Rabu, 29 Mei 2024

Cara Mengatasi Reading Slump agar Tidak Menyesakkan

 Hai guys, pernah dengar istilah reading slump? Sebenarnya daku juga baru tahu artinya beberapa tahun ini, karena ada banyak akun bookstagrammer yang ku-follow di sosmed. Kurang-lebihnya, reading slump adalah keadaan ketika seseorang sedang galau dan ogah membaca buku, eneg aja gitu. Padahal sebelumnya dia tuh hobi banget baca. Agar tidak bingung maka kudu cepat-cepat cari cara mengatasi reading slump.



Emang bisa ‘disembuhkan’? Bisa laah, misalnya dengan langkah-langkah ini:

Menjauh dari Buku

Sebagai seorang penulis tentu daku menjadikan aktivitas membaca setiap hari. Minimal kudu baca 100 halaman buku atau baca 5 – 10 blog post (sambil blogwalking). Akan tetapi kalau lagi reading slump, lihat cover buku saja rasanya sudah mblenger.



Jadi, stop baca buku untuk sementara. Ganti dengan aktivitas lain, misalnya menyiram tanaman, main game, silaturrahmi ke rumah kawan lama, dll. Nanti lama-lama kangen dengan buku dan akhirnya baca lagi.

Jangan Dipaksa

Ternyata salah satu penyebab reading slump adalah ambisiku untuk membaca buku sebanyak-banyaknya. Gegara ikut tantangan di salah satu web. Tahun 2023 daku berhasil baca sekitar 60-an buku (dalam 12 bulan).



Nah tahun 2024 ini targetnya mau dinaikin jadi baca 70-an buku. Namun kenyataannya malah bikin stress. Baca buku karena setengah terpaksa, demi memenuhi target. Apalagi harus buku baru, tidak boleh re-read. Jadilah reading slump.

Jalan-Jalan

Cara mengatasi reading slump yang berikutnya adalah dengan jalan-jalan. Siapa sih yang tidak suka traveling? Mainnya enggak perlu jauh ke luar pulau, luar kota, atau luar negeri. Jalan-jalan ke tempat wisata atau ke taman juga boleh. Nanti pulangnya segar dan bisa bersahabat lagi dengan buku.

Pilih Komik aja



Kalau sudah kangen baca buku tapi enggak mau yang berat-berat, pilih komik saja. Kalau daku sih sukanya baca komik biografi (ada banyak judul yang bisa dipinjam di Ipusnas). Kalau kalian suka baca komik juga?

Membaca Buku Fisik

Nahh jadi penyebab lain reading slump-ku adalah terlalu banyak baca e-book. Dengan adanya Ipusnas dan aplikasi-aplikasi lain emang praktis, bisa pinjam e-book, gratis pula. Jadi tinggal scroll aja di HP.

Namun baca e-book ternyata bikin mata dan otak cukup lelah. Akhirnya daku bongkar-bongkar lagi koleksi buku lama (di lemariku, juga pinjam di lemari milik mama). Kangen baca buku fisik rupanya, meski kenyataannya daku lebih cepat kalau baca e-book.

Nah, ini beberapa cara mengatasi reading slump. Intinya jangan maksain diri buat baca buku dan ambil rehat sejenak. Kalian pernah mengalami reading slump, selama berapa lama?

 

14 komentar:

  1. Ouwww ada istilahnya ya mba.
    kalo aku karena emang ngga suka baca buku, jadinya tdk memgalami reading slump 😆🤣
    kadang BW Slump sih, tapi yo emang kuatasi dgn tips2 seperti di artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya baca karena sekalian direview sih Mbak.

      Hapus
  2. Baru tau ada istilah reading slump. Malah jadi keingetan sama doctor slump, kurang lebih maknanya mirip-mirip ya bu.

    Aku izin nambahin satu lagi bu. Kalo udah mentok, mungkin bisa hentikan bacanya dulu. Lalu fokus pilih buku apa yang kita minati. Aku kalo udah terlalu dipaksain buat mbaca buku yang menurutku kurang oke, ujung-ujungnya capek sendiri.

    BalasHapus
  3. Yang terpenting adalah jangan menyerah! Reading slump hanya bersifat sementara. Dengan sedikit usaha, kamu pasti bisa kembali menikmati kesenangan membaca. Membaca seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan, bukan beban. Jangan terlalu serius dan nikmati saja prosesnya. Semakin kamu bersenang-senang, semakin besar kemungkinan untuk kembali membaca secara rutin.

    BalasHapus
  4. Oalah ternyata aku pun bulan lalu mengalami reading slump mba. Rasanya emang lumayan mengguncang 😆 secara aku kan mesti nulis blog, kalau mager baca yaa tulisan ku bakalan ngambang dan hambar. Ternyata kita bisa atasi situasi tersebut dengan membaca komik dulu, liburan dan membaca buku favorit juga mungkin ya? Atau buku-buku menarik aja. Thank you mba, nambah insight banget tulisannya 🥰

    BalasHapus
  5. aku tau istilah reading slump juga dari temen temen blogger yang punya hobi membaca hehehe, awalnya ga tau kalau ada istilah ini mbak
    reading slump ini yang lagi aku alami sekarang hahaha, dulu baca buku sehari aja mampu, langsung tamat gitu, padahal novel yang tebelnya ampun-ampun. Sekarang, astagahhh baca buku sehari aja cuman mampu sekian halaman. Maunya dicicil per hari bacanya, malah kebentur sama kesibukan juga
    Buku baru masih banyak dirumah dan belum dibaca hahaha

    BalasHapus
  6. Ini tulisan sangatttt membantu buat yang butuh baca karena ngejar target nulis tapi sedang muak2nya membaca ha ha ha
    Thanks yaaa udah kasi tipsnya.

    BalasHapus
  7. Iya baca buku digital memang lebih lelah matanya ya jadi bagus tuh idenya selang-seling antara buku fisik dan digital mana buku fisik yang belum kubaca banyak huhu

    BalasHapus
  8. Daripada membaca, kayaknya molly lebih cocok kompetisi slump. Lagi males ikut2an lomba menulis dan vlog nih. Pengennya cari yg mudah2 aja lombanya. Semoga bisa balik lagi semangatnya lewat membaca

    BalasHapus
  9. Bener deeh.. reading slump ini kerasa unmotivated banget.
    Apa yaa.. asal melihat tulisan kok uda ngantuk duluan??
    Padahal kalau dalam perjalanan, aku malah bisa lebih enjoy baca buku. Apa ini kode kudu banyakin safar yaah??
    Hehehe~

    BalasHapus
  10. Wahh ternyata ada istilah reading slump ini yaa. Sepertinya saya juga sedang mengalaminya nih tapi sayangnya keterusan akhirnya sampe saat ini udah malas banget baca buku. Mungkin juga karena kesibukan jadi semakin jauh aja rasanya diriku dari buku, huhuhu

    BalasHapus
  11. Ohh ada juga ya istilah reading slump. Selama ini gak pernah sampai kena reading slump sih karena baca bukunya gak pernah bikin target baca. Kalau ada ya dibaca, kalau enggak ya gak nyari juga sih, kecuali memang ada buku yang diperlukan untuk bahan riset.

    Tapi kalau pengen baca buku tinggal ke perpustakaan aja. Apalagi perpus jaman now bnyaman juga dipakai buat kerja.

    BalasHapus
  12. Aku tahun ini kena reading slump Jadi Kayaknya nggak bakal kekejar target bacaan tahun ini. Alasannya kayaknya karena aplikasinya update dan kurang nyaman buatku dan aku belum ada beli buku fisik lagi

    BalasHapus