Kamis, 06 Juni 2024

Bagaimana Cara Memasak Cepat, Praktis, dan Enak?

 Siapa yang suka berkreasi di dapur? Memasak adalah hobi yang menyenangkan karena hasilnya bisa langsung dimakan. Akan tetapi, kesibukan bikin kita tidak sempat memasak, atau bingung masak apa yang durasinya cepat? Nih daku kasih tahu cara memasak cepat dan anti ribet.

Food Preparation

Sebenarnya memasak itu cepat tapi persiapannya yang lama. Jadi, biar bisa masak kilat, wajib food preparation. Apalagi bagi sobat Bunda Saladin yang statusnya wanita karir. Dengan persiapan yang tepat maka tetap bisa masak dan tidak terlambat masuk kantor.



Jurus food preparation adalah menata dan mengawetkan bahan makanan dalam kulkas. Pastikan kulkasnya bersih (dibersihkan seminggu sekali). Lalu untuk tahu bisa dikukus sebentar, baru (setelah dingin) disimpan dalam wadah plastik dan diberi air agar lebih awet. Tempe juga bisa dikukus sebentar agar mengurangi aroma khasnya.

Kalau untuk ikan, setelah dibersihkan, bisa diberi bumbu marinasi (bawang putih+garam+kunyit+ketumbar) baru disimpan dalam kotak plastik dan ditutup rapat. Dengan cara ini maka ikan bisa langsung di-defrost lalu goreng deh. Ayam juga bisa diungkep dulu baru disimpan dalam kulkas.

Sekali Masak untuk Dua Menu

Lalu bagaimana cara memasak cepat kalau selera makan satu keluarga berbeda-beda? Tenang dulu. Yang penting ada uang untuk belanja, hihihiih.



Misalnya untuk ayam bisa sekaligus ungkep sampai 2 kilogram. Yang 1 kg bisa digoreng biasa. Sedangkan yang lain bisa diberi kecap manis +cabe (jadi ayam kecap pedas), atau diberi bumbu asam manis.

Kalau untuk tempe bisa dipotong-potong lalu digoreng setengah matang. Nanti tinggal dibumbuin aja. Bisa dijadikan kering tempe manis / pedas, sambal goreng tempe+ati ampela, dll.

Masak dalam Jumlah Banyak



Kalau masih susah masak tiap hari yaa luangkan waktu di akhir minggu. Masak 9-10 menu sekaligus lalu setelah dingin, masukkan di kotak-kotak bertutup rapat. Di pagi atau malam hari tinggal dihangatkan.

Lengkapi Bumbu dan Saos

Yang bikin pusing saat mau masak adalah variasinya. Sebenarnya bisa diatasi dengan mengkoleksi eh membeli aneka bumbu dan saos. Misalnya bubuk bawang putih, bubuk kunyit, saos tiram, saos lada hitam. Jadi saat masak tinggal masukkan saja sesuai selera.

Manfaatkan Chopper dan Parutan

Satu lagi yang bikin gagal kalau mau praktek cara memasak cepat adalah penggunaan alat tradisional. Serius lho. Meski memang lebih enak bumbu hasil ulekan tapi kan lamaaa…..



Jadi daku tim yang ogah ribet dan mengandalkan chopper serta parutan untuk menghaluskan bumbu. Malah kadang pakai bumbu bubuk (merica, ketumbar, bawang putih) biar cepat, hehehe.

Frozen Food, yes or no?

Siapa suka makan frozen food? Kalau frekuensinya jarang ya masih normal lah yaa. Namun sebenarnya kita tuh bisa bikin sosis atau nugget homemade sendiri. Banyak resepnya di internet, tinggal praktek aja.



Nah, gimana, sudah tahu cara memasak cepat dan nikmat? Bagiku masak itu enggak usah dibawa ribet karena makannya toh sebentar saja. Mari manfaatkan teknologi dan perangkat di dapur untuk memasak yang enak dan praktis.

 

1 komentar: