Sabtu, 18 Mei 2024

Punya Bayi kok Mahal Banget?

 Ternyata punya bayi zaman sekarang tuh tambah mahal ya. Begitulah komentarku (dalam hati) waktu ada influencer yang curhat tentang pengeluarannya untuk MPASI (makanan pendamping ASI). Mulai dari kudu beli beras organik, ikan salmon, minyak zaitun extra virgin, sampai kecap bayi juga ada!



Euu daku yang terakhir pegang baby tahun 2012 itu jadi shock berat. Entah ada inovasi atau ketinggalan berita, ternyata sudah ada kecap khusus bayi. Lha dulu setauku kalau bikin MPASI bisa berupa puree buah atau bubur nasi+sayur+protein. Bumbunya paling dikasih keju dikit atau dari kaldu ayam kampung.

Mahalnya Biaya Punya Anak

Kalau ditotal, biaya punya anak emang menguras kantong. Sejak masa pra-kehamilan kudu pola hidup sehat dan banyakin makan yang bergizi. Kalau positif hamil kudu siapin uang setidaknya 300.000 rupiah untuk konsultasi+USG ke dokter spesialis kandungan.



Belum lagi harus beli peralatan bayi seperti baby box, baju dan celana bayi, alat makan, topi, perlak, selimut, dll. Pas debay udah lahir eh butuh stroller, lalu harga diapers juga lumayan. Apalagi pas bayi masih kecil banget, bisa ganti popok berkali-kali. Kalau mau nekat pakai popok kain juga capek nyucinya.

Apakah Semua Harus Dibeli?

Makin banyaknya peralatan dan kebutuhan bayi bikin daku mikir, apakah semua harus dibeli? Misalnya kecap bayi. Emangnya si piyik udah bilang mau dibikinin semur? Kalau bubur konvensional juga dimakan kok. Begitu juga dengan bahan pembuatan bubur, cukup beras biasa bukan yang organik.



Kalau peralatan bayi seperti baby box juga kondisional ya. Kalau klean tinggal di tempat yang sempit ya jangan maksain buat beli, yang ada malah susah sendiri.

Namun ada yang punya rezeki berupa tempat tinggal yang luas, jadi baby box bisa muat di sana. Meski kebanyakan dipakai buat tempat bayi bobok siang aja karena pas malam pasti sekasur ama bundanya (biar gampang kasih ASI).

                                    Saladin dan kakeknya

Tak semua peralatan bayi wajib dibeli kalau memang dananya mepet atau klean punya uang tapi sedang berhemat untuk biaya pendidikan anak atau tujuan lain. Misalnya slow cooker, kalau masak MPASI jarang-jarang ya buat apa dibeli?

Beli Atau Sewa?

Saat ini sudah banyak persewaan peralatan bayi. Jadi klean bisa nyoba dulu sewa baby box, stroller, atau yang lain, dalam jangka waktu sebulan. Nanti bisa dilihat, perlu banget buat sendiri atau sewa saja?

Kalau habis sewa lalu beli sendiri ya tidak apa-apa, asal sesuai dengan budget alias jangan bela-belain ngutang! Soalnya kalau punya peralatan bayi sendiri kan bisa diwariskan ke anak kedua, ketiga, atau ke keponakan. Atau bisa juga dijual lagi kalau bayi sudah besar dan tak butuh stroller lagi.



Jadi gimana, masih pusing karena peralatan bayi makin banyak dan harganya cukup mahal? Saranku, jika klean pasangan muda dan gaji masih UMR maka jangan dipaksakan untuk membeli. Bisa sewa aja untuk sementara. Daripada nekat beli tapi akhirnya jarang dipakai (karena bayi lebih suka digendong daripada duduk di stroller). 

Kecuali untuk benda yang wajib dibeli seperti diaper, minyak telon, dll ya. Ini mah kudu punya dan klean bisa manfaatin voucher diskon dari beberapa marketplace.

28 komentar:

  1. Alhamdulillah, biaya untuk merawat anak masih bisa terkontrol dengan baik. Terakhir ngebayi itu tahun 2015. Nggak perlu beli stroller, atau kecap bayi. Buat apaan dah wkwkwk, bayi mau minum kecap. Biaya itu kan kita sendiri yang menentukan...

