Selasa, 14 Mei 2024

6 Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget

 

Pernahkah klean melihat anak kecil main HP melulu? Kalau gak nonton video ya nge-game. Padahal usianya  masih piyik alias balita.  Klean jadi bertanya-tanya dan mencari cara mencegah anak kecanduan gadget.

Ada yang bilang wajar lah karena saat ini era teknologi informasi. Mau tak mau anak jadi sering pegang ponsel, PC, atau laptop. Namun ada yang menentang karena jika anak suka HP-an, bahkan kecanduan, akan berbahaya karena membuatnya lebih emosional. Juga membuat matanya mudah minus.



Saladin pernah berada dalam fase kecanduan HP dan hal ini menjadi salah satu penyebab dia speech delay. Di usia 3 tahun dia masih susah ngomong karena kebanyakan screen time, bahkan dia pernah dikira bisu, OMG. Cerita lengkapnya di:

Saladin Dikira Bisu, Sedih Banget

Kalau sekarang Alhamdulillah udah bisa diatur dan dikurangi banget waktu megang gawainya.

Kecanduan untuk memegang HP dinamakan nomophobia dan daku baru mengetahuinya setelah baca novel online di salah satu aplikasi. Ceritanya ada seorang gadis yang nyaris kecanduan HP lalu dia terdampar di pulau terpencil (dekat Italia) dan di sana tidak ada sinyal! Habis itu mikir, apa jangan-jangan daku seperti itu?

Jangan Kenalkan Gadget Terlalu Dini

Cara mencegah anak kecanduan gadget yang pertama adalah jangan kenalkan benda itu terlalu dini. Mirisnya saat ini anak TK, bahkan masih baby, udah dipegangi HP sendiri. Alasannya kalau enggak sambil nonton enggak mau makan, hmmm.



Lah kalau sudah kadung megang HP melulu lalu dia mutungan dan susah tidur gimana? Seharusnya kita sebagai orang tua bisa bersikap lebih bijak. Anak boleh belajar memakai gawai kalau sudah SD, tapi dengan syarat dan ketentuan. Misalnya harus sudah makan, sudah ngerjain PR, dan ada batas maksimal pemakaiannya.

Batasi Penggunaan Pemakaian Gawai

Berapa lama maksimal anak boleh pegang HP? Sebenarnya tergantung kebijakan klean. Kalau bisa sih maksimal 1-2 jam sehari. Jadi kudu masang alarm dan kalau sudah waktunya stop ya stop, jangan mudah dirayu oleh anak. 



Kalau dia ngamuk? Diamkan aja dulu nanti lama-lama kan lupa, tapi habis itu langsung dipeluk dan divalidasi emosinya.

Unduhkan Video Edukasi

Lantas gimana cara mencegah anak kecanduan gadget kalau benda itu juga berfungsi sebagai media pembelajaran? 



Ya gampang aja, tinggal download kartun dan video edukasi lalu ajak anak untuk nonton bareng.

Ajak Main di Luar

Seringnya, anak kesenengan main HP karena dia tuh bosan di rumah saja. Oleh karena itu yuk ajak mereka untuk main di luar. 



Enggak perlu ke playground, mall, atau tempat berbayar lainnya. Namun bisa dengan lari-lari di taman, main sepakbola di lapangan perumahan, latihan basket, dll.

Berkreasi di Rumah

Kalau capek main di luar, anak-anak bisa diajak untuk istirahat bentar lalu berkreasi di rumah. Misalnya dengan main malam (plastisin warna-warni), belajar origami, dan bikin craft lainnya. 



Contohnya ada banyaaak lagi, tinggal tanya mbah Google.

Main Board Game Bareng-Bareng

Masih bosan tanpa HP? Anak bisa diajari main monopoli, Othello, tic tac toe, catur, atau board game lainnya. Selain untuk killing time juga bisa sekalian belajar strategi.



Jadi gimana, klean masih bingung mencari cara mencegah anak kecanduan gadget? Yang penting mereka diajak untuk sibuk, baik di dalam maupun luar rumah. 



Kalau sudah banyak kegiatan maka mereka akan main HP bentar aja lalu zzz ketiduran deh.

38 komentar:

  1. wahhh tips yg mantuul mbaa.
    karena bocah jaman now mayoritas addicted to gadget yakkk

    sooo ortu wajib asertif

    BalasHapus
  2. bener banget ini mbaaa...sering miris sama anak2 sekarang yang terlalu lama main hp..jadi berasa sedih aja gitu mereka tidak merasakan sosialisasi dan alam yg begitu indah dan berwarna yang bisa kita kulik..semua kembali bagaimana ortu mengatur jadwal bermain gadget nya ya...

