Jumat, 03 Mei 2024

Punya Anak Suka Makan Malah Bikin Pusing?

 

 “Bunda, aku mau makan!”

Saladin selalu mengucapkan frasa ini di rumah, tak hanya sehari 3 kali tetapi bisa sampai 4-5 kali. Di usianya yang ke-11 nafsu makannya melonjak. Makan makanan berat bisa 4 kali, ngemil minimal 2 kali sehari.



Belum jatah minum susunya. Kalau pas mau tidur juga kadang masih minta makan lagi. Kalau sekolah dia bawa bekal biskuit, wafer, atau roti, dan sebotol susu. Karena pulang sekolah jam 12 siang jadi lunch di rumah.



Gimana enggak bikin pusing, eeh? Mana dia lagi susah makan nasi putih. Sejak berusia 6 tahun dan pupak (ganti dari gigi susu ke gigi dewasa) dia jadi susah makan nasi. Tapi kadang-kadang masih mau makan nasi goreng dan nasi soto.

Si Paling Hobi Ngemil

Jadilah daku yang kudu mikir dan masak menu khusus untuk Saladin. Misalnya sandwich isi telur, pancake ubi ungu,  mac and cheese, beef burger, kentang goreng, pizza, samosa isi kentang dan daging sapi, dll. Kadang kalau capek ya sudah kubiarkan dia milih snack sendiri di warung, tetapi sebelumnya harus makan karbohidrat dulu.



Iyaa sih karbo gak harus dari nasi dan daku pernah konsultasi ke kakak sepupu yang seorang nutritionist, katanya tidak apa-apa. Jadi daku mengeksplor berbagai jenis karbohidrat mulai dari labu kuning, ubi ungu, kentang, jagung, dll. Bagus, Din! Bundamu disuruh masak terus wkwkkw.

Ketika daku galau karena Saladin susah makan nasi putih malah dapat nasehat dari seorang kawan. Beliau bilang kalau santai saja karena si bocah sudah terbiasa mengkonsumsi makanan non nasi. Nanti kalau dia kuliah di luar negeri enggak bingung cari nasi. Eh benar juga ya? Semoga Saladin bisa belajar di luar negeri beneran karena dia minat di bahasa asing.

Takut Dia Obesitas

Sebenarnya yang bikin daku takut adalah pertanyaan, “Apakah nanti Saladin obesitas karena suka ngemil?” Karena bunda dan utinya juga obesitas. Tapi ayahnya tidak….



Hal ini tidak usah terlalu dikhawatirkan karena selama ini Saladin selalu aktif bergerak, lari-lari, manjat pohon, dll. Jadi antara kalori yang terbakar dan yang masuk hampir seimbang. Sekarang berat badannya 31 kilogram dengan tinggi 138 cm.

Apakah Ini Growth Spurt?

Ketika Saladin suka ngemil maka daku juga bertanya-tanya apakah dia masuk fase growth spurt? Mau konsultasi dulu ah ke dokter spesialis anak.



 Kalau dulu sih waktu dia baby memang luar biasa minum ASI-nya (sampai lebih dari 2 tahun) dan saat growth spurt bisa sampai 4 jam full.

Justru Harus Bersyukur

Ada satu komentar dari salah satu  kakak blogger (kurang lebihnya seperti ini): Saladin adalah anak idaman orang tua karena makannya tidak susah. Langsung ketegur dengar kalimatnya karena selama ini daku fokus pada puyengnya nyiapin menu makanannya. Padahal seharusnya bersyukur karena anak mau makan tanpa harus dipaksa.

Yang Penting Sehat

Walau Saladin suka makan dan ngemil tetapi kupastikan dia harus makan yang sehat. Bukan sekadar snack yang bertabur MSG. Oleh karena itu emang kudu rajin masak sendiri dan ada sayur atau buahnya.



Misalnya kalau bikin mie (dibumbui sendiri) dikasih cincangan wortel, omelet juga diberi parutan wortel, bikin jus buah, dll. Punya anak yang suka makan tidak usah dibikin pusing! Justru harus bilang Alhamdulillah dan bersyukur karena tidak usah mencekokinya dengan jamu atau minuman lain agar dia mau makan. Yang penting menu makannya dijaga agar bergizi tinggi.