    BalasHapus
  2. Punya bayi memang harus siap dengan segala perlengkapannya. mending beli atau sewa? aku beberapa ada yang sewa seperti pumping ASi, baby box, karena cuma kepake sebentar. Buat adiknya mungkin masih lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kalo kepake bentar aja mending sewa deh.

      Hapus
  3. Sebagai orang tua baru, kita pasti ingin memberikan yang terbaik untuk si Kecil. Tapi, di tengah gempuran iklan dan deretan produk bayi di toko, terkadang kita jadi kalap dan membeli semua yang ada, tanpa memikirkan kebutuhannya secara matang.. Menurut saya, penting untuk bijak dalam berbelanja perlengkapan bayi. Tidak semua yang diiklankan sebagai "wajib beli" benar-benar dibutuhkan

    BalasHapus
  4. Bener sih. Nggak usah terlalu heboh ingin membeli semua perlengkapan bayi. Kita tetap harus mempertimbangkan apakah perlu membelinya? Lalu apakah mungkin dengan kondisi tempat tinggal kita?

    Terutama tuh sesuai atau nggak sama budget yang kita miliki.

    BalasHapus
  5. Saya punya bayi di tahun 2002 dan 2017. Keduanya tidak saya belikan perlengkapan yang mahal-mahal itu. Baju pun tak banyak. Lha wong pakainya juga cuma sebentar. :D

    BalasHapus
  6. Zaman dulu malah suami bikin sendiri playpen buat anak pertama. Itu tuh pager yang kalau dipasang engselnya bisa ngebentuk box. Jadi bocah engga kelayapan kemana-mana. Kereta bayi dulu lungsuran dari kakak.
    MPASI sih bikin sendiri aja...Kecap bayi? Baru tahu ada kayak beginian...

    BalasHapus
  7. Betul sekali, punya anak itu mahal ya.. karena nggak hanya harus menghidupi saja tapi juga harus memiliki kualitas hidup. Namun, untuk beberapa barang bayi saya juga ada yang sewa kok bun karena masa pakainya nggak terlalu lama

    BalasHapus
  8. Sekarang peralatan bayi macam-macam, jadi kita kudu lebih bijak lagi dalam memilih peralatan perawatan bayi, beli yang sekiranya sangat diperlukan biar pengeluaran tetap bisa terkontrol dengan baik

    BalasHapus
  9. Kalau melihat influencer punya bayi itu lengkap banget memang dari makanan sampai peralatannya yang harus ada dan mahal. Cuman kembali lagi ke kebutuhan kita dan sesuai budget. Tidak harus punya semua kok, kan bisa stimulasi dengan cara lain. Malah media terbaik itu kan orang tuanya, hehe.

    BalasHapus
  10. Klo aku sendiri punya bayi,, yakin aja rezeki pasti ada. Dan ngga semua juga harus dibeli, beli yang terpenting saja. Pengalaman selama punya bayi di turki, malah baju bayi jarang beli, karena tetangga kerabat udah pada kasih, second atau baru. Paling beli untuk pas lahiran di rumah sakitnya saja.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah untuk beberapa peralatan saya dapat dari hadiah seperti stroller, blender mpASI jadi sangat membantu dan masih dipakai sampai adiknya
    yang paling awet pompa ASI, umurnya dari anak pertama samapai anak ketiga, la kok pas sampai anak ketiga hampir selesai masa ASInya pompanya rusak

    BalasHapus
  12. Baru tau saya kalo ada penyewaan peralatan bayi. Kalo di desa biasanya peralatan seperti box bayi lengkap dengan kasur dan kelambu nya pinjam sanqk keluarga atau tetangga. Atau kalo ada rejeki ya beli sendiri nanti bisa dipake untuk adiknya.

    BalasHapus
  13. Asik juga ini ada sewa peralatan bayi.
    Jadinya untuk orangtua baru bisa lebih hemat dan praktis memanfaatkan peralatannya ya

    BalasHapus
  14. Dulu pas awal-awal juga heboh beli semua peralatan bayi. Padahal nggak semua dibutuhkan. Misal bouncer bayi, ternyata di saya useless wkwkwk, untunh waktu itu dikasih saudara. Stroller juga bisa cari bekas aja atau beli yan murah

    BalasHapus
  15. Iya mbak, jujur aja, zaman sekarang untuk membiayai diri sendiri rada berat, apalagi kalau cuma freelancer. Punya bayi, kudu nyiapin banyak hal banget. Termasuk presiden anggaran untuk beli-beli yg gak perlu.