    BalasHapus
  3. Sering banget aku lihat anak asyik dengan HP. Baru-baru ini malah di kondangan, dua anak, kakak-adik, dua-duanya pegang HP masing-masing. Duh...dalam bayanganku, kenapa mereka berdua engga main aja berdua yah? Interaksi kakak-adik gini kan melatih mereka problem solving.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya ada ortu yg gitu, Bun. Anak2 diberi HP biar anteng.

      Hapus
  4. Iya, emang anak harus dibatasi dalam mengakses gawai ya
    Karena bisa memberikan dampak buruk bagi tumbuh kembangnya
    Sebenarnya, kalau diajak main bareng, anak juga nggak akan main gawai saja kok

    BalasHapus
  5. biar anaknya mau main keluar dan lepas dari gadget, maka ortunya juga harus lebih rajin lagi ngajakin mereka main bareng.

    BalasHapus
  6. anak sekarang banyak yg udah kecanduan gadget. alih-alih belajar dengan, eh main ngegame. dan benar ini butuh peran orang tua untuk mengalihkan perhatian anak dengan gadget dengan mengajaknya aktivitas di luar,.

    BalasHapus
  7. Jaman gadget jamannya horor yah bund. Haha.. Tapi syukurnya Saladin sekarang udah bisa diajak kompromi. Step di atas juga udah aku terapkan sama anakku.

    BalasHapus
  8. aku sering banget melihat anak-anak yang dari piyik udah pegang hape, kata orangtuanya memang jawabannya supaya si anak diam.
    tapi memang banyak benernya kalau anak anak dari piyik aja udah dipegangi hape, sampe gede kayaknya kayak kecanduan
    aku aja heran sama orang-orang yang naik motor masih bisa-bisanya mbuka WA, padahal sambil nyetir. Kayak ga ada waktu nanti.
    kalau misalnya urgent, mending berhenti dulu, telepon gitu.

    BalasHapus
  9. Iya mba, biasanya anak bosan nggak ada kegiatan, kemudian lari ke HP den

    BalasHapus
  10. Pembatasan dalam menggunakan gadget udah wajib banget deh buat si kecil. Karena banyak kurang baiknya ya kalau dibiarkan begitu aja

    BalasHapus
  11. Sekarang ini memang hape dan anak-anak harus diawasi dan dibatasi . Awalnya orang tua memberi hape anak, agar diam dan anteng. ternyata malah keterusan. Anak-anak harus dialihkan dan diperbanyak aktivita motorik.

    BalasHapus
  12. Kayaknya sekarang emang udah sulit untuk membendung teknologi, kita cuma bisa mengarahkan.

    BalasHapus
  13. Kecanduan gadget emang gak baik. Jangan kan anak kecil, saya yang dewasa ini kayaknya juga harus deh detox gadget. Untung biasa berkebun. Jadi sudah 3 hari fokus berkebun. Mungkin berkebun bisa jadi aktifitas bersama anak juga biar gak kecanduan gadget.

    BalasHapus
  14. Foto terakhir, Saladin lagi apakah, ka Avi?
    Hihihi.. aya wae momentnya yaa..

    Anak kecanduan HP ini memang berawal dari orangtua yang sibuk sih ya.. Uda deh, keywordnya itu aja. Kalau orangtua gak sibuk mah yaa.. anak juga bakalan lebih sering berinteraksi sama yang disekitarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pura-pura capek habis bantuin bersihkan sisa bongkaran renovasi rumah, hehehehe.

      Hapus
  15. Alhamdulillah sih anakku ngga sampe kecanduan banget meskipun usia 3 tahun dia udah nontonin TV di dalam kamar, baiknya dia disuruh stop HP nurut, malah lebih suka main di luar sampe emaknya kewalahan. udah bosen keknya dia main hp ya itu itu mulu, wkwkwk kuncinya ga ngelarang sepenuhnya, tetep sesuai porsinya dan dikenalkan yaa mba karena gimanapun mereka lahir di era teknologi. Siapa tahu dari teknologi yang dia gunakan bisa jadi programer atau bahkan developer game di masa depan

    BalasHapus
  16. Noted. Harus saya praktekkan nih. Anak-anak atau balita memang jangan main gadget dulu. Biarkan mereka berkreasi secara langsung, bermain dan gembira.

