Minggu, 26 Mei 2024

4 Pesan Untukku di Masa Depan

 Dear me in the future,

Bagaimana kabar hati? Hati yang mati-matian kau jaga kestabilannya. Emosi yang naik-turun. Ego yang harus ditaklukkan. Mood yang tak boleh disalahkan karena semua pekerjaan harus selesai tepat waktu.





Ingatlah untuk selalu jaga hati karena jika tidak maka semuanya ambyar. Jangan memusingkan hal-hal kecil, lebih baik fokus ke dirimu sendiri. Jangan mudah kaget dan jangan mudah gundah. Ingatlah bahwa satu kepusingan yang membuatmu murung, jika tidak cepat diatasi, akan membuat kepusingan berikutnya. Membesar bagaikan bola salju dan meluncur untuk menghancurkan hatimu.

Dear me in the future,

Ingatlah pesan-pesanku yang akan membuatmu lebih baik lagi:

Bahagiakan Dirimu Sendiri

Apa yang membuatmu bahagia? Mungkin dulu jawabannya adalah ketika Saladin (dan ayahnya) bahagia. Namun ternyata salah.



Kau adalah seorang ibu, ratu dapur, ratu rumah tangga. Sebagai seorang ratu di rumah maka tugasmu adalah membahagiakan diri sendiri terlebih dahulu. Saat tangki cintamu sudah penuh maka otomatis kau bisa membagikan kasih sayang ke semua anggota keluarga.

Jangan menunggu untuk dibahagiakan tetapi ciptakan bahagiamu sendiri. Beli sarapan enak. Minum es kopi diam-diam saat Saladin sedang sekolah (sehingga ia tidak bisa memintanya). Pakai baju yang manis dan merias diri meski di rumah saja, sehingga merasa cantik seharian. Dirimu berhak untuk bahagia dan jangan selalu berkorban.

Jangan Iri dengan Rezeki Orang Lain

Ingatkah ketika dirimu nggrundel karena menganggap ada banyak ketidak-adilan di dunia ini? Saat ada yang disayang suaminya, dibelikan apa saja, tetapi di belakang malah berbuat curang. Ada pula yang terang-terangan bilang malas ngeblog tetapi malah mendapatkan job senilai ratusan dollar.



Sudahlah, jangan lagi iri dengan rezeki orang lain. Bisa jadi yang malas adalah orang yang pernah rajin dan akhirnya memetik hasilnya dengan mendapatkan bayaran besar. Ingatlah bahwa sebenarnya rezekimu juga tidak kalah banyak. Kau tak perlu bersusah-payah bayar KPR rumah (karena sudah terbayar jauh sebelum ditempati), tak perlu capek antar-jemput Saladin (karena itu tugas ayahnya), dll.

Bergaya Hidup Sehat Membuat Mental yang Sehat

Ketika kau sedang galau maka saatnya untuk melakukan revolusi fisik dan mental. Teruskan kebiasaan baik yang dibangun mulai awal tahun 2024: berolahraga meski hanya 15 menit dalam sehari. Bukankah ada banyak sekali video tutorial yang bisa diikuti sehingga kau tak perlu lagi mendaftar jadi anggota sanggar senam (seperti dulu di zaman gadis)?



Sesungguhnya gaya hidup sehat, olahraga setiap hari, makan sayur, akan membuat mentalmu juga sehat. Hormon kebahagiaan tercipta. Pencernaan lancar. Semoga mood juga semakin stabil.

Jangan Lupa Investasi

Sudah, diet lagi, kurangi jajannya, lebih baik menabung dan berinvestasi. Kau ingin punya logam mulia lagi, bukan? Teruskan kebiasaan untuk berinvestasi meski dengan cara yang konvensional. Karena nilai uang akan terus berkurang, belum lagi ada inflasi per tahunnya.

Dear myself,

Senyum dan bangkit lagi. Jangan lagi terpuruk dalam gua kesedihan. Ingatlah kau punya banyak support system: keluarga, sahabat di Jogja, kawan-kawan di mana saja. Hidup terlalu berharga untuk ditangisi. Bangun dan raihlah mimpimu, seperti kata Anggun C Sasmi.

1 komentar:

  1. Sukaaaaaaak baca suratnya 😍😍😍. Seharusnya ini bisa menjadi motivasi orang2 yg mungkin sedang down. Utk mengingat bahwa mereka berhak bahagia dulu, tapi kebahagiaan jangan ditunggu. Aku setuju kalo itu hrs di create. Kita yg ciptakan bahagia kita sendiri. Bukan malah menunggu dr orang lain.

    Sayangnya banyak yg menganggap itu hal egois. Padahal siapa bilang seorang ibu ga boleh bahagia dan harus mengalah demi keluarga

    BalasHapus