    BalasHapus
  16. Zaman sekarang enaknya sudah banyak penyewaan termasuk sewa mainan. Jadinya bisa menghemat untuk barang yang hanya diperlukan sebentar.

    BalasHapus
  17. Ya kalau mau semuanya ideal, kudu beli semua.
    Dan biasanya, bayi itu mengikuti apa kata kebiasaan siih.. Aku bilang gini karena nonton gaya parenting artis-artis yang membiasakan anak bayi tidur sendiri. Jadi dari bayi uda punya kamar bayi lengkap dengan CCTV.
    Wah, waah... ((tapi bisa. Kan hebat yaa..))

    Selagi bisa boleh dicoba yaa..
    Tapi kalau sampai memaksakan diri HARUS, nah ini yang uda mulai bahaya.

    BalasHapus
  18. Aku tim yg nggak pernah beli stroller, baby walker, baby bouncer atau apalah apalah itu, haha.. Karena nggak terlalu penting sih menurutku. Yah tergantung masing² lah ya, kalo mampu ya beli, nggak juga masih bisa sewa. Yg penting sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  19. Saya baru tahu ada kecap bayi, Mbak. Dari krucil saya sampai keponakan semua, ga ada yang mengkonsumsi kecap khusus. Nah, kalau anak pertama, memang biasanya banyak kebutuhan beli ini itu. Tapi kalau sudah anak kedua, yang lungsuran kakaknya yang masih bagus masih bisa dipakai.

    BalasHapus
  20. Insyaallah, ada aja rezeki debay ya kan. Kalau saya dulu hanya beli yang dibutuhkan saja. Seperti stroller tidak mau beli. Alhamdulillah dibeliin Ibu dan saudara. Jadi punya 3 malah 😅.

    BalasHapus
  21. Betul, nggak semua yang di-branding sebagai "kebutuhan" bayi perlu dibeli. Lebih-lebih kalau anggaran terbatas. Kadang-kadang perlu tutup mata dari medsos supaya nggak lihat perlengkapan bayi milik artis atau influencer.

    BalasHapus
  22. Ada anekdot, bikin anak sih gampang. Yg susah tuh ngebesarinnya. Hehehe. Dikira gampang apa punya anak. Soalnya mereka tuh butuh biaya dr makan, pakaian, obat2an dll. Mau aku tampol deh org2 yg maunya bikin anak tp ga bs ngebesarinnya dgn baik.

    Aku sih setuju kak kalo peralatan bayi, termasuk mainan, stroller, hingga gendongan bayi itu lbh baik sewa. Meski ada jg sih yg ngado brg2 kebutuhan itu. Tp biasanya ya cmn kepake 1-2 tahun aja. Kalo yg pny alat merawat dgn bgs sih bakal bs diturunkan ke adik2nya/ke tetangga yg pny anak. Kalo ga bs ngerawat alat, ya lgsg buang deh ke rongsokan. Otomatis ya biaya lagi buat beli. Hehe.

    BalasHapus
  23. Anakku paling kecil lahir tahun 2010. Tahun segitu medsos masih relatif aman, dari segala macam model gendongan, teori parenting dan lain sebagainya haha

    BalasHapus
  24. Setelah merasakan punya bayi, memang beberapa barang sebaiknya sewa saja. Lebih murah dan setelah masa pakai selesai gak bingung nyimpennya.

    BalasHapus
  25. Anak pertama masih beli ini itu, tapi untuk anak kedua karena lebih banyak dapat lungsuran kakaknya jadinya minimal beli-beli... bahkan gendongan pun nggak beli he he he

    BalasHapus
  26. inilah mengapa sebabnya perlu memikirkan secara matang dan bijak sebelum memutuskan memiliki bayi terlepas dari soal rezeki dikasihnya sama Allah ya. Kondisi ekonomi juga perlu dipertimbangkan karena mengurus bayi dan membersamai membutuhkan budget yang tidak sedikit. Meski orangtua bilang, anak mah ada rezekinya, iyaa memang tapi kan perlu di ikhtiarkan dan di perkirakan dengan kondisi secara nyata. ngerti kan maksudnya? hehehe. tapi jika memang berkeinginan kuat memiliki anak, masalah budget mau beli atau sewa peralatan bayi bukan masalah sih ya. kita bisa mengusahakan yang terbaik untuk anak kita.

    BalasHapus