Jumat, 31 Mei 2024

Jamu Beras Kencur dan Kunyit Asam, Sahabat Keluargaku untuk Mengatasi Pegal-Pegal dan Masalah Perut

  “Pegal banget nih tapi belum sempat pijat!”

Aktivitasku sebagai ibu rumah tangga sekaligus penulis lepas cukup padat. Setelah Saladin (putraku yang berusia 11 tahun) berangkat sekolah, maka daku langsung cepat-cepat belanja bahan makanan. Lanjut masak, beres-beres rumah, lalu buka laptop untuk mengerjakan target tulisan hari itu.

Tak heran tubuh ini sering pegal-pegal. Apalagi kalau sudah konsentrasi mengetik, bisa lebih dari 6 jam di depan laptop. Setelah itu punggung rasanya kaku dan malamnya susah tidur. Lantas bagaimana solusinya agar bugar kembali?

Jamu Beras Kencur anti Pegal

Alhamdulillah, Mbak Yanti sang tukang jamu langganan, sedang lewat di depan rumah. Segera kubeli sebungkus kecil jamu beras kencur seharga 3.000 rupiah. Daku ingat dulu nenek pernah cerita kalau jamu ini bisa untuk menyegarkan badan dan mengurangi kelelahan yang mendera.



Ketika jamu dituang ke gelas maka tercium aroma khas kencur. Segera kuminum jamu ini, cairannya cukup kental dengan rasa yang agak pedas. Wajar karena ada ekstrak jahe di dalamnya.



Beberapa jam setelah minum jamu beras kencur, Alhamdulillah rasa pegal di badan perlahan menghilang. Daku siap untuk beraktivitas kembali. Masak 3-4 jenis hidangan? Ayo aja! Mengetik naskah selama berjam-jam? Kuat dong!

Nah, mengapa jamu beras kencur berkhasiat untuk kebugaran dan mengatasi pegal-pegal di tubuh? Yuk kita lihat bahan-bahannya. Beras kencur dibuat dari jahe yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus menghangatkan badan. Dalam jamu ini juga ada kencur yang bisa meredakan nyeri dan meningkatkan energi dalam tubuh.

Ternyata jamu beras kencur tidak hanya bisa mengatasi kelelahan. Namun juga ampuh untuk meningkatkan imunitas dan menjaga kadar gula dalam tubuh. Daku jadi makin semangat minum jamu beras kencur karena bikin badan segar dan memiliki banyak khasiat.

Jamu Kunyit Asam untuk Atasi Begah

Selain jamu beras kencur, keluargaku juga suka minum jamu kunyit asam. Sejak remaja daku sudah biasa minum segelas kunyit asam ketika haid, karena kunyit bisa meredakan nyeri menstruasi. Rasanya juga manis dan sedikit asam, jadi makin segar di tubuh.



Jamu kunyit asam terbuat dari kunyit, asam jawa, dan gula merah.  Kunyit bagus banget untuk dikonsumsi karena bisa mengatasi begah. Jadi ketika papaku punya masalah lambung, beliau segera minum jamu kunyit asam. Walau ada asamnya tetapi tetap aman dan tidak bikin sakit perut.



Papaku yang sudah berusia 63 tahun belakangan memang sering merasa begah dan kurang nafsu makan. Alhamdulillah dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam, tak hanya masalah lambung yang teratasi. Namun selera makan beliau juga kembali, karena kunyit mengandung kurkumin yang bisa meningkatkan aktivitas saluran pencernaan.

Meningkatkan Nafsu Makan Anak dengan Jamu Kunyit Asam



Ketika papaku sudah memiliki selera makan yang baik berkat jamu kunyit asam, maka daku juga memberikan jamu ini ke Saladin. Nafsu makannya pernah menurun karena sedang tumbuh gigi dewasa. Namun berkat jamu kunyit asam, dia jadi mau makan nasi dan lauk-pauk lagi. Betapa senangnya melihat anak lahap kembali.

Bolehkah Minum Jamu Setiap Hari?