    BalasHapus
  17. Setuju banget nih. Kita sebagai orang tua juga harus inisiatif agar anak mau bermain di luar. Kalau udah asyik main di luar, berkeringat, anak senang, mereka akan lupa dgn gawainya.

    Kasihan matanya ntar kalo main gawai mulu. Jadi hrs sering2 anak diajak main bersama sekaligus mengakrabkan hubungan ortu dan anak.

    BalasHapus
  18. Kebanyakan bu-ibu jaman sekarang lebih suka memberikan anaknya gadget. Katanya biar nggak rewel. Padahal kalau nggak dibatasi ya bisa kecanduan bener anaknya. Dan ini yang gawat.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah anakku termasuk kategori yang tidak terlalu dengan gadget. Dia isi kegiatan dengan tugas dari sekolah,, trus sibuk dengan mainan-mainannya, atau mencoba hal baru seperti belajar menjahit.

    BalasHapus
  20. Kalau masih balita udah dikasih main hape memang terlalu dini. Apalagi di usia itu mereka masih perlu latihan motorik halus dan kasar, yang nggak bisa didapat kalau hanya mantengin hape sepanjang hari, setiap hari.

    BalasHapus
  21. Aku baru tau istilah nomophobia, memang betul era sekarang anak-anak rentan kecanduan gadget. Mungkin salah satu penyebabnya, mereka sering melihat orangtua atau orang dewasa keasyikan main Hp. Kemudian minimnya lahan atau tempat bermain, jadi anak-anak terkekang di area rumah, misal rumahnya luas bisa leluasa main, kalau terbatas lumayan peer juga ya. Namun selaku orang dewasa dan orangtua benar kata mba, mesti terapin beragam cara supaya anak enggak kecanduan gadget. Mengajak ia bermain, berolahraga atau jalan-jalan di sekitar rumaj, supaya anak nyaman interaksi langsung bukan main hp terus, semangattt

    BalasHapus
  22. Gadget menjadi tantangan tersendiri ya dalam mendidik anak dijaman sekarang. Saya selalu takut kalau anak-anak minta main hp, berusaha menghindarkan dengan mengajak aktivitas lain, bermain2 bersama.

    BalasHapus
  23. Bener banget sih, sekarang jaman emang beda ya, anak-anak udah dari kecil aja sering megang HP. Tapi, kayaknya penting banget buat ngebatasin waktu mereka sama gadget, biar mereka bisa punya waktu buat main di luar atau kreatif di rumah. Udah gitu, ajak main board game juga seru lho, bisa sambil belajar bareng. Intinya, lebih banyak interaksi langsung, lebih sehat buat tumbuh kembang mereka.

    BalasHapus
  24. Ini memang di jaman teknologi yang canggih gini agak sulit membujuk anak agar bisa tahu batasan waktu bermain hp. Anakku yang kecil aku kasih waktu selang seling hari boleh main hp

    BalasHapus
  25. Awalnya ngasih screen time karena lagi ada kerjaan, eh untungnya anakku nggak betah kalau nonton sendirian. Jadinya jarang nonton kalau nggak terpaksa dan mendesak banget.

    BalasHapus
  26. Waaah, jadi Kecanduan memegang HP disebut nomophobia ya kak. Aku setuju sih sebaiknya anak jangan dikenalkan ke hp terlalu dini dan sebagai gantinya, orang di sekitarnya harus rajin ngajakin beraktivitas yg seru

    BalasHapus
  27. Orang tua perlu tahu cara mencegah anak kecanduan gadget seperti ini
    Agar anak bisa menggunakan gadget secara bijak ya

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah anakku meskipun ada waktu screen time tapi tidak sampai kecanduan
    ia paham kapan waktu boleh hape-an dan kapan tidak

    BalasHapus
  29. Berarti harus disalurkan ke hal hal positif ya mbak biar anak tetap dapat manfaatnya dr main HP. Oke noted

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah, walaupun sempat terkena kecanduan hape, mamak Saladin bertindak cepat ya mengatasi kecanduannya diantaranya mengajak main di luar rumah

    BalasHapus
  31. Peran orang tua penting banget ya dalam mengatasi anak bermain gadget. Harus tegas dalam pemberian waktu biar kecanduan

    BalasHapus
  32. Tipsnya bagus banget mBa bisa saya terapkan nanti ke anak-anak saya agar tidak kecanduan HP dan kebetulan keponakan-keponakan saya belakangan ini mulai kecanduan HP bisa juga saya bantu dengan cara-cara di atas

    BalasHapus