Sabtu, 08 Juni 2024

Cara Mengatur Waktu bagi Freelancer plus Ibu Rumah Tangga

 Siapa bilang jadi ibu rumah tangga itu membosankan? Bagiku, jadi IRT bisa melakukan nyaris apa saja, asal ada gadget dan sambungan internet. Termasuk jadi freelancer seperti penulis lepas, desainer grafis, dll.



Namun salah satu tantangannya adalah mengatur waktu. Beneran lho, awal jadi freelancer dulu daku sempat kelimpungan karena belum sempat masak. Sementara deadline kerjaan sudah di depan mata. Ngerjain yang mana dulu? Nahh ini beberapa triknya agar semua beres:

Jangan Paksakan Masak Setiap Hari

Sebenarnya daku tuh hobi masak dan bikin kue. Namun kalau kepepet ya sudah, beli lauk saja. Jangan memaksakan diri untuk masak tapi akhirnya waktunya habis di dapur. Akibatnya pekerjaan keteteran.

                                       Soto Banjar

Selain beli masakan matang, bisa juga dengan langganan katering. Masak boleh asal bentar saja dan jangan sampai bikin bingung milih antara konsentrasi di dapur atau di depan laptop.

Delegasikan Pekerjaan Rumah Tangga

Kalau urusan dapur beres, saatnya delegasi pekerjaan rumah tangga seperti mencuci dan beberes rumah. Banyak deadline pekerjaan? Lempar saja baju kotor ke laundry. Kalau ada uang lebih juga bisa hiring asisten rumah tangga, bisa yang hanya datang setengah hari atau tidak menginap (jika takut privasi terganggu).



Delegasi juga bisa diserahkan ke mesin. Daku tuh pengen punya vacuum cleaner yang bundar pipih dan bisa dikendalikan (ada remote) atau vacuum cleaner yang bisa sekalian mengepel lantai. Pilih mesin cuci 1 tabung daripada 2 tabung karena lebih praktis.

Kerja Saat Anak Tidur / Sekolah

Bagaimana jika punya anak kecil? Baru mau menyalakan laptop eh dia merengek-rengek. Solusinya adalah mengorbankan sedikit waktu istirahat dan kerja ketika bocah sedang tidur / take a nap.



Kalau anaknya sudah sekolah maka kita bisa kerja saat dia berada di sekolah. Enggak usah nungguin anak di depan TK. Langsung aja pulang atau alternatifnya, kalau terpaksa nungguin, kerja via HP (dan mengabaikan gangguan suara di sekitar).

Jangan Tunda Pekerjaan

Ingat ya, jangan pernah menunda pekerjaan karena jelang deadline kita bisa panik duluan. Apalagi kalau kawasannya sering listrik mati. Saat ada brief kerjaan masuk ya langsung dikerjakan saja.

Buat Jadwal yang Detail

Namanya kerja dari rumah juga harus profesional dong. Buat jadwal harian yang detail. Kapan masak, kapan beberes, kapan kerja. Lalu jadwal juga harus ditaati, jangan dilihatin doang. Kalau perlu ada alarm per beberapa jam di HP.

Beri Pengertian pada Anak



Anak juga wajib diberi pengertian bahwa pekerjaan yang dilakukan di rumah itu menghasilkan uang. Jika bunda kerja maka akan punya lebih banyak uang untuk beli susu dan berbagai keperluannya. Jadi dia tidak akan merengek-rengek saat bundanya serius di depan laptop, karena sedang diburu deadline.

Masih semangat jadi freelancer? Intinya adalah pengaturan waktu yang baik dan efisien. Kalau mau jadi pekerja profesional ya wajib tepati jadwal yang telah dibuat dan mengerjakan tugas sebaik-baiknya. Keluarga terurus, kerjaan jalan terus.

27 komentar:

  1. bener banget mbak, saya setuju, memang diperlukan manajemen waktu yang baik agar segala hal yang dikerjakan bisa berjalan dengan baik, semoga tetap istiqomah ya mbak, berkah & sehat selalu :)

    BalasHapus
  2. Iya, saya pun kerja saat anak tidur. Masak nggak harus tiap hari. Pokoknya kerjaan beres, urusan rumah juga harus beres.

    BalasHapus
  3. Kunci sukses jadi IRT yang freelancer adalah manajemen waktu yang baik. Semangat, Bunda! Pasti bisa :)

    BalasHapus
  4. Insya Allah waktu bekerja sebagai freelance dan menjadi ibu rumah tangga akan tetap bisa seiring sejalan. Dan memang harus pintar mensiasati. Misalnya masak lauk yang tahan lama dan praktis. Terus memang harus Bekerja saat anak tidur atau sekolah

    BalasHapus
  5. Masih dong semangat jadi freelancer. Justru sekarang ada waktu, karena anak-anak udah besar. Tapi ya kelimpungan juga sih, zaman mereka kecil. Semangaaat...

    BalasHapus
  6. Kalau aku kata, Ibu rumah tangga yang punya segudang aktivitas lain itu keren banget. Mereka harus punya cara-cara jitu untuk menyeimbangkan semuanya, walau itu gampang.