Jika jamu beras kencur dan kunyit asam berkhasiat, bolehkah dikonsumsi setiap hari? Daku konsultasi ke dokter Arlin P. Beliau menjawab bahwa kalau jamunya kunyit asam atau beras kencur, boleh diminum setiap hari.

Alhamdulillah kalau dua jenis jamu favorit keluargaku aman diminum setiap hari. Sudah enak, berkhasiat pula. Sudahkah kalian minum jamu hari ini? Yuk konsumsi jamu beras kencur dan kunyit asam agar tubuh lebih bugar dan selera makan kembali normal. 


Sumber tulisan:

https://www.halodoc.com/artikel/11-manfaat-kunyit-asam-untuk-kesehatan-tingkatkan-imunitas-tubuh

https://www.alodokter.com/5-manfaat-jamu-beras-kencur-untuk-kesehatan

29 komentar:

  1. perjamuan sekarang seperti ditinggalkan ya
    kalau masuk angin aja sekarang minumnya tolak angin

    BalasHapus
  2. Kalau aku ditambah temulawak sih, karena ada masalah lever. Kunyit asem engga tiap hari, tapi kalau menjelang haid, mayan jadi engga nyeri & memperlancar juga.
    Sekarang perjamuan udah ada serbuk dan kapsulnya juga. Tapi katanya sih lebih afdol yg fresh aja gitu...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah.. Kalo kedua jenis jamu favoritku ini aman dikonsumsi tiap hari. Memang jadi andalan keluargaku juga nih kalo badan rasanya udah pegal².

    BalasHapus
  4. Saya suka yang beras kencur. Ooh jadi boleh ya konsumsi jamu beras kencur dan kunyit asam setiap hari. Baru tau loh ini. Biasanya jamu langganan datang pagi-pagi. Jadi pas banget sebelum sarapan, minum jamu dulu dehhh

    BalasHapus
  5. Kalau lagi mens, aku juga suka minum jamu kunyit asam. Bisa enak gitu perut rasanya. Nggak ada nyeri-nyeri.

    BalasHapus
  6. Dua jenis jamu ini juga yang saya suka. Beras kencur dan kunyit asam (kunir asem). Kadang beli di pasar atau ibu-ibu jamu gendong, kadang juga beli yang sudah kemasan bermerk di supermarket.

    BalasHapus
  7. Paling suka beras kencur, kalo yang seger milihnya kunyit asam. Sudah lama banget ini ngga minum jamu. Pengen juga bikin kunyit asam kasih es batu biar seger.

    BalasHapus
  8. Sebagai orang Indonesia, kita patut bersyukur memiliki kekayaan budaya dan tradisi yang melimpah, termasuk dalam hal pengobatan. Salah satu warisan leluhur yang masih lestari hingga saat ini adalah jamu.
    Di antara berbagai jenis jamu, jamu beras kencur dan kunyit asam merupakan salah satu favorit sih

    BalasHapus
  9. Nah waktu pandemi sering bikin jamu. Kunyit, jahe, temulawak. Beras kencur malah tidak pernah. Karena malas harus menghaluskan beras dulu :))

    BalasHapus
  10. Berat kencur memang sahabat banyak generasi lama. Hehe... Dulu belum ada minuman boba, ya jamu tradisional ramuan pilihannya. Menyehatkan, murah meriah tapi gak lekang dimakan waktu. Buktinya sekarang juga masih banyak diminati minuman kesehatan ini ya. Alhamdulillah cara bikinnya juga mudah

    BalasHapus
  11. Aku juga suka banget minum jamu... belakangan ini lagi getol-getolnya bikin minuman rimpang, semoga khasiatnya juga segera terasa di badan ya

    BalasHapus
  12. Memang bikin seger minum jamu.
    Apalagi dalam kondisi agak hangat atau agak dingin, dan tentunya tinggal minum aja hihi. Soalnya kalau bikin sendiri suka ada virus M= Malas wkwkwk

    BalasHapus
  13. Senang ya kalau ada tukang jamu langganan. Secara kalau buat sendiri katanya ribet dan harus pakai ceret khusus kan.

