Kamis, 06 Juni 2024

Bagaimana Cara Memasak Cepat, Praktis, dan Enak?

 Siapa yang suka berkreasi di dapur? Memasak adalah hobi yang menyenangkan karena hasilnya bisa langsung dimakan. Akan tetapi, kesibukan bikin kita tidak sempat memasak, atau bingung masak apa yang durasinya cepat? Nih daku kasih tahu cara memasak cepat dan anti ribet.

Food Preparation

Sebenarnya memasak itu cepat tapi persiapannya yang lama. Jadi, biar bisa masak kilat, wajib food preparation. Apalagi bagi sobat Bunda Saladin yang statusnya wanita karir. Dengan persiapan yang tepat maka tetap bisa masak dan tidak terlambat masuk kantor.



Jurus food preparation adalah menata dan mengawetkan bahan makanan dalam kulkas. Pastikan kulkasnya bersih (dibersihkan seminggu sekali). Lalu untuk tahu bisa dikukus sebentar, baru (setelah dingin) disimpan dalam wadah plastik dan diberi air agar lebih awet. Tempe juga bisa dikukus sebentar agar mengurangi aroma khasnya.

Kalau untuk ikan, setelah dibersihkan, bisa diberi bumbu marinasi (bawang putih+garam+kunyit+ketumbar) baru disimpan dalam kotak plastik dan ditutup rapat. Dengan cara ini maka ikan bisa langsung di-defrost lalu goreng deh. Ayam juga bisa diungkep dulu baru disimpan dalam kulkas.

Sekali Masak untuk Dua Menu

Lalu bagaimana cara memasak cepat kalau selera makan satu keluarga berbeda-beda? Tenang dulu. Yang penting ada uang untuk belanja, hihihiih.



Misalnya untuk ayam bisa sekaligus ungkep sampai 2 kilogram. Yang 1 kg bisa digoreng biasa. Sedangkan yang lain bisa diberi kecap manis +cabe (jadi ayam kecap pedas), atau diberi bumbu asam manis.

Kalau untuk tempe bisa dipotong-potong lalu digoreng setengah matang. Nanti tinggal dibumbuin aja. Bisa dijadikan kering tempe manis / pedas, sambal goreng tempe+ati ampela, dll.

Masak dalam Jumlah Banyak



Kalau masih susah masak tiap hari yaa luangkan waktu di akhir minggu. Masak 9-10 menu sekaligus lalu setelah dingin, masukkan di kotak-kotak bertutup rapat. Di pagi atau malam hari tinggal dihangatkan.

Lengkapi Bumbu dan Saos

Yang bikin pusing saat mau masak adalah variasinya. Sebenarnya bisa diatasi dengan mengkoleksi eh membeli aneka bumbu dan saos. Misalnya bubuk bawang putih, bubuk kunyit, saos tiram, saos lada hitam. Jadi saat masak tinggal masukkan saja sesuai selera.

Manfaatkan Chopper dan Parutan

Satu lagi yang bikin gagal kalau mau praktek cara memasak cepat adalah penggunaan alat tradisional. Serius lho. Meski memang lebih enak bumbu hasil ulekan tapi kan lamaaa…..



Jadi daku tim yang ogah ribet dan mengandalkan chopper serta parutan untuk menghaluskan bumbu. Malah kadang pakai bumbu bubuk (merica, ketumbar, bawang putih) biar cepat, hehehe.

Frozen Food, yes or no?

Siapa suka makan frozen food? Kalau frekuensinya jarang ya masih normal lah yaa. Namun sebenarnya kita tuh bisa bikin sosis atau nugget homemade sendiri. Banyak resepnya di internet, tinggal praktek aja.



Nah, gimana, sudah tahu cara memasak cepat dan nikmat? Bagiku masak itu enggak usah dibawa ribet karena makannya toh sebentar saja. Mari manfaatkan teknologi dan perangkat di dapur untuk memasak yang enak dan praktis.

 

6 komentar:

  1. Selamat pagi, kunjungan perdana heheh. semoga sehat selalu

    BalasHapus
  2. saya team yang masak sekali makan bunda, karena merasa lebih segar makanannya meskipun memang ribet sih, tapi masaknya yang simpel saja kayak tumisan atau kukusa jadi cepat

    BalasHapus
  3. Kalau di rumah kami biasanya masak itu sekali masak untuk dua kali makan, jadi bisa lebih disiapkan food preparation nya. Dan memang perlu disiapkan karena supaya lebih mudah saat masak titik Dan kalau tidak habis dihangatkan lagi untuk makan berikutnya

    BalasHapus
  4. Aku juga menerapkan food preparation ini tapi masih di level nyimpan sayurnya aja belum sampai ke masak banyak trus disimpan di freezer gitu soalnya selain kulkasnya kecil nggak yakin juga suami bakal mau makan menu freezer gini. Trus tambahan lagi aku selalu nyetok bumbu dasar di rumah

    BalasHapus
  5. Food preparation itu memang memakan waktu paling banyak di dapur. Makanya saya benar-benar harus meluangkan waktu untuk melakukannya.paling malas tuh kalau food preparation untuk ikan karena proses membersihkannya lumayan lama euy.

    Rasanya puas aja gitu kalau melihat hasil food preparation di kulkas yang sudah siap dimasak. Masak pun bisa jadi lebih cepat.

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah bikin sosis sendiri.
    Kalau nuggets, iyaa yaa.. ternyata kalau bikin sendiri lebih berlimpah kriuknyaa.. Dan ayamnya lebih terasa seratnya. Mungkin ini kembali ke selera masing-masing yaa..

    BalasHapus