    BalasHapus
  7. jadi Ibu rumah tangga kudu pinter mengatur waktu, apalagi kalo udah punya pekerjaan tambahan. jadi waktu bersama keluarga tetep tidak keganggu dengan kerjaan

    BalasHapus
  8. Haha, itu tips pertama kok langsung pas banget
    Iya, jangan paksa masak tiap hari
    Cari saja mana yang memudahkan hidup kita ya mbak

    BalasHapus
  9. Wah iya aku juga selalu memberikan pengertian ke anakku kalau ibu lagi buka laptop berarti lagi kerja.. sejauh ini aman hehe

    BalasHapus
  10. Prioritas pekerjaan dan urusan rumah tangga harus ditata sebaik mgkn. Jgn sampe tabrakan atau tumpang tindih. Kalo bs dilakukan bersamaan, ya udh berarti kita emg org multitasking.

    Emg susah sih jd freelancer apalagi jg jd ibu rumah tangga. Salut buat yg bs melakukan dua kerjaan itu semua dlm satu waktu.

    BalasHapus
  11. setuju banget nih bagian jangan tunda pekerjaan dan buat jadwal yang detail. karena semua jadi lebih rapi dan bisa selesai tepat waktu

    BalasHapus
  12. Jangan menunda pekerjaan udah seperti kuncian hidup ya kak. Soalnya sekali aja menunda pekerjaan maka akan jadi kebiasaan, dan makin terlunta² dengan pekerjaan lainnya

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah meski di rumah saja, dengan adanya kerja paruh waktu alias jadi freelance, setidaknya saya punya sedikit tabungan. Bisa nambah2 buat kebutuhan jika ada kebutuhan mendadak

    BalasHapus
  14. Jangan tunda pekerjaan ini aku setuju banget, tapi kalo masak kewajiban, boleh sie sekali dua kali ngga masak, tapi klo terusan ya boros. Sebenarnya masak bisa ditinggal kaya masak nasi dengan magic com. Bisa kita sambi masak sayur dan lauk.

    BalasHapus
  15. tipsnya useful banget bun buat para momi tapi biasanya kadang belum bisa konsisten dengan jadwal yang sudah dibuat mom apalagi kalau anak-anak atau pasangan di rumah ya bun

    BalasHapus
  16. Jangan maksain masak tiap hari tuh aku banget Mba. Nggak kepegang lho kalau maksain masak sendiri, beberes semuanya sendiri, badan kan juga ada limit energi. Sementara pekerjaan sebagai freelancer pun kalau nggak dikerjakan tepat waktu kan mempengaruhi kerjasama selanjutnya.

    BalasHapus
  17. Emang bener, jadi IRT sekaligus freelancer tuh tantangannya banyak, terutama soal bagi waktu. Paling setuju sama bagian jangan maksa masak tiap hari dan delegasi pekerjaan rumah. Nggak usah merasa bersalah kalau kadang harus beli lauk matang atau pakai jasa laundry. Yang penting keluarga terurus, kerjaan juga kelar, dan kita tetap waras. Terima kasih udah sharing, sangat menginspirasi! 🥰💪

    BalasHapus
  18. tantangan banget ya mba manajemen waktu bagi yang masih punya balita..saya merasakan banget nih dan memang harus merelakan waktu tidur untuk bekerja

    BalasHapus
  19. iya, kalau punya uang mah pengennya punya ART ya. biar ga stres, iya kerja, iya ngasuh, iya beberes, iya masak :')

    BalasHapus
  20. Msnjadi ibu rumah tangga freelancer memang harus pandai-pandai atur waktu dan tenaga. Apalagi kalau lagi dapat job seabrek, harus pintar berkomunikasi dengan semua anggota keluarga nih

    BalasHapus
  21. Ibu dengab profesi menjadi freelancer ini memang tantangan banget untuk bisa mengatur waktu agar semua berjalan on track. Keren tipsnya, ka Avi.
    Jangan menunda. Ini reminder yang paling kudu di bold.

    BalasHapus
  22. Mengatur waktu supaya bisa tetap mengurus rumah sambil kerja walau freelance itu susah susah mudah ya. Yang paling penting sih jangan menunda-nunda pekerjaan karena itu bisa bikin tumpukan masalah baru.

    BalasHapus
  23. Buat ibu rumah tangga yang mempunyai usaha sampingan ataupun freelancer memang harus banget bisa mengatur waktu agar keduanya bisa dilaksanakan dengan fleksibel. Yang paling utama juga adalah komunikasi dengan pasangan dan anak-anak, ya, agar mereka paham dengan setiap kegiatan

    BalasHapus
  24. Nah, bener tuh. Manajemen waktu itu sangat penting, apalagi bagi orang yang intensitas pekerjaannya lumayan banyak. Aku juga masih amburadul, suka nggak on track, hehe...

    BalasHapus
  25. tantangan banget memang kerja di rumah itu, distraksinya wow banget, jadi pengaturan waktunya harus benar-benar disiplin

    BalasHapus
  26. Betul sih, kalau ada DL, sebagai freelancer, saya kadang gak sempat masak. Jadinya akhirnya membeli. Hehehe. Kalau sempat masak, baru masak.

    BalasHapus