    BalasHapus
  14. Dulu paling suka sinom dan beras kencur. Aromanya enak dan memang bikin perut nyaman sih

    BalasHapus
  15. Saya kudu rajin minum jamu beras kencur nih. Akhir-akhir badan sering pegal-pegal dan terasa kaku-kaku. Mungkin karena saya juga sudah lama gak minum jamu beras kencur nih.

    BalasHapus
  16. Baru tadi pagi juga beli jamu beras kencur. Di sini tuh dijual 10rb utk botol ukuran 1,5 liter. Masukin kulkas, bs minum tiap hari deh. Praktis bgt kalo lagi ga mau ribet bikin.

    Sbrmya di rumah tuh bnyk bgt rempah2. Kalo nyokap lagi longgar biasanya ya bikin jamu sendiri kyk kunyit asam, jahe, temulawak hingga sereh. Buat kesehatan aja sih.

    BalasHapus
  17. Kunyit asam juga jadi favoritku sama keluarga hehehe, selain buat meningkatkan antibodi jugaa rasanya ngga pahit2 banget dari yang lainnya hihi, terus kalo beras kencur kesukaanku bangeeet

    BalasHapus
  18. Istri kalau lagi datang bulan biasanya mengonsumsi jamu kunyit asam, katanya membantu sekali meredakan sakit perut selama masa haid. Kalau beras kencur sih favorit anak-anak, biasanya mereka ditambahin jamu buyung upik juga

    BalasHapus
  19. Aku suka minum jamu, beras kencur suka banget. Belakangan aku suka kunyit asem, rasanya suegeeerr banget. Apalagi setelahnya minum air jahe manis. Enak banget. Kangen minum jamu lagi deh, udah lama..

    BalasHapus
  20. Aku jadi teringat tentang sebuah kedai jamu yang saking jauhnya dari rumah, setiap ada di dekat sana, aku berusaha menyempatkan diri untuk mampir. Sekadar memesan jamu beras kencur dingin saja, ditemani penganan manis yang tersedia. Kalau di tempatku, mbok jamu gendong atau jamu sepeda, nggak selalu ada soalnya.

    BalasHapus
  21. Aku jg suka ngejamu. Kayanya lbh merasa berterima kasih dg baik sama badan ya ketimbang masukin obat ke tu uh tuh kayanya ngerasa bersalah bgt huhu

    BalasHapus
  22. Jamu tradisional dengan bahan herbal alami yang kaya akan bangak manfaat benar-benar ga boleh dilupakan. Kunir dan kencur saya jarang sih mengonsumsinya. Kalau dulu sering banget. Paling sekarang konsumsi jahe untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi kondisi seperti masuk angin

    BalasHapus
  23. Aku juga suka dua jenis jamu ini, nggak cuma enak, tapi juga nyegerin. Apalagi kalau lagi kram perut datang bulan, kunyit asam masih dan selalu jadi andalan.

    BalasHapus
  24. Alamaaak alamaaak, pas baca jamut kunyit asam bisa meningkatkan napsu makan itu auto kaget. Soalnya kunyit asam ini favorit saya kalau lagi datang bulan.

    BalasHapus
  25. wah udah lama banget gak minum jamu kayak gini, padahal waktu bocil malah pengen mulu kalau ada tukang jamu hihihi

    BalasHapus
  26. Oh, beras kencur itu khasiatnya buat menghilangkan pegel-pegel ya? Aku suka minum itu karena suka rasanya aja. Otw bikin sendiri buat nyetok ah. Jamu beras kencur dingin diminum siang-siang tuh rasanya nikmaaaat banget.

    BalasHapus
  27. Suka sama jamu Beras Kencur karena gak berasa kayak jamu menurutku... Lebih ke rasanya enak dan segar kalau diminum. Ternyata ada kasiatnya bisa menghilangkan pegal badan ya...

    BalasHapus
  28. Kesukaanku banget nih mbak beras kencur. Bikin badan seger. Pegal pegal berasa hilang

    BalasHapus
  29. Minum jamu memang efeknya gak seketika yaa.. membutuhkan waktu sedikit lebih lama daripada konsumsi obat kimia.
    Senangnya karena kini makin banyak di Bandung jualan jamu kekinian. Jadi, anak muda pun gak alergi minum jamu.

    BalasHapus