 

Olahraga

 

Kapan terakhir kali olahraga? Sekarang mah gampang ya. Olahraga enggak harus ke gym. 

Tinggal buka YouTube banyakk tuh video tutorial olahraga. Cari saja yang coachnya disukai. Kalau daku lagi suka nonton channel Bodyfit by Bagus karena gerakannya relatif mudah.

 

Bikin Konten

 

Hari gini gak ngonten gak makan, betul? Wkwkwk. Di era teknologi informasi, profesi konten kreator sudah viral. Jadi, kalau jalan-jalan bisa sekalian bikin konten tulisan atau foto / video.

 

Nanti konten foto bisa dijual ke web yang menampung hasil foto, video bisa untuk isi medsos. Sedangkan tulisan ya taruh aja di blog. Asyik kan?

 

Mudik

 

Beruntung bagi kita yang rumah orang tua ada di satu kota atau cukup dekat (satu provinsi) karena bisa sering-sering mudik. Ketemu orang tua itu jadi mood booster lho. Walau hanya beberapa jam.



 

Jadi gimana? Ibu rumah tangga enggak perlu mati gaya. Sebenernya ada banyak yang bisa dilakukan walau di rumah saja. Walau rumah sepi (eh kalau aku sih karena Saladin kan anak tunggal), maksudnya walau muter di rumah saja bisa tetap produktif. Enggak bosan lagi deh!

 

6 komentar:

  1. Wah kebalikannya dengan mbaknya..saya yang introvert malahan betah di rumah aja..justru kalo di keramaian jadi keq berasa bingung dan mati gaya wkwkk...jadi ibu rt pun sangat membahagiakan koq ya...walau emang kadang bosen juga hehe,makasih saran dan tipsnya..salam kenal mbk .

    BalasHapus
  2. Memang enggak mudah manajemen waktu dua profesi berbeda. Aku selalu amaze dengan para IRT yang tetap produktif dalam melakukan hobinya. Jadi acuan buat aku bahwa tidak ada alasan untuk aku bermalas-malasan untuk produktif

    BalasHapus
  3. Semangat ibu Rumah Tangga adalah pahlawan dalam keluarga. Justru wanita karir sesungguhnya ya ibu rumah tangga. Sehat -sehat dan produktif berkarya bersama ya Bun 🙏🏻💫
    Salam Literasi

    BalasHapus
  4. Makasih tipsnya kak, cukup berguna bagi saya walaupun saya belum menikah. setidaknya ini bisa menjadi gambaran saya bahwa menjadi ibu rumah tangga tidak selalu membosankan.

    BalasHapus
  5. ibu-ibu memang selalu rentan banyak pikiran jika kurang banyak kegiatan, apalagi seringnya liat pencapaian-pencapaian temannya pasti semakin rungsing. jadi memang lebih baik memperbanyak kegiatan di luar.
    btw, terima kasih atas ide-ide yang sudah di bagi kak, sehat dan semangat selalu

    BalasHapus