Jumat, 31 Mei 2024

Cara Membangunkan Anak dengan Metode yang Menyenangkan

 Klean merasa susah membangunkan anak tiap pagi? Memang ya namanya anak-anak tuh penuh drama. Ada yang ngulet sampai hampir 30 menit kalau disuruh bangun. Ada yang merengek minta bolos sekolah. Saking gemasnya, rasanya pengen gelitikin agar dia melek. Lalu sebenarnya bagaimana cara membangunkan anak agar dia segera mandi dan bersiap-siap sekolah?



Metode ini terbukti bisa membuat Saladin (11 tahun) cepat bangun dan sekolah dengan ceria. Ingat yaa, jangan pakai amarah atau kekerasan. Kalau klean ngamuk, teriak-teriak, bahkan ngancam akan mengguyur kepala anak dengan air es, dia tentu makin malas bangun pagi. Mending pakai cara-cara ini dah:

Goyang-goyangkan Kakinya

Mengapa harus kaki? Karena kalau kaki anak digoyang-goyang dia akan reflek terbangun. Jadi di pagi hari gerakkan saja kakinya pelan-pelan. Saat dia belum bangun, keraskan lagi goyangannya. Masih belum bangun juga? Gelitikin bagian telapak kaki, dijamin dia akan bangun.



Agar dia enggak ngamuk saat digelitikin, segera peluk lalu bisikkan doa bangun tidur. Nah, saat dia lihat wajah dan merasakan kasih-sayang bundanya, maka dia akan bangun dengan mood yang baik.

Jaga mood ini penting banget apalagi kalau anaknya tipe feeling. Jangan sampai anak cemberut dari pagi sampai malam hanya karena saat dibangunkan sudah mewek.

Setelkan Musik

Cara membangunkan anak bisa juga dengan menyetelkan musik. Bisa lagu kesukaannya atau lagu lain yang membangkitkan semangat. Anak (terutama yang termasuk tipe audio) akan terbangun karena mendengar lagu yang merdu.

Pancing dengan Aroma Sedap

Masih susah juga bikin anak melek dalam sekejap? Pancing dengan aroma sedap. Misalnya klean bisa bikin pancake, minuman cokelat atau ayam goreng. Dekatkan piringnya ke kasur lalu anak akan tersenyum karena saat dibangunkan, langsung disambut aroma enak. 



Eitts kalau mau sarapan kudu mandi dulu yaa.

Read: Anak yang Suka Makan Malah Memusingkan

Janjikan Menu Sarapan Enak

Kalau anak mau bangun tepat waktu jangan dengan cara diancam. Nanti malah dia trauma dan makin malas. Akan tetapi, janjikan saja menu sarapan yang enak atau kesukaannya. 



Misalnya sereal + susu cokelat, roti bakar, nasi goreng sosis +telur ceplok, dll. Anak akan semangat karena akan makan yang jadi favoritnya.

Jangan Dibentak

Sekali lagi daku katakan: jangan pernah membangunkan anak dengan kekerasan, entah dijewer, tabok, dibentak, diteriakin, dll.

Read: Jangan Lakukan Kekerasan ke Anak

Sebenarnya anak tuh bisa dibilangin baik-baik, misalnya cerita saja kalau dia telat bangun 5 menit saja maka ayahnya yang mumet karena jalanan sudah macet, dll. Nanti dia akan sadar diri lalu tertib bangun pagi.

Jadi gimana, sudah tahu beberapa cara membangunkan anak? Walau mereka masih kecil bisa lho dibangunkan dengan lembut, dengan bujukan, dan aroma sedap. Jangan malah diancam-ancam segala karena dia makin bad mood dan malas-malasan saat pagi.

12 komentar:

  1. aku jadi ingat, omaku kl ngebangunin dengan mencipratkan air dingin. LUCKY ME, aku gak pernah tinggal sm dia jd cuma ngeliat aja yang kena dibangunkan dgn cara begitu :)))
    Sepertinya plg asik dibangunkan dengan aroma sarapan yang enak ya

    BalasHapus
  2. bener banget kak..wajib sepertinya ya orang tua membantu menjaga mood anak di pagi hari biar nanti di selanjutnya mood anak akan hepi sepanjang hari jadi tidak berasa malas kalomau berangkat sekolah :)

    BalasHapus
  3. Membangunkan anak di pagi hari bisa menjadi sebuah tantangan bagi para orang tua. Terkadang, anak-anak merasa sulit untuk bangun dari tempat tidur dan memulai hari mereka. Hal ini dapat menyebabkan stres dan kekacauan di pagi hari. Jadi kudu tepat untuk membangunkannya dong! hehehe

    BalasHapus
  4. Anakku masih 2 tahun, kadang kalo lagi susah bangun, aku klitikin aja kakinya mbak. Biasanya kalo udah diklitikin bagian telapak kaki, secara refleks langsung gerak... meskipun belum tentu bangun. Tapi better lah ya, ketimbang marah-marah atau dimaki-maki.

    Kayak aku, udah pasti bakal bangun kalo Mamakku mangginl namaku pake nama lengkap. Soalnya itu pertanda dia udah marah besyaaarrr..

    "Fajar Fathurrahmaaaaannn..."

    *Langsung gedebak gedebuk panik

    BalasHapus
  5. Bangunkan dengan aroma 😍 suka banget effortnya. Anak-anak bakalan bangun secara happy pastinya ya mba.
    Intinya memang kudu sabar serta berusaha dengan cara menarik dalam membangunkan anak dari tidur. Kalau anak di bikin kaget pas bangun tidur, kebanyang mood nya udah amburadul banget pasti.
    Thank you sudah ngingetin buat lebih kreatif dan tenang dalam membangunkan anak dari tidurnya, meski kadang kita panikan juga ya kalau udah mepet waktu.

    BalasHapus
  6. seseru itu ya dunia bunda bundi ya mba, jadi bisa belajar. maklum anak ku baru 11 bulan nih. jadi sampai saat ini adanya dia kebangun tuh nangis. mungkin ada tips juga mba buat aku si new mom ini.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah kalau anakku cukup mudah bangunnya mbak, bahkan bangun pagi sendiri, di sebelah rumah (jeda 2 rumah dari kami) kebetulan ada musola jadi cukup nyaring kalo subuhan utk jarak sedekat ini. Cuma PR nya justru gimana bikin mereka mau mandi, padahal mau sekolah, wkwkwk

    BalasHapus
  8. sesusahnya aku dibangunin kalau lagi tidur, kayaknya masih mending aku daripada adikku.
    kalau adikku, sampe dipanggil namanya pun tetep molor. Aku sendiri heran, dia pura pura tidur apa emang sengaja pura pura ga denger
    kadang kalau anak-anak dibangunin ga sesuai mood, bawaannya dia pengen ngamuk aja, perlu kelembutan ya waktu mau bangunin gitu

    BalasHapus
  9. Anakku sebenerny termasuk mudah bangunin. Tapiiii jgn sampe tidurnya terlalu malam. Itu yg repot memang. Krn paginya jadi uring2an walopun dijanjiin macem2.

    Makanya di awal aku usahain tidurnya cepet dulu. Jadi paginya enak bangunin mereka 😄

    BalasHapus
  10. Hehe emang PR banget ya bangunin anak ini
    Apalagi klo pagi mau berangkat sekolah
    Rasanya kesabaran terus diuji

    BalasHapus
  11. Iya anakku juga kubangunkan dengan goyang-goyang kakinya, terus kalau susah biasanya percikkan air dingin ke mukanya

    BalasHapus
  12. Aduh jadi malu. Aku seringnya bangunin anak dengan rusuh. Hahahaha, jadinya anak marah. Abisnya suka pada lama kalo dibangunin. Kecuali paling sama anak yang paling kecil. Karena kolokan, jadinya lebih lembut. Suka jadi ngadat. Mana mau sekolah. Jadinya rewel. Harusnya kayak Mbak deh gitu cara banguninnya. Belajar aaaah. :D

    BalasHapus