20 komentar:

  1. asyik bangettt kalo anak ngga rewel makannyaaa.
    karena bocah jaman now kebanyakan picky eater ya.
    sehaatt selalu Adin

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah Saladin aktif, banyak gerak ya ...in syaa Allah aman. Apalagi bundanya selalu memantau asupan makanannya. ^_^

    BalasHapus
  3. Aku pas kecil suka di cekoki ibuku karena susah makan, wkwkwk rasanya gak enak bgt tp sampe dewasa gini aku gak doyan makan, maksudnya gak makan banyak, kalo kulineran sih suka aja, tp makanku emang kaya org diet, dikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku nganan wkwwk makanya mbak Ruli langsing.

      Hapus
  4. Enak banget Bunda kalau Ananda makanya banyak Tinggal diatur porsi dan juga jenis supaya bisa tetap sehat tapi kelihatannya Ananda tidak obesitas jadi aman-aman saja Tinggal dipantau saja perkembangannya

    BalasHapus
  5. Barakallah yaa, Saladin mudah makan dan tidak pemilih.. Memang tantangannya mamak mesti rajin masak dan sepengalaman ku memperhatikan Mama, beliau punya 2 anak laki-laki. Semenjak adik-adik memasuki usia 7 tahun keatas keduanya sangat doyan makan, apalagi mereka aktif berkegiatan. Semangat yaaaa masakin beragam makanan buat Saladin, semoga makin menambah kreativitas juga 🤩😇

    BalasHapus
  6. Senangnya Bunda punya anak yang seperti Saladin yang gak milih-milih makanan. Jadi yang bunda siapin pasti di lahap. Kalau menu, tinggal pilih aja di cookpad atau di youtube banyak kok. Tinggal bunda yang berkreasi aja.

    BalasHapus
  7. Setujuuu mba. Justru bersyukur kalo gampang makannya. Malah pusing itu yg makannya pilih2. Kayak anakku ini 🤣.

    Di usia Saladin, selama dia aktif bergerak insya allah ga bakal obesitas. Kecuali anaknya makan Mulu, tapi hobinya main gadget 😅. Itu baru waspada. Krn ga banyak gerak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Kak, aman ya karena dia banyak gerak😁

      Hapus
  8. Keren nih mamaknya Saladin kreatif mengolah masakan jadi Saladin makin lahap makannya, lebih sehat dan aktif ya

    BalasHapus
  9. Gak apa-apa iihh anak laki memang makannya banyak. Insyaallah gak obes wong Adin geraknya banyak kok. Semangat di dapur yaah bundanyaa!

    BalasHapus
  10. Duh sama banget nih, anak saya yang sulung biasa malas banget makan nasi, paling doyannya makan roti dan suka banget ngemil. Cuma kalau gak kasih makan anak nasi rasanya kayaknyan belum kasih makan si kecil, hehe padahal bisa juga diganti dengan karbo yang lain .

    Justru emang harus bersyukur ya kalau anak suka makan, karena biasa ada anak juga yang malas makan dan itu bikin pusing banget juga kalau anak GTM

    BalasHapus
  11. Duh sama banget nih, anak saya yang sulung biasa malas banget makan nasi, paling doyannya makan roti dan suka banget ngemil. Cuma kalau gak kasih makan anak nasi rasanya kayaknya si kecil belum makan, hehe padahal bisa juga diganti dengan karbo yang lain .

    Justru emang harus bersyukur ya kalau anak suka makan, karena biasa ada anak yang malas makan dan kalau anak GTM itu juga bikin pusing banget

    BalasHapus
  12. Keponakan di rumah juga makannya banyakbanget apa aja dimakan, tapi justru mamanya bingung harus nyiapin apalagi

    BalasHapus
  13. Aku juga ngerasa banget nih, punya anak beranjak remaja, porsi makannya juga tambah banyak dan camilannya juga. Kalau anakku pulang dari pesantren, rasanya dapur gak berenti ngebul.. produksi makanan terusss.. kalau berenti, berarti dia makan roti keju kesukaannya.

    MashaAllaa~
    Sehat-sehat selalu untuk Saladin sholih.

    BalasHapus